Sukses

Numpang Duduk di Kokpit, Pilot Alaska Airlines Coba Matikan Mesin Pesawat di Tengah Penerbangan

Seorang pilot yang tidak bertugas mencoba mematikan mesin pesawat dan mengubah rute perjalanan Alaska Airlines, tersangka sebelumnya memiliki catatan kejahatan.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pilot yang sedang tidak bertugas menjadi penumpang di kokpit penerbangan Horizon Air, maskapai penerbangan regional milik Alaska Airlines. Ia kemudian mencoba mematikan mesin pesawat untuk mengubah rute perjalanan dari yang semula ke San Fransisco menuju ke Portland, Oregon, Amerika Serikat, pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Demikian pernyataan yang disampaikan maskapai tersebut pada Senin, 23 Oktober 2023, dikutip dari CNN, Selasa (24/10/2023). Polisi mengidentifikasi pilot bermasalah itu sebagai Joseph D. Emerson (44).

Pihak maskapai menerangkan setelah lepas landas dari Bandara Paine Field di Everett, Washington, pesawat bernomor 2059 yang dioperasikan oleh Horizon Air itu melaporkan 'ancaman keamanan yang dapat dipercaya terkait dengan pilot Alaska Airlines yang sedang tidak bertugas'.

Maskapai menyebut pilot dimaksud sedang 'melakukan perjalanan di kursi lompat dek pesawat'. Pilot terkadang akan duduk di 'kursi lompat' kokpit saat melakukan perjalanan resmi atau jika sedang dalam perjalanan ke bandara lain.

Alaska Airlines mengatakan kepada CNN bahwa pilot tersebut berusaha mematikan kedua mesin pesawat dengan menarik pegangan alat pemadam kebakaran mesin pesawat Embraer 175. Reaksi cepat dari kapten dan kopilot menjaga mesin agar tidak mati total, kata pihak maskapai.

Beruntung, awak pesawat berhasil menundukkan Emerson. Ia langsung ditahan oleh petugas polisi Bandara Portland, menurut pernyataan pihak bandara secara terpisah.

Sebuah catatan online menunjukkan bahwa Emerson kerap bermasalah dengan hukum. Ia menghadapi 83 tuduhan percobaan pembunuhan, 83 tuduhan membahayan secara sembrono, dan satu tuduhan membahayakan pesawat terbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tersangka Mencoba Mematikan Mesin Pesawat

"Sistem pencegah kebakaran terdiri dari T-handle untuk setiap mesin, ketika ditarik, katup di sayap menutup untuk mematikan bahan bakar ke mesin," kata Alaska Airlines dalam pernyataannya kepada CNN. "Setelah ditarik, sisa bahan bakar masih tersisa di saluran, dan reaksi cepat kru kami dengan menyetel ulang pegangan akan memulihkan aliran bahan bakar dan mencegah kekosongan bahan bakar."

Pesawat berada di ketinggian jelajah ketika insiden itu terjadi, kata Kapten Mike Karn, manajer senior keamanan penerbangan American Airlines, dalam memo yang diedarkan di maskapai penerbangannya, yang juga membahas dugaan upaya untuk memutus tenaga mesin. Salah satu pilot yang ditugaskan dalam penerbangan tersebut terdengar dalam audio yang direkam oleh LiveATC.net.

Ia mengatakan kepada pengontrol lalu lintas udara bahwa tersangka telah mencoba mematikan mesin. "Saya pikir dia lemah," kata pilot pesawat tersebut. "Selain itu, kami ingin penegakan hukum segera dilakukan setelah kami mendarat dan parkir," ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

FBI Turun Tangan Selidiki Tersangka

Penerbangan pun dialihkan ke Bandara Internasional Portland, menurut maskapai itu. Maskapai tersebut tidak menyebutkan nama Emerson, namun mengatakan bahwa "seseorang yang duduk di kursi lompat" telah ditahan dan sedang diselidiki oleh FBI dan Bandara Portland.

Pihak bandara mengonfirmasi identitas Emerson dalam sebuah pernyataan kepada CNN, dan menambahkan bahwa dia ditahan di Pusat Penahanan Multnomah County. Penyelidikan juga sedang berlangsung.

Seorang penumpang, Aubrey Gavello mengatakan kepada afiliasi CNN, KGO, bahwa dia berada di bagian belakang pesawat dan tidak pernah mendengar keributan atau melihat tanda-tanda apa pun yang sedang terjadi, sampai sebuah suara terdengar di interkom.

"Tidak ada, tidak ada apa-apa sampai ada pengumuman dari pramugari yang mengatakan bahwa kami menghadapi situasi tersebut, dan kami perlu bersiap untuk pendaratan (lebih awal)," katanya. Pacarnya yang ada di bagian depan pesawat mengatakan bahwa dirinya tertidur selama peristiwa tersebut terjadi.

Gavello mengatakan bahwa awak penerbangan mengantarkan tersangka ke bagian belakang pesawat dengan seorang pramugari mencoba menenangkan pria tersebut, menurut KGO. Ada zip ties yang terlibat, kata Gavello kepada stasiun San Francisco. 

Ketika mereka mendarat, 10 petugas polisi masuk ke dalam pesawat dan mengusir pria tersebut, ungkap Gavello. Maskapai penerbangan lain telah diberi pengarahan mengenai rincian awal oleh FAA (Federal Aviation Administration).

4 dari 4 halaman

Bukan Aksi Terorisme

Dalam sebuah pernyataan, kantor lapangan FBI di Portland mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang menyelidiki kasus tersebut. Meski begitu, FBI menyatakan bahwa tidak ada ancaman berkelanjutan terkait insiden ini. "Tidak ada korban luka yang dilaporkan pada Penerbangan 2059," kata FBI.

FAA mendukung penyelidikan penegakan hukum setempat, katanya kepada CNN. Mereka juga memberi tahu maskapai penerbangan bahwa insiden tersebut tidak ada hubungannya dengan "peristiwa dunia terkini", yang merujuk pada perang di Timur Tengah antara Israel dan Hamas.

Catatan FAA menunjukkan Emerson memegang sertifikasi Airline Transport Pilot dengan peringkat untuk menerbangkan Airbus A320, Boeing 737, Canadair Regional Jet, dan De Havilland Dash 8. Dia tidak memegang sertifikasi untuk menerbangkan ERJ 175, yaitu jenis pesawat yang digunakan pada insiden itu, menurut catatan tersebut. 

Tetangga Emerson mengatakan dugaan perilaku tersangka membuatnya terkejut. "Sepertinya dia pria yang sangat baik. Tidak ada yang aneh pada dirinya," kata Ed Yee kepada CNN saat ditemui di luar rumahnya.

Penumpang penerbangan 2059 lainnya dapat melakukan perjalanan pada penerbangan berikutnya, kata Alaska Airlines. "Kami berterima kasih atas penanganan situasi secara profesional oleh awak penerbangan Horizon dan menghargai ketenangan dan kesabaran para penumpang kami sepanjang peristiwa ini," kata maskapai itu dalam pernyataannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini