Sukses

Studi: Semakin Mewah Pesta Pernikahan, Semakin Tinggi Kemungkinan Pasangan Bercerai

Beberapa orang meyakini bahwa mereka harus berusaha keras untuk membuat hari pernikahan mereka istimewa, sementara yang lain memilih untuk bijaksana dalam mengelola pengeluaran.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian terbaru mempertanyakan konsep menghabiskan sejumlah besar uang untuk pesta pernikahan dapat meningkatkan kekuatan hubungan. Hasilnya, penelitian ini menunjukkan bahwa pasangan yang mempertahankan pendekatan yang lebih praktis mungkin akan mencapai hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

Di tengah kebutuhan biaya yang tinggi untuk pernikahan, penelitian ini datang untuk mengubah pandangan umum. Beberapa orang meyakini bahwa mereka harus berupaya keras untuk membuat hari pernikahan mereka istimewa, sementara yang lain lebih memilih untuk cerdas dalam mengelola pengeluaran.

Menurut temuan penelitian ini, dilansir dari The Economic Times, 7 Agustus 2023, mereka yang mengadopsi pendekatan pesta pernikahan yang lebih sederhana berpeluang lebih besar untuk menjalin hubungan yang langgeng dan kemungkinan lebih rendah untuk mengalami perceraian. Ini merupakan sudut pandang baru yang dapat membuat kita merefleksikan kembali nilai sebenarnya dalam sebuah pernikahan.

Dilakukan oleh para pendidik ekonomi Andrew Francis-Tan dan Hugo M Mialon, penelitian ini meneliti pernikahan dan pengalaman perkawinan lebih dari 3.000 orang di Amerika Serikat.

Menurut laporan CNN, penelitian ini menunjukkan bahwa pengeluaran yang lebih tinggi untuk pernikahan dapat meningkatkan risiko perceraian. Menurut makalah para peneliti, di kalangan pria, pengeluaran antara Rp30,8 juta sampai Rp61,7 juta untuk cincin pertunangan terkait dengan risiko perceraian 1,3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan pengeluaran antara Rp7,7 juta sampai Rp30,8 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investasi untuk Bulan Madu

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pernikahan dengan anggaran di bawah Rp15,4 juta memiliki tingkat perceraian yang lebih rendah dibandingkan dengan pernikahan yang mengeluarkan lebih dari Rp308 juta, sehingga meningkatkan risiko perceraian di kalangan perempuan sebesar 1,6 kali lipat.

Meskipun mengeluarkan sejumlah besar uang untuk pesta pernikahan mungkin tidak dianggap ideal, penelitian mengungkap bahwa berinvestasi dalam bulan madu dapat menjadi langkah yang bijaksana. Memilih liburan pascanikah tidak hanya memberikan kebahagiaan, tetapi juga berkontribusi pada mengurangi kemungkinan perceraian.

Sementara itu, menurut laporan dari The Independent, penelitian tersebut juga menemukan bahwa penilaian terhadap penampilan fisik masing-masing pasangan memengaruhi keputusan menikah dan berkaitan dengan risiko perceraian.

"Menyatakan bahwa penampilan pasangan Anda memegang peran penting dalam keputusan untuk menikah terkait erat dengan durasi pernikahan yang lebih singkat, ungkap Profesor Mialon.

Bicara mengenai biaya pernikahan, sebelumnya, resepsi pernikahan mewah baru-baru ini viral di Tiktok. Pesta tersebut adalah acara pernikahan dari Ryan Harris dan Gwen Ashley. Pernikahan yang dijuluki "The Royal Wedding" itu digelar pada Sabtu, 18 November, 2023, di Grand Ballroom The Westin Hotel, Surabaya, Jawa Timur.

3 dari 4 halaman

Pernikahan Mewah Crazy Rich Surabaya

Dalam sebuah video TikTok yang diunggah oleh akun @junuskustedjo, pada Sabtu, 18 November 2023, menyebutkan dekorasi untuk pernikahan tersebut menghabiskan dana sebesar Rp75 miliar. Video tersebut menampilkan gedung resepsi yang dipenuhi oleh hiasan bunga bernuansa merah muda, langit-langit dan dinding dari ruangan tempat resepsi berlangsung juga dipasangi layar LED. 

Di awal video itu juga ditampilkan mobil Ferrari yang diparkir di dalam gedung, yang juga menjadi bagian dari dekorasi dari pernikahan tersebut. Kemewahan dari resepsi pernikahan ini bukan hanya dari segi dekorasi saja. Para selebriti papan atas turut menjadi penghibur di acara tersebut, baik dari Tanah Air maupun mancanegara.

Brian McFadden, eks personel Westlife; Keith Duffy personel Boyzone; dan Nicole Scherzinger menjadi artis internasional yang didatangkan secara khusus. Via Valen, Raisa, dan Lyodra juga tampil memeriahkan acara tersebut. Rangkaian acara resepsi dipandu oleh Raffi Ahmad dan Melany Ricardo sebagai MC.

Suvenir dari pernikahan tersebut diketahui adalah piring dan gelas buatan dari merek mewah asal Prancis, Hermes. Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Tiktok @Erni14, menampilkan cenderamata dari pernikahan tersebut yang dikemas di dalam sebuah kotak berwarna oranye yang menjadi ciri khas dari merek mewah itu.

Kotak suvenir bertuliskan nama dari kedua mempelai, yaitu Ryan dan Gwen. Di dalamnya terdapat kartu ucapan terima kasih untuk para tamu undangan yang menghadiri acara pernikahannya.

4 dari 4 halaman

Para Tamu Undangan Tidak Dimintai Amplop

Berbeda dari resepsi pernikahan kebanyakan, tamu undangan pada acara ini tidak diminta untuk memberikan uang atau hadiah. Hal ini disebutkan oleh Melaney Ricardo yang menjadi MC pada acara pernikahan itu, dalam sebuah video yang diunggah di akun Tiktoknya, yaitu @Melaney_Ricardo.

"Mereka itu tidak menerima angpau dalam bentuk uang ataupun hadiah, jadi yang diharapkan dari para tamu bukan hadiahnya, tapi kehadirannya," jelas Melaney. Namun,  ia menyebutkan bahwa jika para tamu undangan ingin memberi hadiah, mereka dapat mengirimkan bunga papan untuk pernikahan itu.

"Jadi, begitu saya sampai ke Surabaya kemarin, itu bunga papannya dari ujung jalan, sampai ke dalam gedung, itu berhamburan di mana-mana banyak banget guys," ungkapnya lagi.

Merespons unggahan tersebut, banyak warganet yang memberikan tanggapannya. Mereka berkomentar mengenai acara pernikahan mewah itu.

"sampai2 undang Nicole Scherzinger 😭 Pacar Gw 😭," tulis seorang pengguna.

"Crazy Rich Surabaya memang bukan kaleng"guys 🥰," tulis pengguna lain.

"aq cuma heran orang² bisa kaya banget gt gimana ya," tulis seorang warganet.

"sering flight pake Air Asia, siapa tau duitku ada di royal wedding itu yaa .. ikut menyukseskan 😂😂😂," ungkap seorang warganet sambil sedikit bercanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.