Sukses

Jokowi Main Sepak Bola Lawan Pelajar Papua, Berkaus Putih dengan Nomor Punggung 23

Presiden Joko Widodo bermain sepak bola bersama pelajar di Lapangan Sepak Bola Sorido, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Rabu, 22 November 2023. Suasana kian semarak dengan kehadiran masyarakat yang berbondong-bondong menyaksikan permainan sepak bola tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain sepak bola bersama pelajar di Lapangan Sepak Bola Sorido, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Rabu, 22 November 2023. Suasana kian semarak dengan kehadiran masyarakat yang berbondong-bondong menyaksikan permainan sepak bola tersebut.

Dikutip dari siaran pers di laman presidenri.go.id, Kamis (23/11/2023), Jokowi terlihat mengenakan kaus warna putih bernomor punggung 23. Ia begitu antusias bermain sepak bola dengan para pelajar.

Semangat senada juga tampak dari para pelajar yang berasal dari sejumlah sekolah di Kabupaten Biak Numfor saat berusaha menggiring bola dan mencetak gol. Sejumlah menteri juga ikut serta dalam permainan itu, sebut saja Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang berada dalam satu tim dengan Jokowi.

Tak lama setelah permainan dimulai, Jokowi berhasil mencetak gol pertama. Masyarakat seketika penuh semangat mendukung orang nomor satu di Indonesia tersebut. Masyarakat berteriak, "Semangat Pak Jokowi."

Pelajar pun tidak kalah semangat dan berhasil menyeimbangkan kedudukan dengan skor imbang hingga akhir permainan. Dalam keterangannya usai permainan, Kepala Negara menyebut bahwa tujuannya mengajak para pelajar bermain sepak bola bersama adalah sebagai bentuk motivasi kepada bibit muda sepak bola di sana.

"Main bola tadi memotivasi agar anak-anak yang memiliki skill, yang baik itu bisa terdorong, termotivasi dengan baik," katanya.

Jokowi juga menjelaskan bahwa anak-anak yang memiliki skill dan potensi tersebut perlu dibangun sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar nantinya dapat berkembang dan ikut bertanding di tingkat nasional hingga internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukung Para Pelajar

"Memang bibit-bibit itu perlu dibangun dari yang paling bawah, usia dini, kemudian ada football academy untuk anak-anak dan remaja sehingga nanti bisa masuk ke U-14, masuk ke U-17, bisa masuk ke U-20, dan seterusnya," ucap Jokowi.

Ia menilai bahwa pembinaan dari dasar itu bertujuan untuk meningkatkan skill serta ketahanan fisik agar nantinya dapat bermain sepak bola dengan lebih baik. "Pembinaan itu memang harus dari dasar—dari bawah, untuk memperbaiki skill memperbaiki fisik, biar tahan main untuk dua ronde, plus mungkin tambahannya kalau fisiknya memang harus prima untuk main bola itu," jelasnya.

Melalui akun Instagramnya, Jokowi juga membagikan momen penuh semangat itu. Unggahan tersebut mengabadikan video ketika permainan sepak bola berlangsung.

"Dua minggu ini saya tidak berolahraga seusai lawatan ke luar negeri dan padatnya agenda di dalam negeri. Maka, dalam kunjungan ke Papua kemarin, saya pun berolahraga bersama para pelajar dari sejumlah sekolah di Kabupaten Biak Numfor. Kami bermain sepak bola di Lapangan Sepak Bola Sorido, Biak Numfor," tulisnya dalam kolom keterangan unggahan pada Kamis (23/11/2023).

3 dari 4 halaman

Presiden Harap Sail Teluk Cenderawasih Dorong Pengenalan Budaya dan Alam Papua

Jokowi menyebut bahwa Papua adalah beranda Indonesia di Kawasan Pasifik yang memiliki kekayaan alam berlimpah, salah satunya Teluk Cenderawasih yang memiliki ekosistem laut paling kaya di Indonesia. Ia berharap melalui acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023, potensi-potensi tersebut dapat diperkenalkan lebih luas lagi.

Hal ini disampaikannya dalam sambutannya di Puncak Acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023, yang digelar di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, pada Kamis (23/11/2023). "Kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cenderawasih, budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global," katanya.

Jokowi menilai bahwa acara Sail Teluk Cenderawasih tersebut juga dapat mendorong jumlah wisatawan hingga menumbuhkan minat investor untuk berinvestasi di Bumi Cendrawasih tersebut. "Ini akan mendorong jumlah wisatawan, akan mendorong event creator, akan mendorong minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua," demikian ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Lantunan Musik Ukulele Sambut Kehadiran Jokowi

Kehadiran Jokowi di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, pada Kamis (23/11/2023), disambut dengan meriah oleh para pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama, (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Biak Numfor.

Tiba sekira pukul 08.00 WIT, Jokowi disambut oleh para pelajar yang berbaris mengenakan pakaian sali. Mereka dengan penuh semangat menari dan menyanyikan lagu "Asai Bori Yambe & Yoper" dengan iringan alat musik ukulele yang dimainkan oleh mereka.

Melihat keceriaan para pelajar yang bernyanyi sambil memainkan ukulele, Jokowi pun tampak antusias dan mencoba turut serta memainkan ukulele. Terlihat Jokowi diajarkan oleh salah seorang anak memetik ukulele untuk memainkan lagu yang sedang mereka mainkan.

Kunjungan di kawasan Pantai Semau ini adalah untuk menghadiri rangkaian Puncak Acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023. Dalam puncak acara tersebut, Jokowi disuguhkan sejumlah penampilan hiburan dimulai dari persembahan tari kolosal Papua hingga parade kapal nelayan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini