Sukses

Daftar Bangsawan Muda Eropa yang Rupanya Tak Kalah Elok dari Calon Ratu Spanyol Putri Leonor

Siapa lagi di antara bangsawan muda Eropa pendatang baru yang perlu Anda kenal setelah Putri Leonor?

Liputan6.com, Jakarta - Eropa masih dihinggapi demam "Leonormania" setelah Putri Mahkota Spanyol tersebut mencapai usia 18 tahun, yang disebut sebagai usia dewasa dan menghadirkan diri dalam peristiwa bersejarah, seperti lulus dari akademi militer dan mengambil sumpah sebagai pewaris takhta.

Melansir Euronews, Sabtu, 4 November 2023, hanya tersisa 12 kerajaan dan kepangeranan yang tersisa di Eropa. Namun, keturunan anggota keluarga kerajaan tetap menjadi sorotan publik yang signifikan.

Keluarga kerajaan Inggris, termasuk Ratu Elizabeth II dan Pangeran Charles, berperan penting dalam dunia kerajaan. Di samping itu, generasi penerus seperti Pangeran William dan Kate Middleton juga memiliki peran krusial, meskipun masih relatif muda. Situasi yang serupa dapat ditemui di Kerajaan Nordik.

Di daratan Eropa, terdapat sejumlah bangsawan muda yang memiliki wajah segar dan bersemangat, tak kalah dari Putri Leonor, untuk menjalankan peran mereka dalam pelayanan kerajaan. Mereka dinilai yang dapat menginspirasi para penggemar monarki di seluruh Eropa dan bahkan di luar benua ini.

1. Pangeran Nikolai dari Denmark

Meskipun menempati urutan ketujuh dalam garis suksesi takhta Denmark, popularitas seorang pria berusia 24 tahun dari negara tersebut jauh melampaui akar kerajaannya. Pangeran Nikolai, cucu dari Ratu Margrethe II yang saat ini berkuasa, mungkin lebih dikenal karena prestasinya di dunia modeling.

Keunikan wajahnya dengan tulang pipi yang tajam telah membuatnya mencuri perhatian. Nikolai membuat debutnya di panggung catwalk pada 2018 dalam ajang London Fashion Week untuk merek legendaris asal Inggris, Burberry.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Deretan Bangsawan Muda

Sejak saat itu, ia telah menjadi "wajah utama" dari rumah mode mewah Prancis, Dior Homme, terutama dalam koleksi yang dirancang oleh sutradara kreatif terkenal, Kim Jones. Nikolai juga sering muncul dalam berbagai pertunjukan dan juga menjadi bintang dalam beberapa kampanye mereka.

Meskipun memiliki darah biru, Nikolai sering kali diapresiasi karena sifat rendah hatinya. Ketika muncul di sampul majalah Vogue Ukraina, ia berbagi pemikirannya.

"Pertama-tama, saya tidak tahu seperti apa rasanya menjadi orang biasa, bukan anggota keluarga kerajaan. Saya memiliki masa kecil yang sangat istimewa, bisa dibilang sangat spesial, dan saya sangat bersyukur akan itu. Sekarang, saya menjalani kehidupan biasa yang sangat menyenangkan. Satu-satunya hal adalah bahwa orang selalu mengenali saya."

2. Putri Eloise dari Belanda

Eloise, pewaris takhta kelima Belanda, memiliki gelar sebagai seorang countess (tingkat menengah) dan merupakan cucu dari mantan Ratu Beatrix. Tetapi yang membuatnya menonjol adalah pendekatannya yang sangat modern dalam hidupnya. Dia dikenal dengan julukan "ratu selfie" berkat 425 ribu pengikutnya di Instagram per Sabtu, 4 November 2023.

Eloise tampaknya menggunakan platform ini untuk menyuarakan pesan penting, terutama dalam mendukung keberlanjutan di industri fesyen. Sebagai anggota Generasi Z yang otentik, Eloise juga berperan sebagai seorang influencer di dunia mode dan kecantikan di Instagram, bahkan menjual pakaian vintage melalui akun pribadinya di @eloisevanoranje.

Eloise telah mencapai puncak karier yang menjadi impian banyak "pembuat konten". Pada awal tahun ini, dia menjadi juri di acara reality show Belanda, Nikkie’s Makeup Mansion, dengan sepuluh profesional kreatif bersaing untuk memperebutkan hadiah utama. Ia juga sempat merilis buku berjudul "Learning By Doing," yang berisi tentang topik makanan, perjalanan, dan pakaian, serta menjawab pertanyaan dari penggemar media sosialnya, pada 2021.

Eloise adalah putri dari Pangeran Constantijn dan Putri Laurentian dari Belanda, dan merupakan keponakan dari Raja Willem-Alexander yang berkuasa. Meskipun secara resmi Eloise tidak lagi menjadi anggota keluarga kerajaan inti setelah neneknya, Ratu Beatrix, turun takhta pada 2013, dia tetap mempertahankan daya tariknya karena ikatan keluarga yang sangat bergengsi.

3 dari 5 halaman

3. Putri Alexandra dari Luxembourg

Alexandra, yang berusia 32 tahun, adalah satu-satunya putri dari Grand Duke dan Duchess dari Luxembourg. Awalnya, ia dikeluarkan dari garis suksesi negara kecil tersebut hingga pada 2011, ketika hak anak sulung diadopsi sebagai bagian dari keturunan Grand Duke Henri.

Dalam istilah yang lebih mudah dimengerti, ini berarti bahwa hanya anak sulung dari seorang pemimpin kerajaan yang dapat menjadi pewaris takhta. Sejak keputusan tersebut dikeluarkan, Alexandra kini berada di urutan keenam pewaris takhta Luxembourg.

Dia adalah seorang akademisi yang telah belajar di berbagai tempat di belahan dunia, seperti belajar di Universitas Fransiskan Steubenville di Amerika Serikat dan di Paris tempat dia mendalami filsafat. Alexandra menyelesaikan studinya di Trinity College, Dublin pada 2017, dan memenangkan penghargaan dari Sekolah Ekumenis Irlandia atas gelarnya dalam Studi Antaragama dengan spesialisasi dalam resolusi konflik.

Selain kecerdasannya, Alexandra dikenal sebagai pemain tenis yang rajin dan juga bekerja sukarela dengan mengajar para pengungsi. Pada November 2022, dia mengumumkan pertunangannya dengan Nicolas Bagory, dan pasangan tersebut kemudian menikah pada bulan April tahun yang sama.

4. Putri Alexandra dari Hanover

 

Alexandra sebenarnya berada di urutan ke-13 dalam garis suksesi takhta kerajaan Monaco. Ia adalah keponakan dari penguasa Monaco, Albert II, dan putri dari Putri Caroline dari Monaco, yang dikenal sebagai inspirasi mendiang Karl Lagerfeld.

Alexandra juga memiliki hubungan keluarga yang luar biasa, sebagai cucu mendiang aktris legendaris Grace Kelly, meskipun sang aktris meninggal sekitar 17 tahun sebelum kelahiran Alexandra. Meskipun keluarganya terkenal di dunia hiburan, bangsawan muda ini telah mengejar karirnya sendiri sebagai atlet. Dia telah lama memantapkan dirinya sebagai seorang skater junior berprestasi dan bahkan mewakili Monaco di European Youth Olympics.

Selain prestasinya dalam olahraga, Alexandra juga telah membangun reputasi sebagai seorang fashionista. Dia sering terlihat duduk di barisan depan di peragaan desainer ternama seperti Stella McCartney, Dior, dan, tentu saja, Chanel. Dengan latar belakang keluarga aristokrat dari pihak ayahnya, Ernst August von Hannover, Alexandra memiliki hubungan darah dengan Ratu Victoria dari Inggris dan Raja Christian IX dari Denmark.

4 dari 5 halaman

5. Pangeran Georg dari Liechtenstein

Sebagai anggota keluarga kerajaan terkaya di Eropa dan pewaris takhta ketiga, Georg sering menduduki daftar "paling memenuhi syarat" di seluruh benua. Georg adalah putra kedua dari Pangeran Alois dan Putri Sophie dari Liechtenstein, dan memiliki dua kakak laki-laki, Pangeran Joseph dan Putri Marie-Caroline, serta satu adik laki-laki, Pangeran Nikolaus.

Sophie, meskipun memiliki keturunan kerajaan Liechtenstein, dikecualikan dari garis suksesi karena hukum bangsawan Liechtenstein yang mendiskriminasi perempuan. Namun, Georg dan saudara-saudaranya tidak perlu merasa terlalu putus asa dengan posisi mereka, terutama mengingat kakek mereka, Pangeran Hans Adam II yang berkuasa, melaporkan rekor aset Grup LGT pada awal tahun ini.

Aset perusahaan tersebut mencapai 306 miliar franc Swiss, yang setara dengan Rp5,3 triliun. Dengan kekayaan seperti itu dalam keluarga mereka, Georg dan saudara-saudaranya memiliki landasan finansial yang sangat kuat untuk masa depan mereka dalam keluarga Kerajaan Liechtenstein.

6. Victoria de Marichalar y Borbón

Victoria de Marichalar y Borbón adalah sepupu dari calon Ratu Spanyol Putri Leonor. Victoria juga telah menjadi favorit penggemar bangsawan Eropa.

Sebagai keponakan Raja Felipe VI yang berkuasa, Victoria berada di urutan kelima dalam pewaris takhta Spanyol, setelah sepupunya, Putri Leonor, Infanta Sofía (adiknya), Infanta Elena (ibunya), dan saudara laki-lakinya, Felipe. Meskipun peluangnya untuk menjadi penguasa Spanyol dalam waktu dekat mungkin kecil, wanita berusia 23 tahun ini telah mengambil kesempatan untuk membangun popularitasnya di dunia media sosial.

Dengan kehadiirannya di komunitas online, termasuk 264 ribu pengikut di Instagram per Sabtu, 4 November 2023, Victoria dengan cepat menjadi salah satu "It girl" paling populer di Eropa dalam kancah sosial media. Dia terkenal karena cintanya pada dunia fesyen, sering dibandingkan dengan bibinya yang penuh gaya, Ratu Letizia, yang diakui sebagai salah satu berpenampilan terbaik saat penobatan Raja Charles dan Camilla di Inggris pada bulan Mei 2023 lalu.

Selain eksistensinya yang kuat di platform-media sosial, Victoria juga membuat sensasi di TikTok melalui penampilannya dalam video yang diposting oleh bintang pop Spanyol Omar Montes. Video tersebut ditonton jutaan kali hanya dalam waktu 24 jam.

Selain keberhasilannya di dunia maya, Victoria juga populer dalam kehidupan nyata. Ia sering muncul dalam acara-acara pekan mode terkemuka dan menjalin kerja sama dengan merek-merek ternama seperti Longchamp yang ia promosikan di media sosialnya.

5 dari 5 halaman

7. Ferdinand Zvonimir von Habsburg, Adipati Agung dari Austria

Jika Kekaisaran Austro-Hongaria masih eksis, Ferdinand akan menjadi pewaris takhta wilayah tersebut. Namun, kakeknya, Otto von Habsburg, adalah putra mahkota terakhir Austria-Hongaria yang memerintah hingga kekaisaran itu dibubarkan pada November 1918.

Meskipun keluarga Habsburg tetap berpengaruh di seluruh Eropa, Ferdinand telah memutuskan untuk membangun reputasi di bidang yang berbeda dari yang lainnya. Selain memegang peran sebagai pewaris dinasti, ia adalah seorang pembalap motor sukses.

Saat ini, Ferdinand berkompetisi di Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA bersama Tim WRT dan di Seri Le Mans Eropa dengan Prema. Pada 2021, Ferdinand meraih kemenangan dalam ajang 24 Hours of Le Mans dan FIA World Endurance Championship di kelas LMP2.

Meskipun pada suatu hari nanti dia akan menjadi kepala House of Habsburg, Ferdinand tampaknya sangat menikmati karier balap mobilnya dan telah membangun citra sebagai ikon gaya masa kini.

8. Lady Louise Windsor

Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, dan akan berusia 20 tahun tak lama lagi, Lady Louise Windsor adalah salah satu cucu mendiang Ratu Elizabeth II yang paling tidak dikenal di antara publik. Sebagai anak tertua dari Pangeran Edward dan Sophie, Duchess of Edinburgh, Louise saat ini sedang mengejar studi bahasa Inggris di Universitas St Andrew di Skotlandia, yang merupakan almamater favorit para bangsawan.

Pasca-kuliah, belum jelas apa peran yang akan diemban oleh Louise dalam keluarga kerajaan. Raja Charles telah menyatakan keinginannya untuk "merampingkan" monarki, sehingga tampaknya Louise dan saudara laki-lakinya yang berusia 15 tahun, James, kemungkinan besar tidak akan menjadi anggota keluarga kerajaan yang berperan dalam tugas resmi di masa depan.

Mungkin kita akan melihat sisi rendah hati yang kuat dalam diri Louise, dan ia mungkin memilih menjalani kehidupan yang lebih "normal" dengan pekerjaan di luar kerajaan. Namun, kita tidak boleh melupakan bahwa semua bangsawan ini masih sangat muda dan perjalanan mereka untuk memantapkan diri dalam masyarakat baru dimulai.

Dalam kerajaan, selalu ada kelahiran anggota bangsawan baru yang menarik perhatian, seperti yang diungkapkan oleh bangsawan Inggris, Lady Victoria Hervey, dalam wawancara dengan Euronews.

"Elisabeth dari Belgia adalah contoh yang masih muda dan anggun yang baru-baru ini muncul ke permukaan. Dan yang perlu diwaspadai di masa depan adalah saudara kembar Pangeran Albert dari Monako dan, tentu saja, anak-anak Pangeran William," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.