Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Daftar Nama 23 Pendaki Korban Meninggal Erupsi Gunung Marapi di Sumbar

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini yaitu mengenai daftar nama 23 korban meninggal erupsi Gunung Marapi hingga cerita Siska Afrina yang merupakan salah satu korban dan mini market tercantik di Indonesia yang punya pemandangan gunung.

Di urutan pertama, erupsi Gunung Marapi meninggalkan duka bagi keluarga para pendaki yang meninggal. Menurut catatan sampai Rabu, 6 Desember 2023, pukul 21.00 WIB, total korban jiwa yang meninggal dunia adalah 23 orang. 

Dalam bencana itu, otoritas menyatakan 75 pendaki tercatat sedang mendaki puncak salah satu gunung paling aktif di Pulau Sumatera tersebut pada Minggu sore, 3 Desember 2023, saat erupsi terjadi. Kantor SAR Padang menyebutkan dari 75 pendaki itu, 49 langsung turun pada hari yang sama erupsi terjadi, sedangkan 26 lainnya terjebak di atas Gunung Marapi.

Berita kedua yang paling banyak dibaca mengenai salah seorang diantaranya adalah Siska Afrina. Jenazahnya baru bisa diidentifikasi jelang tiga hari akan diwisuda.

Perjuangannya dalam menyelesaikan kuliahnya tertuang di kata pengantar terakhir skripsi. Siska telah menjalani sidang komprehensif pada November lalu, kemudian resmi bergelar S.Pd atau sarjana pendidikan. 

Selanjutnya berita ketiga yang banyak mendapat atensi mengenai mini market tercantik di Indonesia. Orang biasa pergi tak lama-lama ke mini market untuk membeli keperluan seperti makanan dan minuman hingga obat-obatan. Hampir jarang ada yang berharap untuk bisa melihat pemandangan menarik dari sebuah mini market, tapi sebuah mini market di Bali memiliki pemandangan gunung di balkonnya. Selengkapnya di Top 3 Berita Hari Ini..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Nama 23 Pendaki Korban Meninggal Erupsi Gunung Marapi di Sumbar

Petugas penyelamat gabungan akhirnya bisa menemukan korban hilang terakhir pada Rabu, 6 Desember 2023. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Ichwan Pratama Danda mengonfirmasi bahwa korban terakhir yang ditemukan meninggal dunia telah teridentifikasi.

"Semua korban sudah ditemukan, terakhir satu orang meninggal dunia. Dengan begitu, untuk pencarian dan pertolongan yang dikomandoi rekan Basarnas, sesuai hasil rapat evaluasi tadi dan sudah ditemukan, operasi SAR kita tutup," ujar Ichwan saat dihubungi, dikutip dari rilis BNPB pada Kamis (7/12/2023). Berikut adalah daftar korban jiwa yang telah teridentifikasi:

1. Muhammad Adan/21th/L

2. Muhammad Teguh Amanda/19th/L

3. Nazahra Adzin Mufadhol/22th/L

4. Muhammad Alfikri/19th/L

5. Nurva Afitri/27th/P

6. M. Wilki Syaputra/20th

7. Divo Suhandra/26th

8. Afranda Junaidi/26th

9. Wahlul Alde Putra/19th

10. Riski Rahmat Hidayat/20th

11. Reyhani Zahra Fadli/18th

12. Filhan Alfiqh Faizin/18th

13. Aditya Prasetyo/20th

14. Yasirli Amri/20th

15. Irfandi Putra/21th

16. Muhammad Iqbal/23th

17. Ilham Nanda Bintang/21th

18. Novita Intan Sari/39th

19. Lenggo Baren/19th

20. Zikri Habibi/19th

21. Liarni/22th

22. Frengki Chandra Kusuma/23th

23. Siska Afrina

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Cerita Siska Afrina Korban Erupsi Gunung Marapi, Jenazah Baru Teridentifikasi 3 Hari Jelang Wisuda

Saat insiden terjadi, gunung yang berstatus Level II atau waspada itu sedang didaki 75 orang. Salah seorang di antaranya Siska Afrina. Jenazahnya baru bisa diidentifikasi jelang tiga hari bakal diwisuda.

"Korban terakhir yang terdata berjenis kelamin perempuan atas nama Siska, demikian informasi dari posko pencarian erupsi Gunung Marapi," tulis akun resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDP) Kota Bukittinggi @bpbd.kotabukittinggi, diunggah Rabu, 6 Desember 2023. 

Siska merupakan korban terakhir yang ditemukan dari total 23 korban meninggal akibat erupsi Gunung Marapi. Mahasiswa Universitas Negeri Padang itu seharusnya akan wisuda pada 17 Desember 2023.

"Siska Afrina calon wisudawan kampus UNP yang sudah terdaftar dan memenuhi segala berkas beberapa hari sebelum keberangkatannya mendaki Gunung Marapi," tulis akun @goresanluka31, diunggah Kamis (7/12/2023).

Perjuangannya untuk menyelesaikan kuliahnya tertuang di kata pengantar terakhir skripsi. Ia telah menjalani sidang komprehensif pada November lalu resmi bergelar S.Pd atau sarjana pendidikan. 

Selengkapnya..

4 dari 4 halaman

Mini Market Tercantik di Indonesia, Pengunjung Bisa Lihat Pemandangan Gunung Batur

Orang biasa pergi sebentar ke mini market untuk membeli keperluan seperti makanan dan minuman hingga obat-obatan. Hampir jarang ada yang berharap untuk bisa melihat pemandangan menarik dari sebuah mini market.

Namun, tidak halnya untuk sebuah mini market yang ada di Bali. Salah satu brand toko retail terkenal itu berlokasi tak hanya strategis dekat dari pinggir jalan, tapi juga memiliki bonus pemandangan cantik dari terasnya.

 Video pemandangan yang terlihat di mini market tersebut diunggah oleh akun TikTok @dedana6 pada 1 Desember 2023. "Indomaret tercantik di Indo," tulisnya di keterangan foto tambah menambahkan embel-embel lagi ataupun suara dirinya.

Di awal video, ia hanya memperlihatkan sedang berjalan ke sebuah mini market yang mirip ada di tempat lainnya. Toko tersebut juga memiliki rak-rak yang tersusun dengan barang dan produk sekaligus menjual aneka produk kopi.

Tapi begitu ia jalan agak ke belakang, mulai terlihat sebuah kaca lebar dengan pemandangan gunung yang besar. Di video, kreator konten itu menambahkan lokasinya, yaitu di Kintamani Batur Mountain View, di Kecamatan Bangli, Bali.

Selengkapnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini