Sukses

Viral Toilet Siswa di Sekolah Disebut Kamar Kecil Tercantik, Biaya Renovasinya Lebih dari Rp200 Juta

Tidak hanya tiga toilet, kamar mandi murid di sekolah ini juga dilengkapi dua bilik shower berdesain estetis.

Liputan6.com, Jakarta - Ada saja konten yang viral di media sosial setiap harinya. Di antara yang terbaru, publik mendapati video toilet murid di sekolah dalam visual tidak biasa. Alih-alih tidak terawat, kamar kecil ini justru berdesain mewah, bahkan disebut "toilet tercantik" di sekolah yang pernah dilihat warganet.

Mengutip Says, Kamis, 9 November 2023, rekaman yang dimaksud memperlihatkan toilet di sebuah sekolah dasar di Perak, Malaysia. Klip berdurasi dua menit itu dibagikan Fendy Daud, kontraktor yang mengubah toilet sekolah, di akun TikTok-nya, baru-baru ini.

Di video tersebut, ia awalnya memperlihatkan desain eksterior toilet yang didekorasi dalam warna monokrom modern, lengkap dengan lantai rumput sintetis. Fendy kemudian membuka pintu toilet, memperlihatkan area tempat duduk yang nyaman dengan dua kursi dan cermin rias besar di pintu masuk kamar mandi.

Dindingnya dipasangi ubin putih bersih, membuat ruangan terasa luas dan sedap dipandang mata. Kamar mandinya bahkan memiliki dua bilik shower dan tiga toilet. Di keterangan video, Fendy mengungkap bahwa renovasi kamar mandi sekolah itu menelan biaya lebih dari 70 ribu ringgit (sekitar Rp233 juta).

Berbicara pada Says, Fendy menceritakan bahwa ia direkrut Dinas Pendidikan Kabupaten (PPD) Hulu Perak untuk merenovasi toilet anak lelaki dan perempuan di SK Adika Raja. "Istri saya yang mengemukakan konsep dan ide desain interiornya. Menurut dia, ia memilih desain ubin untuk menciptakan kesan mewah dan elegan, seolah-olah para siswa sedang masuk ke hotel bintang lima," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toilet Sekolah yang Viral

Fendy menyinggung pentingnya menyediakan kamar mandi yang bersih agar siswa merasa bahagia di sekolah. "Bayangkan kalau kita harus bekerja di tempat yang kamar mandinya kotor dan tidak nyaman, saya rasa kita tidak bisa bekerja dengan tenang," tambahnya.

Sebelum ini, bahasan tentang toilet sekolah sudah sempat jadi sorotan online. Alih-alih karena desainnya, pemandangan dari toilet Sekolah Dasar Negeri Saenam, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, menyita perhatian saking menakjubkan.

Video viral itu dibagikan akun Instagram @leo_edw, Agustus 2023. Dari belakang toilet ini, hamparan laut biru dengan pasir putih lansung memanjakan mata. Perbukitan hijau dalam lanskap ini juga kian menambah indah pemandangan.

Di video itu juga terlihat bahwa meski bangunannya kokoh, halaman SD ini hanya berupa tanah dengan tiang bendera berdiri tegak. Toiletnya pun terkesan ala kadarnya, dengan dinding polos tanpa dicat. Namun, melangkah ke belakang bangunan, ada pemandangan yang siap memanjakan mata.

3 dari 4 halaman

Masih tentang Toilet, tapi ...

Masih soal toilet umum, tapi bukan terletak di sekolah, melainkan bandara. "Saya pergi ke Bandara Soekarno Hatta untuk terbang ke Hanoi," kata pemilik akun TikTok @klarawcroft di awal rekaman berdurasi 3 menit dan 55 detik yang viral di dunia maya.

Ia menyambung, "Saya pikir, banyak orang yang sudah pernah ke sana pasti melihat grup besar orang Indonesia yang pergi ke Timur Tengah untuk beribadah umrah maupun haji."

Di hari ia terbang, perempuan itu berkata, ia melihat grup jemaah umrah di bandara yang disebutnya tidak berbicara dalam bahasa Indonesia. "Oh jadi saya pikir, mereka pasti dari pulau lain atau dari desa tertentu," sebutnya. "Saya kemudian pergi ke toilet, dan itu cukup ramai."

Ia menyambung, "Saya sedang antre ketika saya mendengar teriakan. Saya menoleh, dan melihat pintu toilet terbuka. Di sana ada dua lansia, duduk (jongkong) di lantai, buang air kecil di lantai. Saya bingung, tapi bukan mereka yang berteriak, tapi staf kebersihan di toilet itu."

Ia menjelaskan bahwa perempuan-perempuan ini tidak pernah menggunakan "toilet Barat" sebelumnya. "Makanya mereka tidak tahu cara menggunakan. Jadi, saat masuk ke toilet, mereka akan jongkok di lantai," imbuh si TikToker.   

4 dari 4 halaman

Tunjukan Simpati

Si pengunggah melanjutkan, "Saya berdiri di sana dan merasa bersimpati, tapi juga mendapati kejadian itu lucu di saat bersamaan. Saya berusaha tidak melihat ke arah mereka, membuat mereka tidak merasa malu. Saya tidak tahu harus bereaksi seperti apa."

Video yang diunggah sejak Agustus 2023 ini kembali jadi sorotan, dan banyak warganet Indonesia meninggalkan komentar di sana. Kebanyakan dari mereka mengungkap simpati dan meminta ada edukasi khusus terkait penggunaan toilet duduk.

"Memang kadang susah buat masyarakat yang enggak biasa pake toilet duduk. Memang perlu ada edukasi saat bimbingan haji dan umroh gimana pake toilet publik," tulis salah satunya, sementara yang lain melanjutkan, "Sedih banget baca ini. Kebayang bingungnya mereka. Udah antre, kebelet, terus masuk toilet bingung."

"Sebetulnya ada juga pilihan toilet jongkok, tapi kalo udah kebelet dan yang kosong toilet duduk bingung juga," sahut pengguna berbeda. "Harusnya ketika jemaah tua mau ke toilet, pembimbing tanya, apa bisa pakai toilet duduk. Kalo enggak bisa, ya ditemani," yang lain menyarankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.