Sukses

Pacu Semangat Berkompetisi, HFLA Bali Kirim Pemenang Receptionist of The Year ke Perancis

Organisasi Hotel Front Liners Association Bali (HFLA) Bali kini tengah mempersiapkan pengiriman peserta kompetisi di tingkat internasional yang bertempat di Nice, Perancis.

Liputan6.com, Denpasar Organisasi Hotel Front Liners Association Bali (HFLA) Bali terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perhotelan di Bali.

Setelah sukses menggelar kompetisi “Receptionist of The Year 2023” atau ROTY 2023, HFLA Bali kini tengah mempersiapkan pengiriman peserta kompetisi di tingkat internasional yang bertempat di Nice, Perancis.

Ketua HFLA Bali, I Gusti Ngurah Putu Yudy Suardana menyebut peserta yang dikirim merupakan pemenang kompetisi ROTY 2022.

“Yang kita kirim adalah pemenang pada tahun 2022 dan kompetisi akan berlangsung pada bulan Februari 2024,” kata I Gusti Ngurah Putu Yudy Suardana, Sabtu (25/11/2023) saat acara pengumuman hasil ROTY 2023 di kampus Mediterranean, Bali.

Peserta yang dimaksud adalah Ni Wayan Yustia Winarti dari The Sanctoo Suite & Villa sebelumnya telah memenangkan kompetisi di tingkat nasional. Tujuan pengiriman peserta ini untuk menjaga kualitas SDM hotel sekaligus menyuntik semangat peserta.

“Pengiriman itu diharapkan akan memacu semangat peserta untuk terus berkompetisi sehingga kualitas SDM hotel di Bali akan tetap terjaga,” katanya.

Sementara itu ROTY 2023 telah dimenangkan oleh Putu Laura Prayusta dari Adiwana Bisma, Ubud yang juga memenangi kategori writing test dann best presentation. Runner up disabet oleh I Putu Jodi Juliana dari Adiwana Suweta dan Kadek Krisna Wijaya dari Fivelements Retreat Bali.

Putu Laura mengaku cukup terkejut dengan kemenangan itu meski dia sebelumnya telah berlatih keras untuk penampilannya di ajang ini, Dia sendiri sudah menjadi resepsionis sejak menjalani training di tahun 2021 dilanjutkan sebagai pekerja Daily Worker selama 1 tahun dan kini menjadi karyawan sejak bulan Maret 2023.

“Saya berharap akan lebih berprestasi lagi di tingkat nasional dan semoga bisa sampai di tingkat internasional,” sebutnya yang mengalahkan 51 peserta lainnya di ajang itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profesi Frontliners Hotel

Terkait kompetisi tersebut, Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali IGN Ray Suryawijaya menyatakan, profesi frontliners adalah posisi yang menentukan dalam menunjukkan citra pariwisata Bali. Jenjang ini juga bisa menjadi awal untuk karir yang lebih bagus di dunia perhotelan.

“Syaratnya harus mau belajar dan bekerja keras. Juga usahakan untuk menguasai bahasa asing lebih dari satu,” katanya.

Mengenai kualitas SDM Bali, kata dia, sebenarnya tak perlu diragukan lagi dari segi hospitality maupun indikator lainnya. SDM Bali juga mampu bersaing dengan ekspatriat yang mencari kerja di Bali hanya dengan mengandalkan kemampuan bahasa asingnya. 

“Kualitas itu tentu harus didukung dengan attitude yang baik serta disiplin yang tinggi,” tegasnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap dan mendapatkan update mengenai kompetisi ROTY, segera ikuti akun Instagram @hflabaliofficial.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini