Sukses

Cara Bepergian dari Jakarta ke Bandung dengan Bayar Tiket Kereta Hanya Rp45 Ribu, Penasaran?

Seorang pelancong mengungkap cara menghemat biaya perjalanan dari Jakarta ke Bandung dengan hanya membayar tiket kereta seharga Rp45 ribu saja.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang memilih perjalanan ke Bandung dari Jakarta dengan menumpang kereta api karena lebih menyenangkan dan santai. Apalagi, kini makin banyak pilihan, seperti yang terbaru kereta Whoosh yang melayani rute Jakarta-Bandung dan sebaliknya.

Namun ternyata, ada opsi lainnya menuju Kota Bandung dengan tarif kereta yang jauh lebih murah. Kereta itu sudah beberapa bulan beroperasi, namun kalah heboh dibanding promosi kereta cepat Whoosh. 

"Masih ada yang belum tahu kalau Bandung-Jakarta atau Jakarta-Bandung itu bisa ditempuh dengan naik kereta seharga 45.000 (rupiah). Karena gue termasuk ke dalam salah satu orang yang baru tahu juga," ungkap Aulia, pengguna TikTok dengan akun @auliaasitaa, yang diunggah pada 18 Oktober 2023.

Ia pun heran mengapa baru mengetahuinya, padahal kereta telah beroperasi sejak 2022. Namanya Kereta Api Cikuray. Kereta ini merupakan salah satu layanan yang disediakan PT KAI dengan rute Jakarta-Garut atau Garut-Jakarta.

Kereta tersebut berangkat dari Pasar Senen dan melewati Stasiun Bandung. "Sebaliknya gitu juga ya, ke Jakarta melewati Stasiun Bandung," lanjut Aulia. 

Kereta Cikuray hanya terdiri dari kelas ekonomi, sehingga semua tempat duduknya dijual dengan harga yang sama. Namun, layanan ini hanya tersedia satu kali perjalanan saja dalam sehari. Jamnya bisa dicek langsung di KAI Access.

"Jadi kita nggak bisa milih jam-nya," sambung Aulia. Ia juga menyebut meski harga tiket kereta murah, fasilitas umumnya tetap terjaga seperti toilet yang bersih. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berhenti di 13 Stasiun Kereta Api

Jadwal perjalanan Garut-Jakarta berangkat pada pagi hari, sedangkan untuk rute Jakarta-Garut berangkat pada malam hari. Ia pun memberikan tangkapan layar jadwal kereta api Cikuray yang terbaru.

Dari informasi yang tersaji, diketahui bahka Kereta Api Cikuray berhenti di 13 stasiun. Dari Garut ke Jakarta maupun arah sebaliknya, akan berhenti di Stasiun Cibatu, Stasiun Leles, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Bandung, Stasiun Cimahi, Stasiun Padalarang, Stasiun Purwakarta, Stasiun Cikampek, Stasiun Karawang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Pasar Senen.

Untuk pemesanan tiket, calon penumpang bisa mendapatkannya melalui situs resmi PT KAI hingga aplikasi pembelian tiket lainnya seperti Tiket.com maupun Traveloka. Konten yang disukai oleh lebih dari 68 ribu pengguna TikTok itu pun mendapat tanggapan.

"Jangan di spill, nanti tiket kereta abis," komentar seorang warganet.

Ada pula warganet yang mengomentari kapok, lantaran masih memakai kursi tegak, "Kapokkk, nggak tahan kalau seat itu"

"Ada yang lebih murah dari Cikarang Garut lewat Bandung Rp12 ribu," sambung yang lain.

"Gue yang dari Depok milih ke Sukabumi dulu naik Pangrango biar sekalian jalan-jalan," tulis warganet lain.

3 dari 4 halaman

Tips Naik Kereta Saat Libur Nataru

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, Rabu (29/11/2023), PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung berencana mengerahkan 506 petugas keamanan gabungan guna mengamankan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Jumlah tersebut terdiri dari 397 personil Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) dan security, serta 109 personil dari TNI - Polri termasuk 2 tim polisi pasukan anjing (K-9). 

Keterangan dari Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung, Takdir Santoso, pada masa angkutan Nataru 2023-2024 periode 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024, PT KAI Daop 2 Bandung akan menyiapkan 220.476 tempat duduk, dan 420 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) reguler keberangkatan dari stasiun wilayah Daop 2 Bandung.

"Hingga 21 November 2023, sebanyak 27.256 atau 12 petsen tempat duduk untuk Angkutan Nataru telah terjual," kata Takdir, Bandung, Selasa, 21 November 2023.

Takdir menuturkan satu bulan mejelang pelaksanaan Angkutan Nataru 2023-2024, PT KAI Daop 2 Bandung terus melakukan berbagai persiapan. Persiapan baik itu dari sisi sarana maupun prasarana terus dilakukan demi terselenggaranya Angkutan Nataru yang aman, lancar, dan terkendali.

4 dari 4 halaman

Pelayanan dan Keamanan

Pelayanan maupun keamanan juga menjadi fokus hal yang disiapkan oleh Daop 2 Bandung. Untuk pengamanan PT KAI Daop 2 Bandung meminta dukungan pengamanan dari Polda Jabar pada masa Angkutan Nataru 2023/2024 yang dimulai pada tanggal 21 Desember 2023 mendatang hingga 7 Januari 2024.

"Hal ini diperlukan untuk menciptakan rasa aman bagi para pelanggan KA, baik itu di stasiun maupun di atas KA. Setiap tahun, Daop 2 Bandung selalu melibatkan pihak Kepolisian dan TNI guna membantu pengamanan pada masa angkutan penting seperti Lebaran maupun Nataru," kata Takdir.

Permintaan itu disampaikan langsung Takdir saat pertemuan dengan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Akhmad Wiyagus, di Markas Polda Jawa Barat, pada Selasa, 21 November 2023.

Adanya permintaan itu Akhmad Wiyagus, menyambut baik kunjungan dari Daop 2 Bandung. Pihaknya pun mengapresiasi komitmen PT KAI Daop 2 Bandung dalam hal mengamankan masyarakat yang hendak bepergian menggunakan KA pada masa libur akhir tahun dengan menggandeng pihak TNI - Polri.

"Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat menggunakan KA, tentunya juga harus diimbangi dari sisi pengamanan, terutama ketika pada musim libur nanti. Polda Jabar bakal mendukung Daop 2 Bandung dalam pengamanan Angkutan Nataru 2023/2024," papar Akhmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini