Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Indonesia Tampung Pengungsi Rohingya, Diharapkan Tak Terjadi Perdagangan Orang dan Pengrusakan Tempat Wisata di Aceh

Top 3 Berita Hari Ini, polemik Indonesia tampung pengungsi Rohingya. Legenda Sinterklas menghidupkan sektor pariwisata di kota kecil Italia dan kampanye pilah sampah plastik masuk bioskop,

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan kekhawatirannya soal pengungsi Rohingya yang masuk ke wilayah Aceh. Sandiaga Uno khawatir hal ini bisa menjadi bagian dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Sandiaga Uno mengatakan pihaknya terus memantau dampak yang mungkin ditimbulkan oleh keberadaan pengungsi Rohingya terhadap pariwisata di Aceh. Sandi mengatakan peristiwa pengungsi Rohingya merupakan bencana kemanusiaan. Menurutnya para pengungsi mengalami tekanan. Berita kedua yang banyak diminati tentang pohon terang, Natal yang identik dengan kehadiran Santa Klaus alias Sinterklas.

Lelaki berjenggot tebal berkostum merah menyala itu menjadi legenda sebagai pemberi hadiah bagi anak-anak yang dinilai berperilaku baik di malam Natal. Tapi, tahukah Anda bila sosok tersebut nyatanya juga menghidupkan sektor pariwisata di sebuah kota pelabuhan kecil di tenggara Italia. Adalah Bari, kota itu diyakini menjadi tempat tinggal sosok pria yang menginspirasi legenda Santa Klaus. Pria dimaksud bernama Santo Nikolas, juga dikenal sebagai Niklaus atau Nicola.

Ia merupakan santa penganut Kristen yang lahir di Myra, dikenal sebagai Turki, bukan di kutub utara seperti cerita di legenda. Berita ketiga yang banyak menarik perhatian adalah tentang masalah sampah plastik bukan hanya tanggung jawab pemerintah maupun perusahaan.

Individu sebagai konsumen akhir juga perlu bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya, setidaknya dengan memilahnya secara tepat. Untuk membangun kesadaran itu, kampanye pemilahan sampah botol plastik kini menyasar bioskop. Coca-Cola Indonesia menggandeng jaringan bioskop CGV untuk melaksanakan kampanye tersebut.

Hal itu dilakukan dengan membuka pojok pengumpulan sampah botol plastik bernama Reborn Area pada Senin, 11 Desember 2023. Bioskop jadi lokasi kampanye terbaru karena melihat konsumen loyal di bioskop yang didominasi generasi muda. Untuk lebih lengkapnya simak Top 3 Berita Hari Ini berikut ini. 

Indonesia Tampung Pengungsi Rohingya, Diharapkan Tak Terjadi Perdagangan Orang dan Pengrusakan Tempat Wisata di Aceh

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan kekhawatirannya soal pengungsi Rohingya yang masuk ke wilayah Aceh. Sandiaga Uno khawatir hal ini bisa menjadi bagian dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Sandiaga Uno mengatakan pihaknya terus memantau dampak yang mungkin ditimbulkan oleh keberadaan pengungsi Rohingya terhadap pariwisata di Aceh. "Sejauh ini belum ada dampaknya, tapi ini juga selalu kita pantau. Harus kita pastikan jangan sampai nanti berdampak negatif terhadap wisata di Aceh," kata pria yang biasa disapa Sandi ini dalam The Weejly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin, 11 Desember 2023.

Selengkapnya…

Kala Kisah Legenda Sinterklas Menghidupkan Sektor Pariwisata Kota Pelabuhan Kecil di Italia

 

Seperti halnya pohon terang, Natal juga identik dengan kehadiran Santa Klaus alias Sinterklas. Lelaki berjenggot tebal berkostum merah menyala itu menjadi legenda sebagai pemberi hadiah bagi anak-anak yang dinilai berperilaku baik di malam Natal.

Tapi, tahukah Anda bila sosok tersebut nyatanya juga menghidupkan sektor pariwisata di sebuah kota pelabuhan kecil di tenggara Italia. Adalah Bari, kota itu diyakini menjadi tempat tinggal sosok pria yang menginspirasi legenda Santa Klaus. Pria dimaksud bernama Santo Nikolas, juga dikenal sebagai Niklaus atau Nicola.

Selengkapnya…

Kampanye Pilah Sampah Plastik Masuk Bioskop, Botol Plastik Bekas Bisa Ditukar Hadiah

 

Masalah sampah plastik bukan hanya tanggung jawab pemerintah maupun perusahaan. Individu sebagai konsumen akhir juga perlu bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya, setidaknya dengan memilahnya secara tepat. Untuk membangun kesadaran itu, kampanye pemilahan sampah botol plastik kini menyasar bioskop.

Coca-Cola Indonesia menggandeng jaringan bioskop CGV untuk melaksanakan kampanye tersebut. Hal itu dilakukan dengan membuka pojok pengumpulan sampah botol plastik bernama Reborn Area pada Senin, 11 Desember 2023.

Selengkapnya…

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini