Sukses

Upaya Melestarikan Perkebunan kopi yang Nyaris Hilang Akibat Konflik Politik hingga Bencana Alam

Agar varietas kopi tidak punah, sejumlah cara dilakukan komunitas atau bahkan brand yang fokus pada industri kopi. Salah satunya Nespresso yang membuat program berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan serta masyarakat adat.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam varietas kopi di dunia. Setiap varietas punya rasa dan aroma yang khas sesuai dengan lingkungan tempat tanaman itu tumbuh. Agar varietas kopi tidak punah, sejumlah cara dilakukan komunitas atau bahkan brand yang fokus pada industri kopi.

Salah satunya Nespresso yang memiliki program AAA Sustainability Quality yang sudah berjalan 20 tahun. Program ini didirikan dengan tujuan membuat pertanian dan pengadaan kopi (coffee sourcing) yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan serta masyarakat adat.

Tujuannya guna mewujudkan dampak nyata dan jangka panjang dalam melindungi masa depan kopi. Terutana perkebunan kopi yang nyaris hilang karena konflik politik, ekonomi, dan juga bencana alam.

"Selama 20 tahun, program AAA telah menjadi landasan bisnis Nespresso menuju pertanian regeneratif. Kemudian, program ini telah menjadi peran penting dalam menghidupkan kembali varietas kopi yang terancam punah dari seluruh dunia, sehingga para penggemar kopi dapat lebih mudah menikmati dan mengapresiasi profil rasa kopi yang unik," terang Mark Senior, selaku Senior Vice President dari Kanmo Group, distributor resmi Nespresso di Indonesia, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 26 Oktober 2023.

Program AAA Sustainability Quality memiliki pendekatan pertanian berkelanjutan yang disesuaikan dengan daerah asal perkebunan kopi. Program ini dibuat bersama dengan organisasi nirlaba internasional Rainforest Alliance pada 2003 lalu dengan tiga pilar inti, yaitu kualitas, budaya sosial dan lingkungan alam (socio-culture), serta produktivitas.

Ketiga pilar ini juga mencakup tiga penggerak strategis milik AAA yaitu kualitas, regeneratif, dan inklusivitas. Lewat program ini, Nespresso berusaha menawarkan kerangka teknis guna mendukung petani lokal dalam menciptakan pertanian berkelanjutan, yang akan menghasilkan kopi dengan kualitas dan kuantitas tinggi.

Program AAA ini juga menjadi platform bagi Nespresso untuk membangun hubungan jangka panjang dengan para komunitas petani. Tujuannya agar mereka dapat mengembangkan solusi inovatif bersama menuju pertanian yang tangguh dan tahan terhadap perubahan, sehingga memastikan mata pencaharian yang berkelanjutan bagi para petani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libatkan 150 Ribu Petani Kopi di 18 Negara Termasuk Indonesia

Kepedulian terhadap kopi, komunitas, dan lingkungan alam mendorong mereka untuk membuat program AAA Sustainability Qualit. "Program ini didesain untuk memastikan persediaan kopi berkualitas dalam jangka panjang melalui rangkaian pelatihan yang memberdayakan petani. Sehingga, program ini dapat memberikan kualitas kopi premium dalam jumlah lebih besar melalui praktik yang berkelanjutan," jelas Fabio De Gregorio selaku, SEA Business Development Manager, Nespresso.

Program AAA yang diawali dari 300 petani di Kosta Rika pada 2023, kini telah mencakup lebih dari 150.000 petani di 18 negara, termasuk Indonesia. Lebih dari tujuh juta pohon telah ditanam oleh Nespresso dan mitra-mitranya dalam program AAA semenjak tahun 2014.

Kemudian, 93 persen kopi Nespresso didapatkan dari petani bersertifikasi AAA. Dalam pengadaan program ini, Nespresso telah berinvestasi lebih dari 47 juta CHF. Sebagai wujud komitmen dalam kepeduliannya terhadap praktik berkelanjutan, Nespresso meluncurkan koleksi kopi Reviving Origins.

Koleksi ini menampilkan tiga kopi seasonal yang berhasil diselamatkan dari ambang kepunahan. Rangkaian kopi yang ada pada koleksi ini adalah Amaha Awe Uganda, Esperanza de Colombia, dan Cafecita de Cuba.

Sesuai namanya, ketiga kopi iniberasal dari negara Uganda, Kolombia dan Peru. Ini merupakan hasil dari kerja sama para ahli di dunia kopi, termasuk para peneliti, petani, dan ahli lingkungan. Setiap kopi ini dihasilkan menggunakan teknik yang berbeda untuk menghasilkan kopi di atas batas standar dengan rasa yang unik, membuatnya menjadi secangkir kopi lezat pagi para penggemarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Pengadaan Kopi Secara Berkelanjutan

Menurut Mark Senor, Reviving Origins adalah bukti nyata dari upaya keberlanjutan Nespresso karena dilandaskan dengan peran penting para penyuka kopi. Ia percaya bahwa para penggemar kopi di Indonesia bukan hanya akan menikmati profil rasa kopi yang unik, tapi juga akan mengapresiasi dedikasi, keahlian, dan kecanggihan yang ditanamkan dalam setiap cangkirnya.

"Koleksi ini tak hanya membawa rasa mewah semudah satu sentuhan pada tombol, tapi juga menghubungkan kita dengan cerita ketangguhan dan regenerasi dari komunitas kopi di seluruh dunia. Dengan kata lain, koleksi ini sangat bermakna dan memperlihatkan kekuataan pengadaan kopi secara berkelanjutan," tutur Mark Senior.

Pada bulan lalu, Nespresso merilis mesin produk kopi inovatifnya, Vertuo Pop. Selain dua varian warna monokrom, yaitu The Liquorice Black (hitam) dan Coconut White (putih), yang telah dikenalkan sebelumnya, di edisi terbaru menawarkan nuansa lebih ceria dengan tiga pilihan warna baru, yakni Spicy Red (merah), Mango Yellow (kuning), dan Aqua Mint (biru).

Desain Vertuo Pop dirancang sedemikian rupa agar berukuran compact. Tujuannya agar konsumen bisa menempatkannya di mana saja, baik itu di dapur, ruang kerja, hingga ruang tidur sekalipun, tanpa mengganggu estetika ruangan.

Salah satu fitur unggulan dari mesin kopi ini adalah teknologi Centrifusion. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk membaca barcode yang ada di kapsul berlapis aluminium, sehingga bisa menentukan jumlah air dan temperatur yang tepat untuk setiap jenis kopi.

4 dari 4 halaman

Kantong Plastik Khusus untuk Mengumpulkan Kapsul Kopi Bekas

"Kami sangat senang menyambut kehadiran Vertuo Pop ke pasar Indonesia. Mesin terbaru ini membawa gebrakan yang berani, membuatnya mesin model Vertuo dengan ukuran terkecil dan terjangkau di pasaran," terang Mark saat jumpa media di Jakarta Selatan pada Rabu, 6 September 2023.

Nespresso bukan hanya fokus pada teknologi dan rasa, tetapi juga komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan dan pengurangan dampak limbah dari produknya. Salah satu perhatian utama adalah kapsul berlapis aluminium yang mereka gunakan, yang setelah diekstraksi akan meninggalkan ampas kopi.

Untuk menangani hal ini, Nespresso menyediakan kantong plastik khusus bagi konsumen untuk mengumpulkan kapsul kopi bekas. Ketika kantong sudah penuh, kapsul-kapsul tersebut dikumpulkan dan diberikan kepada petani di Jawa Barat. Ampas kopi dari kapsul tersebut kemudian diolah menjadi kompos.

Konsumen yang telah mengumpulkan kapsul bekas di dalam kantong plastik bisa mengembalikannya ke outlet Nespresso terdekat. Bagi Anda yang mungkin kesulitan untuk datang langsung, Nespresso juga menyediakan layanan penjemputan. Konsumen cukup menelepon, dan tim Nespresso akan datang menjemput di alamat yang diinformasikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini