Sukses

Sespri Iriana Jokowi Ungkap Pengalaman Uniknya, Pernah Ditilang Polisi Saat Dampingi Ibu Negara di Solo

Sekretaris Pribadi (Sespri) Iriana Jokowi membagikan cerita menarik dan menggelitik selama mengawal atau mendampingi sang ibu negara.

Liputan6.com, Jakarta - Pengalaman orang-orang yang dekat dengan petinggi negara rasanya selalu menarik untuk disimak. Contohnya, baru-baru ini Sekretaris Pribadi (Sespri) Iriana Jokowi, Sendi Fardiansyah, membagikan cerita menarik dan menggelitik selama mengawal atau mendampingi sang ibu negara.

Setelah selama sembilan tahun menjadi Sespri ibu Iriana, ternyata ada beberapa hal lucu yang dialami oleh Sendi saat mendampingi istri Presiden Jokowi (Joko Widodo) itu. Hal itu diungkap saat Sendi Fardiansyah saat berbincang bersama Fadi Iskandar dalam sebuah podcast di akun YouTube Fadi Iskandar pada 6 November 2023.

Salah satunya, saat Iriana di Solo yang sedang bersama putrinya, Kahiyang Ayu, saat masih belum menikah. Mereka diikuti oleh banyak intel padahal sudah bilang tak ingin dikawal. Sendi pun sudah mengiyakan, tapi ternyata berbeda dengan intel Kodim dan Polres.

"Mas, aku mau jalan sama ibu, gitu kan. Nggak usah dikawal ya. Oke siap mbak, ya kan nggak dikawal. Pas sampai kan udah tau prota-nya nggak dikawal, cuman kadang lucu nih intel-intel Kodim, intel Polres mereka pada nyamar pake jaket ojol ya kan," kata Sendi. Potongan obrolan itu dibagikan ulang oleh akun TikTok @menangbersamajokowi pada Minggu, 3 Desember 2023.

Para intel yang mengikuti Iriana dan Kahiyang menyamar sebagai pengemudi ojol lengkap dengan jaketnya, namun yang bikin heran adalah mereka memakai ponsel yang berantena. Hal itu sangat ketara bahwa mereka adalah seorang intel.

"Jadi udah bener nih pake jaket ojol ya kan, teorinya bener nih jaket ojol ya kan, cuma sayang HP-nya pake antena. Sama mbak Kahiyang difoto kirim, ‘Iki opo mas, kok banyak intel?’ Siap salah mbak," ungkap Sendi.

Momen menggelitik lainnya adalah saat mengawal ibu Iriana tapi ditilang bersama sopir pribadinya di Solo. Padahal, sang sopir sudah memberikan kode kepada polisi yang memberhentikannya bahwa ia membawa ibu negara. Namun sang polisi tidak langsung paham.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mobil Iriana Disetop Polisi di Solo

"Pernah juga ditilang ibu. Ibu negara ditilang. Saya yakin polisinya masih ada di Solo nih. Di lampu merah mau belok lah gitu kan distop, sopirnya buka pintu (kasih kode)," ucap Sendi. "Dia bilang ibu negara. Polisinya kayak belum paham nanya SIM lagi dan ditilang,” sambungnya.

Selain mendampingi Jokowi menghadiri berbagai acara maupun kunjungan ke beberapa daerah dan negara, iriana sesekali juga tampil sendiri atau bersama Kahiyang.

Bulan lalu, Iriana Jokowi membuka acara bazar amal ke-54 Womens International Club Jakarta (WIC Jakarta) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2023). Dalam momen itu ia memberikan apresiasi atas kontribusi para anggota WIC Jakarta dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Saya mengapresiasi kegiatan yang selama ini telah dilakukan oleh ibu-ibu, yang selama 70 tahun konsisten melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Aksi seperti ini patut diapresiasi," ucap ibu negara dalam kata sambutannya.

"Selamat atas penyelenggaraan acara ini. Ini yang ke-54. Alhamdulillah pasti ramai. Di bazar amal ini banyak yang memborong," lanjut ibu negara. Iriana mengaku selalu menghadiri acara tahunan WIC Jakarta sejak Jokowi menjadi wali kota Solo dan gubernur DKI Jakarta.

 

3 dari 4 halaman

Iriana di Acara Bazar Amal

"Sekarang ini saya pasti hadir terus, kecuali pernah absen sekali," kata Iriana yang tampil anggun memakai kaftan cokelat muda. Selain Iriana, acara pembukaan juga dihadiri Ibu Wakil Presiden Wury Ma'ruf Amin, Mirdiyanti Budi Hartono yang merupakan istri Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Usai membuka acara, Iriana dan rombongan berkeliling ke beberapa stan di bazar amal tersebut. Ia terlihat berbincang sambil memperhatikan barang-barang yang dipamerkan. Salah satunya di stan Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura. Ia sempat ditawarkan dan mencicip salah satu produk mereka yaitu es krim Singapura dalam kemasan mangkok kecil. Ia terlihat menyukai rasa es krim rasa cokelat tersebut.

Meski dikawal ketat anggota paspampres, Iriana beberapa kali menghentikan langkahnya demi melayani permintaan beberapa penjaga stan untuk berfoto bersama Iriana juga sempat menyambangi stan Palestina dan sempat berbincang sejenak dengan salah seorang perwakilan kedubes Palestina.

Ibu tiga anak ini kemudian terlihat menulis pesan khusus di sebuah lembaran kertas sebelum meninggalkan stan Palestina. Lalu ia mengunjungi Stan Malaysia sebelum meninggalkan tempat acara.

4 dari 4 halaman

Iriana dan Kahiyang di JFW 2024

Senentara bersama Kahiyang Ayu, Iriana pernah terlihat menghadiri perhelatan tahunan Jakarta Fashion Week (JFW) 2024. Keduanya tampak datang bersama dan memeriahkan fashion show untuk sesi bersama Dewan Kerajinan Nasional Kota Medan pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Pergelaran busana bertajuk "Medan The Journey of Enchanting Wastra" di JFW 2024 tersebut menampilkan karya perancang ternama Harry Hasibuan, Riki Damanik, dan Surya Abduh. Ketiganya mengelaborasi wastra asal Medan, Sumatera Utara yaitu kain ulos menjadi deretan busana apik yang dikemas elegan dan modern.

Kehadiran ibu negara dan Kahiyang Ayu tak luput dari perhatian, dengan gaya busana memadukan unsur etnik dengan ornamen wastra yang elegan. Untuk Iriana, kali itu memakai busananya berupa tunik palet krem berpotongan lurus yang dipadu rok senada.

Iriana Jokowi dan Kahiyang Ayu yang duduk di deretan front row JFW 2024 menarik perhatian. Tak sedikit yang merasa beruntung bisa bertemu langsung di acara tersebut, terutama beberapa talenta fesyen yang pernah mendandani keluarga Presiden Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.