Sukses

Memutuskan Menikah, Kiky Saputri Akui Siapkan Mental Bila Nantinya Cerai

Bagi komedian Kiky Sapurti, menikah adalah keputusan yang telah ia sadari konsekuensinya di kemudian hari. Bahkan ia sudah menyiapkan mental jika terpaksa bercerai.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani kehidupan rumah tangga memang tidak selalu mudah. Buktinya, ada saja kasus perceraian, meski pernikahan baru seumur jagung. Banyak pula orang yang takut menikah lantaran khawatir harus mengalami perpisahan. Namun, bagi komedian Kiky Saputri, menikah adalah keputusan yang telah ia sadari konsekuensinya di kemudian hari.

"Jujur ya, kang Armand, jadi kalau aku ya nih sebelum menuju jenjang pernikahan, aku tuh udah ngobrol dulu sama diri sendiri," ungkap Kiky di awal video yang diunggah di akun @armandmaulana04, Minggu, 17 Desember 2023. "'Ki, lo akan menikah. Lo siap cerai nggak?'"

Vokalis Gigi itu pun kembali bertanya sambil terkaget-kaget. "Itu yang lo lakukan waktu sebelum nikah dengan Khairi?" tanyanya. Kiky menjawab, cerai yang ia maksudkan bisa saja cerai hidup atau karena suaminya meninggal lebih dulu. Menurutnya, ia benar-benar harus siap secara mental menghadapi kemungkinan tersebut.

"Misalnya, kondisinya aku punya anak banyak, masih kecil-kecil. Amit-amit nauzubilahmindzalik (suami) meninggal , 'Ki, lu siap nggak?'" tanyanya pada diri sendiri ketika itu. Kiky juga berspekulasi jika suaminya selingkuh, apakah ia siap menghadapinya. Ketiga hal itulah yang ia coba telaah sebelum mantap melangkah ke kehidupan pernikahan

"Jadi, aku enggak akan, enggak mau ada lagi alasan .. oh karena anak (mempertahankan pernikahan), tapi gue tersiksa lahir batin," beber Kiky. Ini kemudian langsung dibalas Armand, "Bagus nih (nasihatnya) buat cewek-cewek yang belum nikah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penting Menyiapkan Mental Sebelum Menikah

Lebih lanjut Kiky mengungkap keretakan rumah tangga bisa dipicu banyak hal, sehingga ia pun harus menyiapkan diri. "Ya karena bukan finansial doang yang harus kita siapkan. Mental tuh paling penting banget," sambungnya.

Armand pun sepakat bahwa memang dalam pernikahan, pun keuangan stabil, segala sesuatunya bisa bermasalah ketika salah satu pasangan atau keduanya tidak siap secara mental. Dengan segala pertanyaan tadi, Kiky merasa siap menikah karena secara finansial, ia sudah mapan, sudah memiliki rumah dan tabungan sendiri.

"Karena paling pahit (bagi) perempuan itu kan perpisahan. Ya sudah aku baru berani melangkah ke pernikahan (setelah menyiapkan segala hal)," tegasnya.

Armand berkesimpulan bahwa ketika Kiky menikahi Khairi, pria yang jadi suaminya saat ini, ia telah siap mental. "Paling enggak kita udah ada pondasi," jawab Kiky.

Diketahui, Kiky Saputri menikah dengan Muhammad Khairi pada 28 Januari 2023. Pernikahan mereka berlangsung di The Tribata Darmawangsa, Jakarta Selatan dengan mengusung adat Sunda.

3 dari 4 halaman

Trauma Dituduh Buzzer Capres

Tak hanya kehidupan rumah tangganya yang disorot. Kiki yang sering kali mendapat tawaran jadi MC kini mengaku lebih pilih-pilih, setelah ia sempat dituduh jadi buzzer salah satu cawapres.

Mengutip laporan Tim Showbiz Liputan6.com, Senin (25/12/2023), tudingan buzzer ini bermula dari serangan warganet saat Kiky membuat rangkuman hasil debat capres edisi perdana yang digelar di Jakarta, beberapa waktu lalu. Sejumlah warganet menuding Kiky mendukung salah satu capres.

“Cuma gegara bikin sedikit rangkuman dari debat capres pertama, orang-orang bukan fokus sama isinya, tapi selalu fokus menyudutkan, 'Dasar Kiky buzzernya ini.. wajar aja dia ngomong gitu, dia kan pendukung ini,'" ungkapnya lewat akun X, dulunya Twitter, Minggu, 17 Desember 2023.

Sejumlah warganet "bersumbu pendek" juga merundung Kiky. Sampai di sini, bintang film Imperfect itu mulai bertanya, tidak bisakah masyarakat Indonesia berdiskusi jernih tentang politik?

“Belom lagi yang sumbu pendek, ga ngerti substansinya, langsung nyerang fisik. Bisa enggak sih kita diskusi secara jernih tanpa harus nuduh?” Kiky balik bertanya ke warganet. 

4 dari 4 halaman

Tolak Pekerjaan agar Tak Dirujak Warganet

Kiky Saputri mengaku tidak mau jadi sasaran tembak buzzer capres maupun dirujak warganet yang tidak mau berpikir panjang. “Ini nih yang bikin puluhan tawaran MC dan Roasting dari partai gue tolak-tolakin. Males langsung dianggap: Wah si Kiky ada di pihak ini nih,” pesohor dengan 2 jutaan pengikut di Instagram ini menambahkan.

Di kesempatan itu, Kiky juga mengingatkan bahwa jadi komika, MC, dan melakukan  roasting merupakan pekerjaan halal. Sah-sah saja jika ia menerima tawaran dari berbagai capres-cawapres yang berlaga di Pemilu 2024.

"Padahal kalo dipikir-pikir itu pekerjaan halal dan profesional. Semua acara dari semua paslon nawarin, tanpa ada ketentuan mengikat harus dukung mereka. Oke deh mulai besok gue ambil aja semuanya. (Lah gitu. Curhat sendiri, ambil keputusan sendiri)," pungkas Kiky.

Menjelang Pilpres 2024, perbincangan soal kandidat memang kerap disuarakan banyak figur publik di media sosial. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.