Sukses

Viral Anggota DPR Kompak Pakai Syal Tanda Beri Dukungan untuk Palestina

Dalam unggahan di Instagram terlihat para anggota DPR kompak berfoto menggunakan syal solidaritas Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Ada momen menarik saat rapat paripurna ke-8 DPR Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023, kemarin. Para anggota DPR-RI terlihat kompak memakai syal Palestina di dalam ruangan rapat paripurna.

Kekompakan para anggota DPR RI itu diunggah di akun Instagram resmi DPR RI @dpr_ri pada Selasa, 31 Oktober 2023. "Para Anggota DPR RI kompak mengenakan syal Palestina saat menggelar Rapat Paripurna DPR RI Ke-8 dengan agenda Pidato Ketua DPR RI pada Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (31/10/2023).,” tulis keterangan unggahan.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Lodewijk F Paulus, dan Rahmat Gobel. Di dalam unggahan terlihat kumpulan foto para anggota DPR kompak berfoto menggunakan syal solidaritas Palestina.

Mereka memakai dan menunjukkan syal tersebut di ruang sidang hingga di luar ruang sidang. Kemudian, di dalam unggahan dijelaskan bahwa syal yang dibagikan oleh sebuah yayasan.

"Para Anggota DPR RI antusias menggunakan syal Palestina yang dibagikan oleh Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP) bekerja sama dengan Grup Kerjasama Bilateral Indonesia-Palestine di depan ruang rapat,” tulis keterangan unggahan.

Dalam kesempatan itu Direktur YPSP Ahed Abo Al Atta membagikan syal kepada para anggota DPR. Dia terlihat mengalungkan syal tersebut kepada para setiap anggota DPR yang akan memasuki ruang rapat Paripurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pujian untuk Anggota DPR

"Kami mengucapkan terima kasih kepada DPR. Kami dari lembaga Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban fokus pada edukasi isu-isu ke Palestina," ucap Ahed, dikutip dari kanal Photo Liputan6.com, Selasa, 31 Oktober 2023.

Unggahan di akun Instagram resmi DPR RI itu viral dan mendapat banyak pujian dari warganet. Tapi ada juga yang salah fokus dengan gambar bendera yang dianggap lebih mirip bendera Uni Emirat Arab (UEA).

"Baru kali ini bangga ama dpr,” komentar seorang warganet.

"Tolong selamatkan palestina... tolong selamatkan anak2 palestina.. bawa ke indonesia...," tulis warganet yang lain.

"Ada kah langkah kongkret buat membantu membela Palestina," ujar warganet lainnya.

"Kita semua bersama Palestina. & masih disini. Kapan kirim pasukan untuk membantu Palestina berjuang @dpr_ri ?" tanya warganet lainnya.

"Oh iya benderanya salah :') itu UAE, kalo Palestina ada segitiga merahnya," timpal warganet lainnya.

Perang Israel dan Palestina yang semakin parah setiap harinya juga membuat banyak masyarakat ikut buka suara. Melalui media sosial, tak sedikit warganet yang menyerukan mengenai genjatan senjata demi alasan kemanusiaan. Bahkan, beberapa selebritas Tanah Air juga turut mendukung Palestina.

3 dari 4 halaman

Para Artis Indonesia Dukung Palestina

Salah satunya adalah aktris muda Syifa Hadju. Beberapa waktu lalu Syifa Hadju menjadi sorotan karena ikut dalam aksi bela Palestina. Aksi Syifa yang dengan berani secara terang-terangan membela Palestina ini mencuri perhatian warganet.nBahkan, dirinya juga tak mempermasalahkan jika kehilangan pekerjaan.

Syifa juga mengaku sempat menolak ajakan kerja sama dari beberapa brand yang ia tahu telah mendukung Israel. "Kemarin ada brand yang enggak jadi kerja sama atau ada beberapa brand yang aku tau pro ke sana (Israel), akhirnya aku tolak tawarannya. Aku merasa daripada enggak berkah, enggak sih? Ya sudah ini emang jalan dari Allah kalau memang akhirnya bukan rezeki buat aku berarti memang bukan hal yang baik untuk aku," ujar Syifa Hadju, dilansir dari kanal Hot Liputan6.com.

Produser sekaligus musisi Melly Goeslaw juga diketahui memberikan dukungannya untuk warga Palestina. Melalui media sosial, dirinya juga beberapa kali mengunggah video mengenai kondisi di Jalur Gaza. 

4 dari 4 halaman

Zaskia Adya Mecca dan Atta Halilintar Ikut Dukung Palestina

Bukan itu saja, Melly juga turut menggalang donasi serta menjual berbagai barang yang dimiliki dengan keuntungan yang akan diberikan untuk masyarakat Palestina bertajuk 'Melly Goeslaw Preloved for Palestine'. Zaskia Adya Mecca juga secara terang-terangan memberikan dukungan untuk Palestina. Melalui media sosial, istri Hanung Bramantyo ini juga kerap membagikan keprihatinannya atas perang Israel dan Palestina Ia juga sempat mengikuti aksi bela Palestina di jalanan.

Keprihatinan atas kondisi di Palestina terutama jalur Gaza juga diungkapkan oleh Atta Halilintar. Bahkan, suami Aurel Hermansyah ini mengungkapkan ingin mengadopsi anak-anak Palestina. Atta juga membagikan video yang memperlihatkan kondisi anak-anak Palestina yang menjadi korban perang lewat media sosial.

Influencer Dara Arafah juga memberikan dukungannya untuk Palestina. Hal ini juga terlihat saat dirinya tengah menjalani latihan memanah sekaligus berkuda dengan membawa bendera Palestina. Bukan itu saja, melalui Instagram Stories, Dara bahkan mengungkapkan kekecewaannya saat melihat masih banyak temannya yang mendukung Israel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.