Sukses

Kecuali Keena FIFTY FIFTY, Agensi Akhiri Kontrak dengan Ketiga Member

Kecuali Keena FIFTY FIFTY, agensi ATTRAKT mengumumkan bahwa pihaknya akan berpisah dengan tiga member FIFTY FIFTY, yakni Saena, Sio, dan Aran. Pada Senin, 23 Oktober 2023, ATTRAKT menyampaikan keterangan mereka dalam sebuah pernyataan.

Liputan6.com, Jakarta - Kecuali Keena FIFTY FIFTY, agensi ATTRAKT mengumumkan bahwa pihaknya akan berpisah dengan tiga member FIFTY FIFTY, yakni Saena, Sio, dan Aran. Pada Senin, 23 Oktober 2023, ATTRAKT menyampaikan keterangan mereka dalam sebuah pernyataan.

"Kami mengabarkan bahwa Saena, Sio, dan Aran—member girl grup agensi kami yang tersisa FIFTY FIFTY kecuali Keena—tentang penghentian kontrak eksklusif mereka pada 19 Oktober," demikian bunyi keterangan agensi tersebut, dikutip Soompi, Selasa, 24 Oktober 2023.

Agensi tersebut menambahkan, "Kami telah mengambil tindakan sebagai tanggapan atas kurangnya tindakan korektif atau refleksi dari ketiga anggota FIFTY FIFTY atas pelanggaran kontrak serius yang mereka lakukan."

Pihaknya juga menyebut akan mendiskusikan langkah selanjutnya terhadap member di masa depan. FIFTY FIFTY sendiri debut pada November 2022.

Lagu mereka yang bertajuk "Cupid" membuat mereka terkenal secara global. Namun, pada Juni 2023, FIFTY FIFTY mengajukan permohonan disposisi sementara untuk menangguhkan keabsahan kontrak eksklusif mereka dengan ATTRAKT.

Agensi tersebut mencurigai The Givers sebagai sumber eksternal yang mencoba "membeli" grup itu. Pada 28 Agustus 2023, Pengadilan Distrik Pusat Seoul memutuskan menolak permintaan keempat member FIFTY FIFTY untuk penangguhan kontrak mereka.

Namun, grup tersebut segera mengajukan banding atas keputusan itu. Baru-baru ini, salah satu member, Keena mengajukan pemberitahuan penarikan banding atas permintaan FIFTY FIFTY yang sedang berlangsung untuk menangguhkan kontrak mereka dan kembali ke ATTRAKT.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nasib Fifty Fifty Imbas Sengketa dengan ATTRAKT

Pada Juli 2023 lalu, nasib buruk Fifty Fifty terus berlanjut setelah mereka terus bersengketa dengan agensi mereka, ATTRAKT. Hal ini mengakibatkan lagu mereka yang semula akan menjadi salah satu soundtrack pengisi film Barbie ternyata tak jadi digunakan.

Grup idol sensasional itu sejak awal tahun ini diumumkan akan mengambil bagian dalam film yang dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling menyusul kesuksesan lagu Cupid. Namun, sengketa hukum antara Fifty Fifty dan ATTRAKT membuat kontrak mereka ditangguhkan.

Imbasnya, Koreaboo melaporkan, dikutip Rabu, 26 Juli 2023, video musik lagu Barbie Dreams (feat Kaliii) juga dibatalkan. Meski terjadi pembatalan, para penggemar berharap mereka setidaknya mendengarkan lagu tersebut tetap diputarkan di dalam film. 

Namun, harapan itu sepertinya tidak juga terwujud. Tatkala lagu Barbie World (with Aqua) yang dibawakan Nicki Minaj dan Ice Spice, serta What Was I Made For? oleh Billie Eilish masuk daftar dalam kredit film, lagu Barbie Dreams tak berada di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Kebohongan Produser Fifty Fifty

Sebelumnya terungkap bahwa anggota keluarga FIFTY FIFTY telah mengajukan dan memperoleh merek dagang di Korea untuk FIFTY FIFTY yang ditulis dalam bahasa Korea. Di sisi lain, CEO The Giver Ahn Sung Il, yang dikenal sebagai produser Fifty Fifty, ketahuan telah berbohong. Ia mengakui tudingan bohong soal pengakuannya terkait latar belakang pendidikannya.

Pada 25 Juli 2023, Sung Il mengaku bahwa ia telah berbohong sebagai lulusan Universitas Chung Ang. "Aku sadar bahwa yang kuakui sebagai pendidikanku itu tak benar. Aku meminta maaf atau kebingungan yang ditimbulkan dan aku akan memperbaikinya," ujarnya.

Sebelumnya, si produser menyebut nama kampus itu sebagai almamaternya dalam profilnya. Kontroversi mencuat setelah pada 24 Juli 2023 terungkap bahwa Sung Il tidak terdaftar di direktori alumni sekolah. Warganet pun mengecam si produser Fifty Fifty karena berbohong dan tanggapannya yang acuh tak acuh saat ketahuan.

Pada akhir April 2023, lagu viral mereka, CUPID, dituduh plagiarisme oleh penyanyi Turki Evrencan Gündüz. Secara khusus, Evrencan Gündüz menerbitkan unggahan Instagram, di mana ia memainkan CUPID berdampingan dengan lagunya, Sen Aşkımızdan, yang dikalim menunjukkan kemiripan yang kuat.

4 dari 4 halaman

Terbelit Kasus Plagiat

"FIFTY FIFTY merilis lagu yang bagus. Mari kita dengarkan bersama :) Tapi sepertinya familiar entah dari mana," tulis penyanyi tersebut dalam unggahan videonya, seperti dirangkum KBIZoom.

Secara khusus, bagian melodi dalam CUPID dinilai terdengar hampir persis sama dengan bagian pembuka dari Sen Aşkımızdan. Bagian dari lagu K-pop itu disebut "sangat mirip" dengan tanda waktu 1:10 dan seterusnya dari Sen Aşkımızdan.

Sebagai tanggapan, agensi grup ATTRAKT menyatakan bahwa mereka telah berbicara dengan produser asli lagu tersebut. ATTRAKT menyatakan, "Kami memeriksa (fakta) dengan produser asli setelah media baru-baru ini menyebutkan tuduhan plagiarisme terhadap CUPID FIFTY FIFTY."

"Kami menemukan bahwa produser asli bahkan tidak mengetahui lagu Turki yang dipermasalahkan. Ada kesamaan dalam hal karakteristik musik pop, tapi menurut kami itu bukan plagiarisme," imbuh mereka.

"Cupid" sendiri dirilis sebagai The Beginning: Cupid, sebuah single yang menampilkan versi Korea, versi bahasa Inggris (berjudul "Twin Version") yang dinyanyikan oleh anggota grup Sio dan Aran, dan versi instrumental dari lagu tersebut, pada 24 Februari 2023 melalui Attrakt.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.