Sukses

Momen Ganjar Pranowo Kunjungi Papua Barat, Kalungi Noken hingga Suapi Bocah SD

Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo membagikan deretan potret kunjungannya ke Papua Barat. Ia terlihat mengenakan busana serba hitam, topi khas Papua, dan mengalungi noken, tas tradisional dari Papua yang terbuat dari serat kayu.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo membagikan deretan potret kunjungannya ke Papua Barat. Ia terlihat mengenakan busana serba hitam, topi khas Papua, dan mengalungi noken, tas tradisional dari Papua yang terbuat dari serat kayu.

Pada unggahan yang dibagikannya pada Senin, 20 November 2023, kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah itu di Bumi Cendrawasih disambut dengan tarian. Para warga juga berbondong-bondong menyambut suami Atiqoh Supriyanti itu.

Saat mengunjungi Manokwari, Papua Barat, ada beberapa momentum yang diabadikannya. Sebut saja ketika ayah Alam Ganjar ini menyuapi seorang bocah SD hingga ramai-ramai berfoto dengan warga setempat.

"Cinta dari Papua untuk kita dan Indonesia," bunyi keterangan dalam unggahan itu.

Selain itu, ia juga menyambangi Sorong, Papua Barat. Dalam potret yang dibagikan, terlihat ia menggendong sembari mencium pipi bayi hingga bersalaman dengan warga setempat dengan melemparkan senyum manis.

"Dari kampung Kokoda Sorong Papua kita belajar bahwa ada adat yang jadi penguat, serta ada tradisi yang jadi pondasi negeri. Maka sekuat-kuatnya mesti kita jaga," tulisnya.

Kunjungan berlanjut ke Raja Ampat dan kedatangannya disambut tarian yang dibawakan oleh anak-anak. Terlihat juga potret seorang warga mengalungkan noken kepada Ganjar.

"Ini bukan sekadar tentang keindahan alam, Raja Ampat adalah ruang filosofis yang mengajarkan kita keseimbangan hidup sebagai makhluk Tuhan," ungkapnya.

Ganjar juga menulis, "Saling asih, saling asah dan saling asuh. Terimakasih saudara-saudara warga Sorong, Papua Barat. Kita memang mesti berjalan bersama, bergandeng tangan mewujudkan kemajuan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan Gultik Blok M Bareng Istri, Asyik Nyanyi Saat Pengamen Beraksi

Ganjar Pranowo kerap membagikan perjalannya keliling berbagai daerah. Salah satunya ketika ia singgah ke salah satu kuliner legendaris di kawasan Jakarta Selatan, yakni gulai tikungan atau gultik Blok M.

Dalam video singkat yang dibagikan, mengabadikan potret Blok M di malam hari. Kendaraan roda dua dan roda empat sibuk berlalu-lalang di depan mal sampai terlihat penjual minum keliling dengan semangat mengayuh sepedanya.

Video tersebut menunjukkan Ganjar Pranowo berjalan di tepi sembari memegang tangan istrinya, Atiqoh Supriyanti. Cuplikan menampilkan pula Ganjar disalami oleh seorang anak kecil dan bertukar obrolan sejenak.

Ganjar juga bersalaman dengan penjual gultik. Video lantas menampilkan dirinya dan istri membawa sepiring gultik dan kembali duduk di kursi yang ada di tepi jalan.

Ia beserta istri dengan lahap menyantap gultik. Terlihat pula di dekat mereka piring lain yang berisi ragam tusuk gorengan.

Tak lama, ada seorang pengamen yang beraksi menyanyikan lagu "Sesaat Kau Hadir" dari Utha Likumahuwa. Ganjar dengan semangat ikut bernyanyi sembari menggoyangkan kakinya.

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Berkunjung ke Pangandaran

Tujuan Ganjar lainnya adalah Pangandaran, Jawa Barat yang kedatangannya dijamu oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019, Susi Pudjiastuti.

Melalui akun Instagram pribadinya yang terverifikasi, ia mengabadikan deretan momen saat berkunjung. Saat itu, Ganjar terlihat mengenakan kemeja lengan panjang putih polos yang dipadu dengan celana panjang warna khaki.

Usai tiba di Pangandaran, ia dijemput langsung oleh Susi yang berkendara di balik kemudi. Keduanya tertangkap kamera tersenyum semringah di dalam mobil. Potret selanjutnya mengabadikan Ganjar dijamu dengan beragam sajian. Di atas meja terlihat lalapan, tempe dan tahu goreng, hingga olahan udang.

Susi juga menyendoki nasi ke piring Ganjar yang sudah terisi dengan sajian udang. Ayah satu anak ini turut mengungkapkan antusiasmenya dijamu oleh pemilik Susi Air tersebut.

"Ternyata bukan mitos. Yang paling ditakuti di dunia kelautan Indonesia memang sosok perempuan dari laut selatan. 😁 Makasih ya nek @susipudjiastuti115 . Hehehe.. Wonder women from Pangandaran," demikian tulisnya dalam unggahan yang dibagikan pada Selasa, 7 November 2023.

Keterangan unggahan itu pun dibalas oleh Susi yang menulis, "Enak aja nenek-nenek .. kelihatannya aja masih mudaan saya 😠😒."

4 dari 4 halaman

Momen Ganjar Pranowo Makan di Warung Favoritnya Saat ke Bali

Saat kunjungannya ke Bali, Ganjar mengungkap makanan favoritnya. "Saya kalau ke Bali selalu ke sini, makan di warung Men Weti. Makanan Bali emang top," tulis Ganjar di keterangan video di akun pribadi TikTok-nya @ganjarpranowo pada Jumat, 3 November 2023. 

Saat kunjungan ke warung tersebut, Ganjar langsung diserbu warga termasuk ibu-ibu yang minta foto bareng. Lokasi Warung Men Weti berada tepat di pinggir pantai di Jalan Sagara Ayu, Sanur Bali. 

Tampak dalam video warung itu menawarkan aneka lauk pauk khas untuk menu nasi campur khas Bali. Isiannya terdiri dari ayam suwir, ayam goreng utuh, telur rebus, kacang tanah, sambal dan lainnya.

Dengan lahap Ganjar menyantap nasi campur Bali yang dihidangkan bersama teh hangat. Ia ikut makan bersama pengunjung lain. Ia juga sempat dibawakan oleh-oleh oleh pemilik warung. 

Konten yang disukai oleh 9 ribu lebih pengguna itu pun mendapat komentar dari warganet salah satunya juga memberi ide kuliner lain di Bali. Banyak juga yang minta disapa langsung melalui akun media sosialnya itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini