Sukses

Jungkook dan Jimin BTS Pergi Wamil Hari Ini 12 Desember 2023 Sebagai Tentara Pendamping, Apa Itu?

Jimin dan Jungkook jadi dua member terakhir BTS yang masuk ke kamp wajib militer (wamil) hari ini, Selasa (12/12/2023), setelah RM dan V pergi lebih dulu kemarin, Senin, 11 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Jimin dan Jungkook jadi dua member terakhir BTS yang masuk ke kamp wajib militer (wamil) hari ini, Selasa (12/12/2023), setelah RM dan V pergi lebih dulu kemarin, Senin, 11 Desember 2023. Berbeda dengan para hyung, dua personel maknae line ini mendaftar sebagai "tentara pendamping." Apa itu?

Sebelumnya dalam pemberitahuan berbahasa Inggris, ARMY, sebutan penggemar BTS, menggarisbawahi bahwa Jungkook dan Jimin tidak hanya akan mendaftar wamil di hari yang sama, tapi mendaftar bersama. Dalam terjemahan versi Korea, menurut Koreaboo, dikutip Selasa, bukan hanya istilah "wajib militer bersama" yang dipakai, melainkan "tentara pendamping."

Konsep "tentara pendamping" berarti Jungkook dan Jimin akan dikirim ke pusat pelatihan dasar yang sama. Setelahnya, mereka akan dikirim ke unit tempat tinggal yang sama di pangkalan dan dipulangkan di waktu bersamaan pula.

Meski sebagian besar kriterianya sama dengan pendaftaran dinas militer pada umumnya, ada beberapa kriteria khusus untuk layanan semacam ini. Seiring tes dasar kebugaran, sebuah aplikasi harus dibuat.

Salah satu aturan terpentingnya adalah mereka yang melamar jadi "tentara pendamping" tidak dapat melamar ke cabang militer lain, termasuk Angkatan Laut, Angkatan Udara, atau dinas alternatif. Ada juga pendirian tegas tentang bagaimana mereka menentukan hubungan dekat.

Meski hal-hal seperti keluarga dan teman sekolah diterima, permohonan dapat ditolak jika ternyata hal tersebut dilakukan karena alasan lain. Tidak seperti cabang militer lain, pengajuan pendaftaran "pendamping" tidak memerlukan wawancara apapun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

ARMY Mengaku Lega

Kendati demikian, pendaftaran "tentara pendamping" yang dipilih Jimin dan Jungkook BTS memerlukan permohonan lain, dan hasilnya dipilih melalui sistem undian, yang mana setiap pemohon harus mengajukan permohonan secara terpisah.

Ketika informasi tersebut dibagikan, penggemar tidak bisa menyembunyikan betapa leganya mereka mengetahui bahwa Jungkook dan Jimin akan bersama selama menjalani dinas militer. "Setidaknya mereka akan saling menemani," kata seorang ARMY di X, dulunya Twitter.

Jimin sebelumnya tampak sangat emosional saat memperlihatkan kepala plontosnya untuk pertama kali dalam live Weverse, platform penggemar K-pop, Senin malam, 11 Desember 2023. Awalnya, Jimin tampak memakai bennie yang berwarna serasi dengan hoodie yang dipakai.

Di kesempatan itu, pelantun lagu Promise ini juga mengonfirmasi bahwa ia menyalakan siaran setelah mencukur rambutnya. Jimin berbicara banyak hal, termasuk menyebutkan momen mengantar RM dan V berangkat wajib militer dan mengungkap betapa bersyukurnya ia atas segalanya.

Hingga akhirnya Jimin memperlihatkan rambut plontosnya, dan tampak membungkuk hormat pada ARMY, mengucapkan salam perpisahannya.

3 dari 4 halaman

Salam Perpisahan Jungkook

Beberapa waktu setelahnya, giliran Jungkook BTS yang mengucapkan salam perpisahan pada ARMY, juga melalui live Weverse. Idol asal Busan ini berbicara tentang harinya, mengungkap bahwa ia menghabiskan waktu bersama para personel BTS karena semuanya hadir mengantar RM dan V masuk kamp pelatihan.

Ia juga meluangkan waktu untuk makan makanan lezat dan tetap mempersiapkan wajib militernya. Si maknae BTS mengucapkan selamat tinggal terakhirnya pada ARMY, dan mereka memperhatikan bahwa sepertinya ia menahan air mata.

Beberapa juga mencatat mata Jungkook tampak merah, jadi mereka menduga ia mungkin menangis sebelumnya. Walau siaran itu berlangsung kurang dari delapan menit, Jungkook tidak lupa mengucap salam cinta untuk para penggemar.

Ia kedapatan mengungkap, "Saya menyayangi kalian. Saya akan kembali setelah jadi lebih kuat. Sampai jumpa, jaga kesehatan kalian," ditutup dengan hormat ke arah kamera.

Sebelumnya, RM, Jimin, V, dan Jungkook sudah lebih dulu live Weverse pada 5 Desember 2023. Di kesempatan itu, Jungkook menjelaskan alasan RM, Jimin, V, dan dirinya mendaftar wajib militer di waktu yang hampir bersamaan.

 

4 dari 4 halaman

Ingin Segera Bersatu Kembali

Jungkook berbicara tentang keinginan mereka bersatu kembali sebagai BTS yang utuh sesegera mungkin dan menyatakan kepuasannya atas keputusan tersebut. Jimin kemudian menggambarkan momen-momen kebersamaan mereka usai nantinya kembali dari dinas militer.

RM dan V meyakinkan penggemar, dengan mengatakan bahwa meski mungkin membutuhkan waktu, ini bukan masalah besar, dan mereka akan bersatu kembali sebagai BTS yang utuh dengan pengalaman berharga.

Sambil menenangkan penggemar yang khawatir, para personel BTS menyebutkan persiapan yang telah mereka buat dan mendesak ARMY menikmati waktu hingga mereka kembali, karena Jin akan segera menyelesaikan wajib militernya pada Juni tahun depan.

BTS menekankan pendaftaran wajib militer yang tenang, meminta para penggemar untuk tidak mengunjungi kamp pelatihan pada hari pendaftaran mereka karena potensi gangguan bagi tentara lain dan keluarga mereka.

Dinas militer untuk BTS dimulai dengan pendaftaran Jin pada Desember 2022, diikuti J-Hope pada April 2023 dan Suga memulai wajib militer alternatif pada September 2023. Mereka diperkirakan akan reuni dengan personel lengkap pada Juni 2025 setelah Suga menyelesaikan wajib militer alternatifnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.