Sukses

Kolaborasi dengan Heinz, Burger King Luncurkan Menu Burger Bercita Rasa Meksiko

Menu burger kolaborasi Burger King dan Heinz menawarkan sensasi rasa pedas cabai jalapeno khas Meksiko.

Liputan6.com, Jakarta - Restoran makanan cepat saji Burger King berkolaborasi dengan Heinz mengeluarkan menu burger terbaru, Heinz Mexican Whooper. Menu ini menggabungkan patty daging sapi Australia yang dipanggang dengan api, ditambah saus beef salsa, keripik tortilla, keju, dan saus sambal Heinz ala Meksiko.

Dengan dua saus yang digunakan, menu hadir dengan cita rasa pedas yang menjadi ciri khas kuliner Meksiko. Masakan asal negara tersebut juga terkenal dengan penggunaan berbagai jenis cabai seperti cabai merah, cabai hijau, dan cabai jalapeno.

Chef Martin Natadipraja meyakini bahwa makanan asal Meksiko memiliki pangsa pasar tersendiri di Indonesia. Hal itu terlihat dari cukup banyak dan lamanya makanan khas Meksiko beredar di pasar Indonesia, seperti keripik tortilla, burrito, dan tacos.

"Kalau melihat sekarang, makanan asal Korea masih menjadi makananan paling disukai oleh masyarakat Indonesia, baik itu dari segi budaya maupun makanannya. Tetapi, makanan asal Meksiko juga memiliki pasar sendiri di indonesia dan sudah masuk (ke Indonesia) cukup lama, sudah lumayan dikenal oleh lidah masyarakat indonesia," kata Chef Martin dalam Konferensi Pers Peluncuran "Mexican Whopper", Kolaborasi Heinz dan Burger King, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 26 Oktober 2023.

Optimismenya juga didasari bahwa penilaian bahwa kini masyarakat Indonesia lebih terbuka untuk mencoba makanan baru. "Dulu sungkan (untuk mencoba makanan baru) sekarang kita lebih terbuka," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cabai Jalapeno

Salah satu bahan makanan khas Meksiko adalah cabai jalapeno yang memiliki karakteristik berbeda dari cabai yang ditemukan di Indonesia. "Perbedaan (cabai jalapeno) dengan cabai Indonesia ada pada rasanya yang lebih tidak pedas, ukuranya yang lebih besar, dan warnanya biasanya hijau," kata Chef Martin.

Selain diolah menjadi saus, cabai jalapeno juga bisa diolah menjadi acar. Ia juga menyebutkan bahwa saat ini cabai khas Meksiko tersebut sudah tersedia di Indonesia dan mudah untuk ditemukan.

Burger King yang berkolaborasi dengan Heinz menggunakan saus Heinz Mexican Smoky Jalapeno dalam menu barunya.  Saus tersebut adalah inovasi terbaru dari Heinz dalam upaya untuk menghadirkan petualangan cita rasa Meksiko.

"Jalapeno memiliki cita rasa pedas yang berbeda, dan jika dicoba cabai tersebut akan memberikan rasa pedas yang smoky," ungkap Ilham Maulana, yang merupakan Brand Manager Heinz, saat ditemui di acara tersebut.

Ia juga mengungkapkan bahwa saus itu dihadirkan melalui riset yang dilakukan oleh perusahaan tersebut soal perilaku konsumen dan tren makanan di Indonesia. "Kami melakukan beberapa studi dan merangkum Top 3 dan Top 5 capability of flavours of the world masyarakat Indonesia," jelas Ilham.

3 dari 4 halaman

Karakteristik dari Saus

Saat meluncurkan produk pada 2021, Heinz Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pelaku Industri kuliner. Perusahaan tersebut berinovasi dengan menghadirkan tiga jenis varian baru, yaitu sambal Heinz Indonesia Raw Mango, sambal Heinz Korean Gochujang, dan sambal Heinz Mexican Smoky Jalapeno.

Dalam kesempatan itu, Chef Martin juga mengungkapkan ada perbedaan karakteristik dari varian saus tersebut. Untuk sambal Heinz Indonesia Raw Mango, ia mengungkapkan bahwa terdapat mangga muda sehingga cita rasa yang dihasilkan pedas dan segar. 

Sambal Heinz Korean Gochujang memiliki rasa yang sedikit manis, namun tetap pedas seperti selera lidah masyarakat Indonesia. Sedangkan, varian sambal Heinz Mexican Smoky Jalapeno memiliki sentuhan rasa yang smokey.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa saus dapat dikreasikan menjadi pendamping berbagai makanan. "Boleh kalian explor dari segala jenis makanan, misalnya mau ayam goreng, kentang goreng, ataupun pasta, karena menjadi budaya kita juga suka menambahkan saus dalam makanan," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Hanya Tersedia Sampai Desember 2023

Martin mengungkapkan sebagai pecinta makanan, dia telah mencicipi berbagai hidangan internasional yang terkenal, termasuk masakan Meksiko yang sekarang menjadi salah satu dari lima hidangan favorit di Indonesia. Selain kepedasannya yang otentik, perpaduan antara bahan-bahan dan rasa yang unik, membuatnya sangat menarik bagi dirinya sebagai konsumen.

Ia juga mengungkapkan, kolaborasi antara Burger King dan Heinz dalam meluncurkan menu tersebut menambah keanekaragaman kuliner di Indonesia dengan membawa sensasi khas Meksiko. Martin juga menjelaskan bahwa menu ini memberi kesempatan bagi pecinta burger merasakan cita rasa pedas khas Meksiko.

Heinz Mexican Whooper sudah tersedia di restoran Burger King di seluruh Indonesia dalam periode terbatas, yakni dari Oktober hingga Desember 2023.  Para pelanggan sekarang memiliki kesempatan untuk mencicipi menu burger ini dalam dua pilihan ukuran, yaitu Whopper dan Whopper Jr. Paket menu baru ini dihargai sekitar Rp60.000 yang termasuk burger, minuman, dan kentang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini