Sukses

Bisa Bikin Tampilan Berlian Makin Berkilau, Teknik Cushion Cut Diyakini Bakal Jadi Tren

Teknologi yang dimiliki Mizora Jewelry bisa memotong berlian yang dinamakan teknik cushion cut illusion. Hasil pemotongan mampu meningkatkan tampilan berlian yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi sudah merambah berbagai bidang termasuk perhiasan. Salah satu teknologi terbaru diperkenalkan brand perhiasan lokal Mizora Jewelry diklaim menerapkan teknik pemotongan berlian pertama di Indonesia.

Menggunakan teknologi tersebut, mereka bisa memotong berlian dengan menggunakan teknik cushion cut illusion. Hasil pemotongannya mampu meningkatkan tampilan berlian yang lebih baik selayaknya tampilan carat (karat) lebih tinggi.

"Jadi tim kita menciptakan dan mengembangkan teknik pemotongan berlian pertama di Indonesia yang bisa menciptakan tampilan perhiasan berlian yang memukau dan makin berkilau," terang Panya Kumara selaku CEO Mizora Jewelr di Jakarta Barat, Selasa, 26 Desember 2023.

"Dengan teknik cushion cut illusion, para pemakai berlian terutama wanita bisa menggunakan perhiasan berlian dengan ukuran carat 0.3 tetapi terlihat seperti 0.7 carat, sehingga memberikan nilai tambah lewat ilusi visual yang mengesankan," tambahnya. Ia meyakini teknik tersebut bakal jadi tren dan makin diminati dalam waktu dekat ini.

Dalam rangka hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Mizora Jewelry menggelar pameran bertema “Aleva Wonderland” di Central Park Mall, Jakarta Barat mulai 25 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024.

Pameran ini digelar untuk memperkenalkan signature product cushion cut illusion setting pertama di Indonesia yaitu Aleva Collection, ke para pecinta perhiasan. Teknik cushion cut pada koleksi ini menciptakan ilusi optik yang memberikan tampilan ukuran berlian 2,5 kali lebih besar dari ukuran carat asli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perpaduan Berlian dengan Emas Putih

Perhiasan berlian Aleva Collection menggunakan round diamond yang dipadukan dengan emas putih berkadar 18K atau 75 persen. Tak hanya itu, piringan cushion setting dari Aleva Collection yang dinamai “Valenka” juga telah dipatenkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

"Perhiasan ini terinspirasi dari para penyuka berlian yang selalu ingin tampil cantik dan elegan, Nama Aleva sendiri berarti free spirit, yang sudah menjadi signature collection kami. Para pecinta berlian dapat memilih berbagai model Aleva Collection mulai dari necklace, ring, pendant, earrings, bangle, dan bracelet. Semuanya bisa dipadukan dengan berbagai jenis outfit," jelas Panya Kumara.

Selain perhiasan berlian, Mizora juga menampilkan perhiasan bebatuan natural lainnya, seperti Ruby, Saphhire dan Emerald. Semua produk perhiasan mereka telah terverifikasi dan dilengkapi dengan sertifikat GIA (Gemological Institute of America).

Mizora juga memiliki inhouse certificate yaitu, Mizora Diamond Certificate (MDC) untuk perhiasan degan berlian berukuran 0,1 – 0,29 carat. Sertifikat ini dikeluarkan oleh GIA Specialist dari Mizora Jewelry.

 

3 dari 4 halaman

Mesin Pembersih Perhiasan

"Untuk itu gerai kami di Mal of Indonesia (MOI) punya mini lab yang dilengkapi dengan mesin untuk dapat menguji keaslian jenis batuan permata, mengukur kadar emas, sampai mesin yang dapat membersihkan perhiasan dengan gelombang ultrasonic," tutur Panya.

"Selain itu, gerai kami juga dilengkapi Mizora Café, pelanggan bisa memilih minuman dan camilan ringan yang sudah disediakan," sambungnya.

Premium exhibition “Aleva Wonderland” tak hanya menghadirkan koleksi perhiasan berlian Aleva, tetapi juga 11 koleksi perhiasan lainnya. Selama pameran berlangsung, Mizora memberikan penawaran menarik mulai dari cashback langsung senilai Rp2 juta, cicilan 0 persen, dan kesempatan bermain spinwheel untuk mendapatkan banyak hadiah menarik.

"Ada juga digital certificare di mana pembeli dapat memperoleh sertifikat digital, voice dan visual search yang memberikan kemudahan bagi pembeli untuk mencari perhiasan yang cocok untuk mereka hanya dengan menggunakan pencarian suara, hingga Stock & Match," tutupnya.

Tidak hanya dalam proses pembelian, berlian juga memerlukan ketelitian dalam perawatan. Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, 19 Desember 2023, berikut beberapa langkah praktis untuk menjaga keindahan dan nilai berlian Anda:

4 dari 4 halaman

1. Tempat Penyimpanan yang Tepat

Pastikan berlian disimpan di tempat yang aman dan kering. Gunakan kotak perhiasan yang lembut atau tempat penyimpanan berbahan lembut untuk menghindari goresan.

2. Jauhkan dari Zat Kimia

Hindari menyimpan berlian berhiasa bersama dengan produk kecantikan atau benda-benda lain yang mengandung zat kimia. Zat kimia dapat merusak kilauan berlian dan material perhiasan.

3. Pembersihan Rutin

Bersihkan berlian secara rutin dengan menggunakan sikat lembut, air hangat, dan sabun ringan. Keringkan dengan hati-hati menggunakan kain lembut. Bersihkan juga bagian belakang perhiasan untuk menghindari kotoran yang dapat menumpuk.

4. Penyimpanan Terpisah

Jika Anda memiliki lebih dari satu perhiasan berlian, simpanlah setiap perhiasan terpisah untuk menghindari gesekan yang dapat merusak permukaan berlian.

5. Pengecekan Rutin

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap perhiasan berlian untuk memastikan bahwa tidak ada batu yang kendur atau kurang stabil. Segera perbaiki atau perbaharui perhiasan yang rusak.

6. Asuransi

Pertimbangkan untuk mengasuransikan perhiasan berharga Anda. Asuransi akan memberikan perlindungan finansial dalam kasus kehilangan atau kerusakan yang tidak terduga.

7. Simpan di Lemari Khusus

Jika mungkin, investasikan dalam lemari penyimpanan berlian yang dilengkapi dengan teknologi keamanan dan suhu yang terkendali untuk menjaga kestabilan kondisi penyimpanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini