Sukses

Ganjar Pranowo Makan Nasi Pecel Sambal Tumpang Bareng Ibu-Ibu di Sragen: Inilah Kebahagiaan

Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengunjungi berbagai daerah di tengah masa kampanye, salah satunya Sragen, Jawa Tengah. Momen kunjungan Ganjar tersebut dibagikannya dalam sederet potret yang diunggah melalui akun Instagram pribadinya pada Senin, 25 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengunjungi berbagai daerah di tengah masa kampanye, salah satunya Sragen, Jawa Tengah. Momen kunjungan Ganjar tersebut dibagikannya dalam sederet potret yang diunggah melalui akun Instagram pribadinya pada Senin, 25 Desember 2023.

Unggahan itu memotret mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut sedang menikmati hidangan bersama ibu-ibu yang mengenakan topi caping di Desa Kliwonan, Masaran, Sragen. Mereka duduk bersebelahan di atas tikar dengan ragam makanan tersaji di depannya.

Ganjar dan para ibu tersebut menyantap nasi pecel sambal tumpang. Sambal itu memiliki keunikan karena berbahan tempe bosok, yang dicampur bawang, garam, dan cabai. Selain makan, suami Siti Atikoh ini juga terlihat berbincang dan bersalaman dengan mereka yang hadir.

"Berapa harga yang harus kita bayar untuk sebuah kebahagiaan? Inilah kebahagiaan sekaligus kemewahan yang tak ternilai dg apapun. Maturnuwun nggih ibu-ibu Kliwonan Sragen. Nasi Pecel sambel tumpang e jenengan jos gandos," tulis Ganjar dalam kolom keterangan unggahan pada Senin, 25 Desember 2023.

Pada unggahan berbeda, ia juga mengabadikan sebuah joglo di desa tersebut. "Joglone elok tenan. Cocok buat menenteramkan hati dan pikiran. Apalagi lokasinya seperti ini, mewah banget, mepet sawah," tulisnya dalam kolom keterangan.

Ayah dari Alam Ganjar ini juga menambahkan, "Maturnuwun nggih Bu Candra Febriyanti. Maturnuwun juga sedulur-sedulurku petani desa Kliwonan Masaran Sragen sudah menemani sarapan. Mugi-mugi tansah guyub lan rukun saha migunani marang liyan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata Kuliner Ganjar Pranowo Saat ke Wonosobo

Ganjar selama ini tidak hanya dikenal lewat kiprahnya di dunia politik, tetapi juga kerap wisata kuliner yang khas di tiap tempat yang dikunjunginya. Di Wonosobo, ia tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan Mie Ongklok Longkrang, sebuah tempat yang ternyata jadi langganannya ketika berada di kota ini.

"Saya langganan kalau pas ke Wonosobo," ujar Ganjar sambil tersenyum dalam unggahan video di akun Instagram @ganjar_pranowo pada 19 Desember 2023.

Bagi Ganjar, cita rasa Mie Ongklok sangat memikat. Salah satu rahasia kenikmatannya terletak pada kuah yang kental, memberikan cita rasa yang khas dan lezat.

"Kalau kamu ke Wonosobo, wajib mampir sini. Mie Ongklok Longkrang. Serius ueeenak banget. Kuahnya kental, mienya lembut, dan bumbunya maknyus. Juara lah pokoknya," ucapnya.

Pasangan Mahfud Md dalam Pilpres 2024 ini pun sempat menanyakan pemilihan nama mi tersebut kepada penjualnya. Salah satu pegawai Mie Ongklok Longkrang menjelaskan bahwa istilah "ongklok" merujuk pada cara pengolahannya yang khas. "Karena masaknya diongklok-onglok," kata  penjual.

Ongklok adalah semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mi. Penggunaan alat bantu ini khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mi rebus ini sesuai dengan alat tersebut.

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Makan Gultik Blok M Bareng Istri

Ganjar juga sempat singgah ke salah satu kuliner legendaris di kawasan Jakarta Selatan, yakni gulai tikungan atau gultik Blok M. Dalam video singkat yang dibagikan, mengabadikan potret Blok M di malam hari. Kendaraan roda dua dan roda empat sibuk berlalu-lalang di depan mal sampai terlihat penjual minum keliling dengan semangat mengayuh sepedanya.

Video tersebut menunjukkan Ganjar Pranowo berjalan di tepi sembari memegang tangan istrinya. Cuplikan menampilkan pula Ganjar disalami oleh seorang anak kecil dan bertukar obrolan sejenak.

Ia juga bersalaman dengan penjual gultik. Video lantas menampilkan dirinya dan istri membawa sepiring gultik dan kembali duduk di kursi yang ada di tepi jalan.

Ganjar Pranowo beserta istri dengan lahap menyantap gultik. Terlihat pula di dekat mereka piring lain yang berisi ragam tusuk gorengan.

Tak lama, ada seorang pengamen yang beraksi menyanyikan lagu "Sesaat Kau Hadir" dari Utha Likumahuwa. Ganjar dengan semangat ikut bernyanyi sembari menggoyangkan kakinya.

4 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Kulineran di Bali

Saat kunjungannya ke Bali, Ganjar Pranowo mengungkap makanan favoritnya. "Saya kalau ke Bali selalu ke sini, makan di warung Men Weti. Makanan Bali emang top," tulis Ganjar di keterangan video di akun pribadi TikTok-nya @ganjarpranowo pada Jumat, 3 November 2023. 

Saat kunjungan ke warung tersebut, Ganjar langsung diserbu warga termasuk ibu-ibu yang minta foto bareng. Lokasi Warung Men Weti berada tepat di pinggir pantai di Jalan Sagara Ayu, Sanur Bali. 

Tampak dalam video warung itu menawarkan aneka lauk pauk khas untuk menu nasi campur khas Bali. Isiannya terdiri dari ayam suwir, ayam goreng utuh, telur rebus, kacang tanah, sambal dan lainnya.

Dengan lahap Ganjar menyantap nasi campur Bali yang dihidangkan bersama teh hangat. Ia ikut makan bersama pengunjung lain. Ia juga sempat dibawakan oleh-oleh oleh pemilik warung. Konten yang disukai oleh 9 ribu lebih pengguna itu pun mendapat komentar dari warganet salah satunya juga memberi ide kuliner lain di Bali. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini