Sukses

Cara Pakai Tiket Kereta Whoosh untuk Pergi Gratis ke Berbagai Destinasi di Bandung

Sejak layanan kereta Whoosh beroperasi, berbagai promo menarik tersedia agar masyarakat makin tertarik mencobanya. Salah satu yang ditawarkan adalah tiket kereta Whoosh bisa dipakai untuk gratis mengunjungi berbagai destinasi di Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran moda transportasi kereta cepat Whoosh kini menjadi opsi untuk perjalanan yang lebih nyaman dan tepat waktu dari Jakarta menuju Bandung maupun sebaliknya. Sejak layanan kereta Whoosh beroperasi, sudah ada berbagai promo menarik agar masyarakat makin tertarik mencobanya.

Setelah sempat memberi diskon untuk harga tiket, PT KCIC juga memberi penawaran lainnya. Salah satunya adalah tiket kereta Whoosh bisa dipakai untuk gratis mengunjungi berbagai destinasi di Bandung.

"Lepas Rasa Pusing di Tepi Kota Healing. Halo, Sobat #SatSetWhoosh! Mimin punya kabar gembira untuk kamu yang pengen lepas penat dengan jalan-jalan GRATIS di Tepi Kota Healing. Karena penumpang Kereta Cepat Whoosh berhak dapat tiket masuk destinasi wisata andalan tersebut," tulis akun resminya @keretacepat_id di Instagram pada Senin, 6 November 2023.

Lalu, bagaimana caranya? Dijelaskan penumpang cukup menunjukkan tiket fisik maupun bukti transaksi di apps/web/email Kereta Cepat Whoosh. Terdapat aturan 1 tiket hanya berlaku untuk 1 orang. Promo berlaku sampai dengan H+15 dari tanggal di tiket. Dijelaskan bahwa promo ini berlaku hingga Oktober 2024, sehingga masih cukup panjang waktunya hampir setahun.

Kabar baiknya lagi, tiket yang sudah digunakan tetap dapat digunakan untuk menggunakan promo di destinasi wisata yang sudah bekerja sama dengan KCIC lainnya. Terdapat destinasi lainnya yang juga bisa mendapatkan akses gratis seperti ke destinasi wisata Tepi Danau yang juga berlaku hingga November 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Promo Tiket Kereta Whoosh Ikut Dongkrak Kunjungan Wisata

KCIC menghadirkan sejumlah promo gratis masuk ke destinasi wisata di Bandung dengan menggunakan tiket Kereta Cepat Whoosh. Promo yang ditawarkan ke penumpang berupa bebas masuk ke destinasi wisata Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market Lembang, dan The Great Asia Africa.

Mengutip dari Antara, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengklaim diberlakukannya promo tiket Kereta Cepat Whoosh telah mendongkrak jumlah pengunjung di sejumlah lokasi wisata di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat. Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangannya, Senin, 6 November 2023, menjelaskan kehadiran promo dengan destinasi wisata di Bandung ini direspons baik dari penumpang.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya penumpang yang telah memanfaatkan promo yang disediakan agar mengunjungi destinasi wisata populer di wilayah Bandung Raya.

"Sejak Whoosh beroperasi dan promo destinasi wisata dibuka, sejumlah lokasi wisata yang sudah bekerja sama mengakui adanya peningkatan pengunjung, hal tersebut terlihat berdasarkan data dari lokasi wisata yang mencatat jumlah penumpang yang memanfaatkan promo dengan memperlihatkan tiket Whoosh untuk free entry. Secara total jumlahnya mencapai lebih dari 2.500 penumpang," paparnya. 

3 dari 4 halaman

Promo Free Entry Berlaku sampai H+15 Keberangkatan

KCIC menyebut bagi masyarakat yang ingin mendapatkan promo itu, cukup tunjukkan tiket Kereta Cepat Whoosh, baik berupa fisik maupun QR Code ke petugas di destinasi wisata yang telah bekerja sama dengan KCIC. Satu tiket hanya berlaku untuk satu orang dan bisa digunakan ke seluruh destinasi yang tertera.

Tiket berlaku sampai dengan H+15 setelah keberangkatan perjalanan Kereta Cepat Whoosh dan promo tersebut berlaku hingga Oktober 2024. Dwiyana menyebutkan kerja sama dengan destinasi wisata tersebut secara tidak langsung meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Bandung dan sekitarnya.

"Hal ini menjadi salah satu bukti jika kehadiran Kereta Cepat Whoosh bukan hanya membantu mobilitas masyarakat namun juga memberikan dampak pergerakan ekonomi dan wisata," kata Dwiyana. Banyak penumpang yang berwisata ke Bandung di hari yang sama dengan menggunakan kereta paling pagi dari Stasiun Halim dan pulang kereta malam dari arah Stasiun Padalarang maupun Stasiun Tegalluar. 

 

4 dari 4 halaman

Animo Masyarakat Tinggi

Namun, KCIC juga menyebut ada pula penumpang yang pulang di hari yang berbeda. Hal tersebut membantu dalam hal peningkatan okupansi hotel di wilayah Bandung.

"Selain itu, banyaknya restoran, kafe, dan wisata kuliner pun terbantu adanya dengan kehadiran Whoosh. Hal tersebut terlihat dari banyaknya penumpang yang membawa oleh-oleh khas Bandung selama dalam perjalanan atau mem-posting kegiatannya sedang makan siang di Bandung, dan kembali ke Jakarta di sore atau malam hari," ujar Dwiyana.

Mengutip dari kanal News, Liputan6.com, Rabu, 8 November 2023, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh tembus hingga 18 ribu orang di satu hari, yaitu Sabtu, 4 November 2023. Jumlah ini menjadi rekor tertinggi selama Kereta Cepat Whoosh dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan animo masyarakat menggunakan kereta cepat Whoosh di akhir pekan sangat tinggi. "Adapun tujuan perjalanan masyarakat di akhir pekan mayoritas untuk berlibur, diikuti untuk urusan bisnis, bekerja, dan kepentingan lainnya," ujar Dwiyana dalam keterangannya, Minggu, 5 November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.