Sukses

Susul Lee Sun Kyun, G-Dragon Dikabarkan Diselidiki Terkait Kasus Penggunaan Narkoba

Sejumlah media menduga sosok artis top yang terlibat narkoba adalah G-Dragon, mantan member BigBang. Meski begitu pihak kepolisian belum bersedia memberikan informasi lebih lanjut tentang kasus tersebut dan siapa saja yang terlibat.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Korea Lee Sun Kyun dikabarkan keluar dari produksi drama terbarunya berjudul "No Way Out" setelah ia tersandung kasus narkoba pada pekan lalu. Belum lama usai kabar mengejutkan tersebut, kini ada berita terbaru tentang G-Dragon yang lebih mengejutkan lagi.

Menurut NEWS1 yang dilansir dari Koreaboo, Rabu (25/10/2023), kepolisian Incheon, Koeea Selatan sedang menyelidiki G-Dragon yang diduga terkait penggunaan dan penyalahgunaan narkoba. Penyelidikan itu berkembang dari peristiwa penangkapan Lee Sun Gyun.

Dari penangkapan itu kabarnya polisi mendapat petunjuk untuk mengusut seorang bintang top Korea juga diduga terlihat narkoba. Sejumlah media menduga sosok yang dimaksud adalah G-Dragon. Meski begitu, pihak kepolisian belum bersedia memberikan informasi lebih lanjut tentang kasus tersebut dan siapa saja yang terlibat.

"Kami belum dapat mengungkapkan informasi spesifik mengenai kasus yang masih dalam penyelidikan," terang pihak kepolisian kota metropolitan Incheon.

Pernyataan hampir senada juga datang dari agensi G-Dragon, YG Entertainment. "Kami tidak mendapatkan kabar tentang G-Dragon sedang dalam penyelidikan karena terkait pemakaian narkoba. Kami masih menunggu berita yang lebih jelas," ujar pihak YG Entertainment.

Beberapa tahun lalu, tepatnya pada 2017 kasus narkoba pernah dialami oleh personel BigBang lainnya, T.O.P Big Bang. Dilansir dari kanal Showbiz Liputan6.com, 5 Juni 2017, T.O.P Big Bang diketahui positif mengonsumsi ganja. Hal ini terungkap berdasarkan laporan dari Badan Kepolisian Metropolitan Seoul. Hasil tes folikel rambut T.O.P menunjukkan bahwa ia positif mengonsumsi ganja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Personel BigBang dan Narkoba

Terkait hal tersebut, T.O.P Big Bang meminta maaf melalui surat ya ia tulis sendiri. T.O.P mengaku tidak akan mengulangi kesalahannya itu dan ia sempat merasa malu untuk tampil di muka publik.

"Aku terlalu malu untuk meminta maaf langsung di depan umum. Padahal aku tak memiliki alasan untuk itu semua, jadi aku menulis semua perasaanku lewat kata-kata. Aku pantas menerima hukuman apa pun karena telah melukai para member Big Bang, perusahaanku, publik, penggemar, dan keluargaku," tulis pria bernama asli Choi Seung Hyun ini dalam surat permintaan maafnya.

Hal itu seolah menjadi hantaman yang tajam untuk kariernya di dunia musik. Setelah rapper Big Bang itu merilis surat permintaan maaf, kali ini G-Dragon sang leader juga mengungkap rasa penyesalan dengan kasus yang dialami oleh teman satu grupnya itu. Dalam konser Big Bang yang diadakan di Jepang, G-Dragon saat itu berjanji ke depan tidak akan ada kasus serupa yang melibatkan grupnya itu.

Sementara itu, Lee Sun Kyun jadi artis Korea yang baru-baru ini ditangkap karena narkoba. Mengutip dari laman Korean Film, Selasa, 24 Oktober 2023, Lee Sun Kyun diketahui lahir pada 2 Maret 1975.

 

3 dari 4 halaman

Karier Lee Sun Kyun

Dia terjun ke akting melalui klub drama di kampusnya. Dengan ambisinya untuk menjadi aktor, ia pun memutuskan untuk keluar dari universitas itu hanya berselang satu tahun dan pindah ke Universitas Seni Nasional Korea Selatan yang baru didirikan pada 1994.

Berkat aktingnya di film pendek berjudul "Psycho Drama" pada 2000, ia membuat debut yang luar biasa di atas panggung sebagai Brad dalam musikal berjudul "Rocky Horror Picture Show" di 2001. Kesuksesannya segera diikuti dengan peran berulang dalam sitkom "Lovers" selama 2001--2002.

Lee Sun Kyun segera menyadari bahwa tidak mudah untuk masuk ke industri film. Dia muncul sebagai dokter yang mendukung pemeran utama wanita yang berjuang melawan kanker di "Scent of Love", dan sebagai salah satu sejoli di "Love So Divine".

Sun Kyun akhirnya diperhatikan ketika dia berperan sebagai pria manis dan romantis dalam serial drama TV populer "Coffee Prince" pada 2007 dan seorang dokter yang jujur dalam serial drama medis "Behind the White Tower" pada 2007.

 

4 dari 4 halaman

Lee Sun Kyun Melejit Lewat Parasite

Aktor berusia 48 tahun itu lalu sempat menyempurnakan kemampuan aktingnya dengan bekerja sama dengan Hong Sangsoo, dimulai dengan "Night and Day" pada 2008, di mana ia berperan sebagai pelajar internasional dari Korea Utara.

Nama Lee makin dikenal khalayak yang lebih luas ketika dia berperan sebagai ayah dari keluarga kaya dalam "Parasite" yang mendapat penghargaan dari dunia internasional, termasuk Piala Oscar pada 2020 sebagai Film Terbaik.

Kini, masa depan kariernya dipertanyakan mengingat dunia hiburan Korea Selatan sangat mengutamakan citra. Kasus narkoba yang membelitnya pertama kali diangkat pada Kamis, 19 Oktober 2023. Media setempat mendapat laporan dari kepolisan bahwa mereka sedang menginvestigasi seorang aktor yang diduga menggunakan narkoba. Awal pemberitaan, media menyebut tersangka merupakan aktor terkenal berusia 40 tahunan.

Pada 20 Oktober 2023, HODU&U Entertainment mengonfirmasi bahwa Lee Sun Kyun Saat ini terlibat dalam investigasi narkoba, namun mereka tidak mengonfirmasi apakah tuduhan penggunaan narkoba itu benar.

Lee Sun Kyun kini berstatus tersangka penyalahgunaan narkoba, pada Senin, 23 Oktober 2023. Badan Kepolisian Metropolitan Incheon menyatakan ia memberi tuduhan Lee Sun Kyun atas dugaan penggunaan narkoba, termasuk ganja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.