Sukses

Travel Influencer Cerita Kehilangan Barang Berharga Saat Naik Bus Rosalia Indah, Diganti Buku Telepon

Setelah twit si travel influencer Widino jadi viral, banyak pengguna buka suara mengaku kehilangan barang saat naik bus Rosalia Indah.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kemarin, Rabu, 20 Desember 2023, jagat maya, terutama X, dulunya Twitter, tengah diramaikan cerita travel influencer Widino yang mengaku kehilangan barang berharga di bus Rosalia Indah jurusan Wonosobo-Ciputat. Padahal sebelumnya, ia sempat memuji fasilitas bus tersebut.

Di sebuah utas yang sekarang viral, Dino, sapaan akrabnya, menulis, "Tas padahal gw bawa2 terus ga pernah ditinggal di bus, sampe rest area kedung roso masih ada. Curiga sampe Pool Ciputat kok resleting ga bisa dibuka kaya di lem, gw cek masih ada, ternyata pas di rumah dibuka isinya diganti sama buku 😡."

"@Rosalia_Ind CS kalian bener2 yaa, gw laporan langsung dijawab, 'barang tanggung jawab penumpang,' gimana kalo malingnya komplotan sama crew kalian?????" ia menambahkan. "Kesel bgt telpon CS nya bukannya dengerin, trus ngecek, langsung jawab kehilangan bukan tanggung jawab kami. Hah??????"

"Ga mau suuzon tp gw curiga komplotan crew bus, krn dari awal ada crew yg duduknya pindah pindah nyari seat kosong. Gimana tanggung jawab kalian @Rosalia_Ind ???"

Di lanjutan keterangan, Dino menjelaskan bahwa setelah makan di Kedung Roso, iPad-nya dikatakan masih ada dan "tas masih bisa dibuka. "Masuk bus emang tasnya gw taro di bagasi atas persis di atas gw duduk biar bisa selonjor, dan gw duduknya di aisle jadi mikir bisa sambil ngawasin tas." imbuhnya.

"Sepanjang jalan juga mainan HP. Si maling kayaknya udah incer nunggu gw lengah. Emang ada 1 orang yg mencurigakan, kaya bukan crew bus tp temen crew bus, gw sempet liat si orang ini juga bbrp kali disuruh pindah duduk sama crewnya. Trus bolak balik jalan kedepan ke belakang."

"Kalo ini bener komplotan kalian gimana min @Rosalia_Ind ?? Trus dengan seenaknya bilang tanggung jawab penumpang. Kita penumpang juga sadar tuh tas udah dijagain bener2," beber si influencer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barang yang Hilang

Dino kemudian memaparkan barang apa saja yang diduga dicuri, yakni iPad Pro 2020 plus pencil dan keyboard. Lalu, ada satu tas lain berisi banyak charger. "Ga bisa di tracking dari find my ipad 😭," sambungnya.

"Sebenernya pas sampe rumah tau iPad diganti buku cuma bisa istighfar, yaudah lah. Tp pas telpon CS @Rosalia_Ind jadinya emosi. Baik baik lho gw laporan kehilangan barang tp langsung dijawab, 'kehilangan bukan tanggung jawab kami,' itu aja terus diulang2."

"Gw minta cek dulu crew bus 372 Wonosobo - Jakarta, lagi2 dijawab, 'bukan tanggung jawab kami,' Gimana ga emosi jadinya," sebut dia lagi.

Di lanjutan cuitan, ia mengunggah ulang tweet pengguna lain yang juga mengaku barangnya hilang saat naik bus di rute yang sama, namun di waktu berbeda. Twit itu dibagikan pada 29 Oktober 2023.

Menanggapi itu, Dino menyebut, "Korban lain laptop dituker buku, rute sama persis naik Wonosobo turun Ciputat. Modusnya juga sama abis ganti dengan buku resleting dilem. Berarti bukan pertama kali kejadian barang hilang di bus Rosalia Indah @Rosalia_Ind. Bus seram 😭."

3 dari 4 halaman

Diduga Korban Lainnya

Dino juga membalas cuitan pengguna lain yang sama-sama mengaku barangnya hilang di bus Rosalia Indah. "Ya Allah ini masnya yg semalam satu bus sama gw di Rosalia Indah 372, duduknya depan gw tp sisi kanan. Ditukernya sama, buku yellowpages + keramik," paparnya.

"@Rosalia_Ind ga bisa kaya gini dibiarkan, semalam ada 2 korban," tegasnya. "Masih mau berlindung dibalik kalimat 'kehilangan barang bukan tanggung jawab kami?'"

Sejumlah pengguna lain juga membalas cuitan itu, mengaku mengalami kejadian serupa. "Sempet semingguan hubungin pihak Rosalia Indah, tapi yaudah ngambang aja sampe sekarang," curhat seorang pengguna.

Pengguna X pun menanggapi utas tersebut, dengan sebagian meminta kasus ini diusut sampai tuntas. "Ini emang harus diusut, sih. Jangan mah diajak damai, kak. Pokoknya diusut sampe tau dulu siapa pelakunya dan abis itu minta ganti rugi sesuai barang yang hilang," sebut salah satunya.

Ada juga yang berkomentar, "Terlalu rapi dan korbannya banyak banget, fix komplotan."

4 dari 4 halaman

Pernyataan Rosalia Indah

Setelah ramai disemprot warganet, Rosalia Indah akhirnya merilis pernyataan resmi yang dibagikan di akun media sosial mereka. Sebagai awalan, pihaknya menyatakan keprihatinan atas kejadian tersebut. "Manajemen Rosalia Indah ingin menegaskan bahwa (kami) tidak membenarkan adanya tindak pencurian di dalam armada," kata mereka.

Pihaknya juga mengaku sudah meminta maaf pada "pelanggan terkait tanggapan yang kurang tepat dari petugas layanan contact center." Mereka menyebut sedang melakukan proses investigasi internal secara lebih lanjut. Beberapa tindakan yang diambil, menurut pihaknya, yakni:

  1. Manajemen telah berkomunikasi langsung dengan pelanggan untuk menyampaikan permintaan maaf dan mendapat detail informasi tentang kejadian tersebut.
  2. Melakukan proses investigasi secara tuntas terhadap awak bus yang bertugas untuk mendapat klarifikasi yang utuh dan informasi selama perjalanan.
  3. Bila terdapat bukti keterlibatan awak bus dalam kejadian tersebut pihak manajemen akan bertindak tegas sesuai aturan perusahaan.

Keterangan ini dibalas Dino, "Saya tunggu keseriusan Rosalia Indah dalam menangani kasus ini. Karena ini bukan kasus yg pertama dan banyak korban speak up di DM saya, berharap kalian serius dengan penanganan ini supaya gak ada lagi korban berikutnya di kemudian hari."

"Bila perlu bukti, saya kirim screenshot korban2 lainnya supaya bener2 jadi perhatian serius buat Rosalia Indah," tandasnya.

Namun demikian, warganet tetap skeptis, menyebut "kalau bukan influencer yang kehilangan, pasti tetep didiemin."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini