Sukses

Penumpang Kereta Cepat Whoosh Kini Terhubung Bus Damri, Bisa Langsung ke Bandara Soekarno Hatta dari Halim

Layanan kereta cepat Whoosh yang melayani rute dari Jakarta ke Bandung dan Bandung ke Jakarta telah beroperasi penuh sejak pertengahan Oktober 2023. Kini pelayanan kereta cepat juga semakin terhubung dengan moda transportasi sekitarnya untuk memudahkan penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan kereta cepat Whoosh yang melayani rute dari Jakarta ke Bandung dan Bandung ke Jakarta telah beroperasi penuh sejak pertengahan Oktober 2023. Kini pelayanan kereta cepat juga semakin terhubung dengan moda transportasi sekitarnya untuk memudahkan penumpang.

Terbaru, stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim juga sudah terhubung dengan shuttle bus Damri. "Whoosh Antar Liburan ke Luar Negeri. Halo, Sobat #Whoosh! Spesial buat kamu yang pengen liburan dari Bandung ke luar negeri dari Bandara Soekarno-Hatta mendingan #NgeWhooshAja!" informasi dari Instagram resmi kereta cepat Whoosh @keretacepat_ID di Instagram yang diunggah, Jumat, 22 Desember 2023.

Dengan itu, jarak Bandung ke Bandara Soekarno Hatta yang hanya 2 jam bukan lagi impian karena sekarang perjalanan panjang bisa terasa singkat dengan shuttle bus Damri. Warganet pun makin bersemangat untuk mencoba perjalanan dengan kereta cepat Whoosh.

"Senin kemarin udah nyobain rute ini, Whoosh Bdg-Jkt dilanjut LRT ke Dukuh Atas terus naik KA Bandara dan KA Layang di Bandara. Sama sekali gak nyentuh "tanah" Jakarta alias bener2 nyebrang2 doank antar stasiun. Paling yang rada malesin adalah jadwal KA Bandara yang cukup "serabutan" jadi malah nunggu cukup lama abis turun dari LRT nyebrang ke Stasiun Sudirman & BNI City," tulis seorang warganet di kolom komentar.

Ada pula yang bertanya apalah layanan shuttle sudah termasuk dengan tiket woosh yang dijawab oleh admin @keretacepat_ID belum termasuk. Adapun harga tiket bus Damri dari Halim menuju Bandara Soekarno Hatta yang tertera di situs resmi Damri adalah Rp80.000. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kereta Cepat Whoosh Tambah 8 Jadwal Keberangkatan

Mengutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Sabtu, 23 Desember 2023, menyambut libur Natal dan Tahun Baru, KCIC kembali menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari.

Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan ini, kapasitas kursi yang disediakan mencapai hingga 28 ribu kursi per hari.  General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menjelaskan perjalanan Whoosh tambahan tersedia untuk keberangkatan tanggal 22-26 Desember 2023.

Masyarakat dapat melihat jadwal terbaru Whoosh di aplikasi Whoosh, web kcic.co.id, sosial media Kereta Cepat ID, dan seluruh kanal penjualan resmi tiket Whoosh. Semenjak dioperasikan secara komersial sampai dengan 19 Desember 2023, tiket Kereta Cepat Whoosh yang telah dijual mencapai 913 ribu tiket.

Di mana berdasarkan survey, 55 persen di antaranya merupakan penumpang dengan tujuan untuk berlibur.

Terdapat 8 jadwal perjalanan yang ditambahkan pada jam-jam favorit penumpang yaitu di pagi dan sore hari. Perjalanan tambahan Whoosh tersedia di jam-jam berikut:

Keberangkatan Halim di jam 09:10; 11:30; 14:30; dan 19:15

Keberangkatan Tegalluar di jam 07:55; 09:10; 14:30; dan 18:00 

3 dari 4 halaman

Tambahan Keret Feeder

Penambahan jadwal ini juga sudah diikuti dengan penambahan jumlah perjalanan KA Feeder yang dioperasikan oleh KAI untuk menuju Stasiun Bandung dan Cimahi.

Perjalanan KA Feeder tersebut jadwalnya telsudah ah disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Padalarang. Tiket perjalanan tambahan saat ini sudah bisa dipesan di seluruh saluran resmi Kereta Cepat Whoosh yang terdiri dari aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id.

Ticket Vending Machine dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking. Eva menjelaskan, penambahan jadwal perjalanan ini didasari pada hasil evaluasi dan pengamatan KCIC di lapangan. Untuk itu kami yakin bahwa keputusan ini dapat jadi hal yang penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan Whoosh di periode libur Nataru ini.

"KCIC berharap, dengan penambahan jadwal perjalanan ini, lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan liburan dengan durasi perjalanan yang singkat sehingga ada banyak waktu yang bisa dinikmati untuk berlibur," tandas Eva.

4 dari 4 halaman

Kereta Whoosh Selalu Tepat Waktu

Sementara itu, tingkat ketepatan waktu keberangkatan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat Whoosh mencapai 99,9 persen selama beroperasi secara komersial. Total perjalanan Kereta Cepat Whoosh  selama dua bulan ini sudah mencapai 1.869 perjalanan.

"Kereta cepat Whoosh tidak hanya mempersingkat waktu perjalanan, tapi juga dan memiliki ketepatan waktu perjalanan yang sangat baik," kata GM Corporate Seceretary PT Kereta Cepat Indonesia China Eva Chairunisa dikutip dari Antara, Senin, 18 Desember 2023.

Eva menyampaikan perjalanan Whoosh sejak resmi beroperasi pada 17 Oktober 2023 secara keseluruhan berjalan dengan baik. Whoosh pun memberikan pengalaman transportasi yang andal dan efisien kepada penumpang.

Menurut dia, pencapaian itu menunjukkan dampak transformatif dari kehadiran kereta cepat, yang menawarkan manfaat tak tertandingi bagi para penumpang dan menetapkan tolak ukur baru dalam hal ketepatan waktu di transportasi Indonesia.

Eva menyebutkan ketepatan waktu pemberangkatan menjadi salah satu hal penting khususnya di tengah volume penumpang Whoosh yang terus meningkat m

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini