Sukses

ParagonCorp Donasikan Rp1 Miliar untuk Warga Palestina, Gandeng Baznas untuk Penyalurannya

Bantuan untuk warga Palestina di Gaza akan disalurkan Baznas secara bertahap, mulai pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menerima donasi kemanusiaan untuk Palestina dari ParagonCorp sebesar Rp1 miliar beserta bantuan hygiene kit berupa sampo dan sabun produksi label kosmetik tersebut. Penyerahan donasi secara simbolis dilakukan di Gedung Baznas, Jakarta, Kamis, 2 November 2023.

Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menjelaskan pada tahap pertama, Baznas akan mengirimkan bantuan kemanusiaan sebanyak 21 ton. Isinya terdiri dari bahan makanan, obat-obatan, alat kesehatan, kebutuhan anak-anak dan perempuan, serta selimut, mengingat musim dingin akan segera tiba.

"Insya Allah dalam waktu dekat Baznas juga akan mengirimkan tim untuk terjun langsung ke Gaza, Palestina, melalui pintu Rafah, Mesir. Saat ini kami sedang mengurus perizinan dan melakukan koordinasi dengan Bulan Sabit Merah Mesir," ucap Saidah dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (3/11/2023).

Saidah berterima kasih atas bantuan tersebut. Ia berharap bantuan itu memberi harapan dan kebahagiaan bagi masyarakat Palestina di Gaza. Di samping, ia juga meyakini ParagonCorp berkomitmen jelas terhadap kemanusiaan, karena mereka telah berkolaborasi dalam berbagai gerakan.

"Terkait Palestina, Baznas dan ParagonCorp telah memberi beasiswa untuk anak-anak Palestina yang kita kuliahkan di Indonesia. Ada tujuh mahasiswa yang kuliah di Unhas," ujar Saidah.

Di kesempatan tersebut, Executive Vice President and Chief Administration Officer ParagonCorp Miftahuddin Amin mengapresiasi Baznas yang telah mendukung ParagonCorp menyalurkan dana bantuan kemanusiaan.

"Mudah-mudahan ParagonCorp bersama BAZNAS semakin erat, insya Allah ini bantuan tahap pertama untuk membantu masyarakat Palestina. Kami berupaya memberi kebermanfaatan bukan hanya untuk sekitar, tapi juga dunia," kata Miftah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajakan Berdonasi

Miftah berharap, bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat Palestina. Pihaknya juga berupaya untuk memberikan bantuan-bantuan lain yang dibutuhkan untuk membantu masyarakat Gaza, Palestina.

BAZNAS mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada di bawah serangan Israel. Bantuan dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.

Selain Baznas, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) juga siap mengirim bantuan kemanusiaan untuk Palestina pekan ini. Ketiga lembaga tersebut difasilitasi dari Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI). 

"Yang sekarang masih kita lakukan, koordinasi intensif antara pemerintah Indonesia dengan wakil masyarakat, dalam hal ini lembaga kemanusiaan seperti PMI dan lembaga-lembaga zakat. Kita berkoordinasi untuk mengumpulkan bantuan yang akan dikirimkan ke Gaza," ujar Juru Bicara Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal dalam pernyataan pers, Rabu, 1 November 2023, dikutip dari kanal Global Liputan6.com. 

Hal ini sejalan dengan mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong agar Indonesia berkontribusi dalam mengirimkan bantuan kepada masyarakat sipil di Gaza.  "Karena ini perintah presiden, kami masih berkoordinasi intensif mengenai bantuannya. Yang jelas presiden memerintahkan kepada menteri luar negeri untuk mengkoordinasikan pengiriman bantuan bagi Gaza, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat," sambung Iqbal. 

 

3 dari 4 halaman

Bantuan Kemanusiaan yang Sudah Terkumpul

Ketiga lembaga termasuk PMI, Baznas dan IHA telah mengumpulkan dana serta bantuan yang siap dikirimkan akhir pekan ini. PMI berhasil menyiapkan bantuan kemanusiaan senilai Rp2,9 miliar yang akan dikirimkan ke Gaza. Bantuan tersebut akan dikirim ke Bandara Halim Perdana Kusuma pada Jumat (3/11/2023).

"Apa saja yang kita kirimkan ke Gaza tentu itu yang diperlukan oleh Palang Merah Mesir, yang akan menjadi pelaku utama menyalurkan bantuan ini ke UNRWA untuk masyarakat di Gaza," ujar perwakilan PMI Niniek Kun Naryatie.

Bantuan itu, kata Niniek, terdiri dari hygiene kit dan genset, sementara pihaknya masih menunggu persetujuan untuk dapat mengirimkan tabung oksigen ke sana. Di lain pihak, Aliansi Kemanusiaan Indonesia (IHA) berhasil mengumpulkan bantuan dari masyarakat Indonesia senilai Rp5 miliar, yang akan dikirimkan ke Gaza secara bertahap. 

"Untuk periode pertama dukungan kami melalui pemerintah yang akan dikirimkan akhir pekan ini sekitar Rp2,5 miliar," tutur perwakilan IHA Ali Yusuf. 

Ali mengatakan bahwa bantuan itu termasuk makanan siap saji yang awet hingga enam bulan, selimut dan matras.  Sementara dari Baznas, pihaknya melaporkan telah berhasil mengumpulkan dana senilai lebih dari Rp10 miliar. Untuk bantuan yang dikirimkan dalam tahap pertama, Baznas menyiapkan makanan-obat-obatan, hygiene kit, pakaian dingin dan selimut. 

 

4 dari 4 halaman

Penggalangan Dana dengan Menjual Kaus

Upaya kemanusiaan juga diusahakan grup musik Ali yang menggalang dana dengan merilis merchandise spesial dengan keuntungan sepenuhnya didonasikan untuk Palestina. Hal tersebut diumumkan grup musik yang beranggotakan Arswandaru, John Paul Patton, dan Absar Lebeh ini melalui akun Instagram Ali, @ali__radio.

Dalam unggahan yang dibagikan pada Selasa, 31 Oktober 2023 itu, terlihat desain t-shirt tampak depan dan belakang. Pada bagian atas gambar disertakan pula tiga garis warna merah, hitam, putih, dan hijau yang merupakan warna dari bendera Palestina.

T-shirt putih itu dihiasi dengan logo Ali Radio pada tampak depan dan bertuliskan "Music is Power" pada bagian belakang dengan huruf "O" diwakilkan lambang perdamaian.

"All profits of this t-shirt design will be donated to the Embassy of Palestine in Indonesia. T-shirt will be available very soon (sometime this week). Stay tuned! (Seluruh keuntungan dari kaos dengan desain ini akan didonasikan ke Kedutaan Besar Palestina di Indonesia. T-shirt akan segera tersedia (sekitar minggu ini). Pantau terus!)" bunyi keterangan unggahan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini