Sukses

Virgin Atlantic Sukses Jalankan Penerbangan Transatlantik Berbahan Bakar Ramah Lingkungan, Aktivis Iklim Anggap Hanya Pengalihan Isu

Penerbangan transatlantik pertama dengan pesawat penumpang yang menggunakan bahan bakar penerbangan ramah lingkungan secara eksklusif lepas landas dari London pada Selasa, 28 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan transatlantik pertama dengan pesawat penumpang yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan akhirnya lepas landas dari London Selasa pagi, 28 November 2023. Di antara lebih dari 500 penerbangan yang datang dan pergi dari Heathrow London saat ini, ternyata ada satu yang membawa harapan bagi industri penerbangan.

Anda akan kesulitan untuk membedakannya dari jajaran jet Boeing 787 lainnya, namun pesawat penumpang tujuan New York ini hanya menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Mengutip laman Euronews, bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF) terbuat dari berbagai sumber non-fosil.

Dalam hal ini, Dreamliner memuat 50 ton bahan bakar yang terutama berasal dari limbah lemak serta limbah produksi jagung. Namun, para aktivis iklim tidak menyambut positif kabar keberangkatan penerbangan Virgin Atlantic dari Heathrow ke Bandara JFK pada pukul 11.30 GMT.

"Upaya sektor penerbangan saat ini untuk mempromosikan penerbangan ‘berkelanjutan’ adalah sebuah pengalihan perhatian dari kebutuhan mendesak untuk mengurangi penerbangan," kata Magdalena Heuwieser dari Stay Grounded, sebuah jaringan yang mengkampanyekan hasil ini.

Lalu, apa masalahnya dengan bahan bakar penerbangan berkelanjutan? Para penggiat berpendapat bahwa SAF tidak dapat diproduksi dalam skala yang cukup luas untuk mengurangi emisi karbon penerbangan secara signifikan, yang mencakup 2,5 persen dari total emisi karbon dunia. 

Sekitar 100 ribu penerbangan berangkat secara global setiap hari. SAF yang sudah dicampur bahan bakar jet tradisional dalam jumlah kecil, hanya menyumbang kurang dari 0,1 persen bahan bakar yang dikonsumsi dalam perjalanan ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengganti Bahan Bakar Tak Sebanding

"Pengganti bahan bakar hanyalah setetes kecil di lautan bahan bakar fosil," kata Heuwieser. "Hal-hal tersebut masih belum dapat diukur dalam jangka waktu yang diperlukan untuk menghindari keruntuhan iklim." 

Finlay Asher, seorang insinyur kedirgantaraan yang pernah bekerja untuk Rolls Royce – yang membuat mesin jet Boeing – mengatakan, "Penerbangan Virgin ini akan menggunakan bahan bakar yang diproduksi melalui proses yang merupakan jalan buntu teknologi: tidak dapat ditingkatkan secara berkelanjutan melebihi beberapa persen dari penggunaan bahan bakar jet yang ada."

Helena Bennett, kepala kebijakan iklim di Green Alliance UK, menambahkan bahwa persediaan minyak jelantah untuk membuat SAF terbatas dan sudah digunakan dalam biodiesel untuk moda transportasi lainnya. Industri penerbangan menyadari masalah ini. Shai Weiss, CEO Virgin Atlantic, mengakui jumlah SAF saat ini tidak mencukupi.

"Masalahnya adalah bagaimana kita mendapatkan produksi yang cukup di Inggris sebagai bagian dari revolusi industri dan yang lebih penting lagi di seluruh dunia," katanya kepada BBC.

Yang terpenting, meskipun industri mengatakan bahwa “emisi siklus hidup” SAF bisa mencapai 70 persen lebih rendah dibandingkan bahan bakar tradisional, pesawat yang menggunakan bahan bakar lama masih mengeluarkan karbon. 

 

3 dari 4 halaman

Alternatif Bahan Bakar Berkelanjutan Memungkinkan

Meskipun demikian, maskapai penerbangan memuji penerbangan tersebut sebagai bukti bahwa alternatif yang lebih berkelanjutan adalah mungkin. "Ini benar-benar satu-satunya cara untuk melakukan dekarbonisasi penerbangan jarak jauh selain memiliki armada termuda di angkasa," tambah Weiss.

Ia pun menyambung, "Ini adalah pencapaian yang sangat penting."

Penurunan pertumbuhan tidak ditanggapi secara serius oleh maskapai penerbangan. "Menganggap bahwa kita dapat secara ajaib menghilangkan penerbangan, menurut saya adalah hal yang sangat naif," kata Weiss saat menjawab pertanyaan pakar perjalanan Simon Calder, mengenai bagaimana dia menanggapi tuduhan greenwashing.

Raksasa minyak dan gas BP juga terlibat dalam proyek yang menerima pendanaan dari pemerintah Inggris. Penerbangan tersebut disetujui oleh regulator Inggris, Otoritas Penerbangan Sipil awal bulan ini setelah pengujian dan analisis. Tidak ada penumpang yang membayar pada penerbangan VS100, yang dijadwalkan mendarat di JFK pukul 14.50 EST - tetapi Anda dapat melacak perjalanannya secara online.

4 dari 4 halaman

Usaha Cathay Pacific Pakai Bahan Bakar Berkelanjutan

Sebelumnya, maskapai berbasis di Hong Kong, Cathay Pacific, bekerja sama dengan State Power Investment Corporation (SPIC) untuk mendorong pengembangan rantai pasokan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF) di China daratan. Pada Maret 2023, SPIC dan Cathay Pacific menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang mencakup empat pabrik SAF di bawah SPIC.

Disaksikan oleh Ketua SPIC Qian Zhimin dan Wakil Presiden Chen Haibin, Chief Executive Officer Cathay Pacific Group Ronald Lam, dan Chief Operations and Service Delivery Officer-designate Alex McGowan, MoU ditandatangani Ketua SPIC International Finance (HK) Co. Ltd. Yin Guoping dan General Manager Cathay Pacific Corporate Affairs Andy Wong di kantor pusat Cathay Pacific di Hong Kong, dari keterangan resmi pada Liputan6.com.

SAF diklaim sebagai bahan bakar penerbangan yang terbuat dari bahan baku berkelanjutan dan bisa mengurangi emisi karbon selama siklus hidupnya. SAF dibuat dari berbagai bahan baku, misalnya minyak jelantah, limbah padat, limbah kayu, tanaman cepat tumbuh, dan ganggang, menurut perusahaan minyak dan gas BP. 

Saat ini, industri penerbangan begitu membutuhkan bahan bakar jet karena memiliki kepadatan energi yang tinggi dan memungkinkan penerbangan jarak jauh. Di sisi lain, penggunaan bahan bakar jet secara tradisional meningkatkan emisi karbon. Dengan SAF, emisi karbon diklaim bisa berkurang hingga 80 persen selama siklus hidup bahan bakar, tergantung bahan baku dan metode produksinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini