Sukses

Studi: Mendengarkan Lagu Taylor Swift Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mendengarkan lagu tidak hanya dapat memperbaiki mood. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan lagu yang santai seperti lagu Taylor Swift, juga akan berdampak bagi kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Mendengarkan lagu-lagu hits dari penyanyi papan atas seperti Taylor Swift, Ariana Grande, SZA, dan Drake bukan hanya hiburan yang yang menyenangkan, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk mendapatkan kulit yang sehat. Dilansir dari New York Post, Jumat, 20 Oktober 2023, sebuah penelitian tentang tentang manfaat terapeutik dari suara yang tenang pada Oktober 2023 menunjukan bahwa musik berpengaruh pada kesehatan kulit.

"Musik yang menenangkan dapat memberikan efek besar pada perasaan kita baik secara fisik dan psikologis," ungkap Micheal Bonshor, profesor psikologi musik di Universitas Sheffield di Inggris, dalam penelitian yang dilakukan oleh sebuah klub keanggotaan perawatan kulit mewah BeautyPie.

"Jalur neurologis yang memproses suara mempengaruhi sistem limbik otak yang bertanggung jawab atas respons emosional, memori, dan perilaku. Jadi, mendengarkan musik yang 'santai' membantu kita mengatur emosi," lanjut Bonshor. "Ini juga dapat menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kortisol yang merupakan hormon penyebab stres."

Dalam laporan tersebut, para peneliti juga mempertimbangkan hasil dari sebuah penelitian pada Oktober 2021 yang juga dijadikan sebagai acuan. Penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine itu menemukan bahwa stres dapat meningkatkan peradangan kulit, meningkatkan rasa gatal, mengganggu fungsi pelindung kulit, mengganggu penyembuhan luka, dan menekan kekebalan kulit.

Para peneliti juga menemukan, bahwa terapi menyembuhkan pikiran dan tubuh secara bersamaan yang salah satunya adalah dengan seperti terapi relaksasi melalui musik, dapat mengurangi stres dan membantu menghilangkan kondisi dermatologis, termasuk dermatitis atopik, psoriasis, dan penyakit kulit bawaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Musik Paling Menenangkan untuk Kulit

Untuk menentukan artis, genre, dan lagu mana yang menciptakan suasana paling menenangkan bagi kulit, peneliti dari BeautyPie menganalisis 1,4 juta lagu di playlist Spotify yang berisi kata kunci seperti "perawatan kulit", "kesehatan", "santai", dan "perawatan diri".

"Kami menghitung berapa kali setiap musisi dan lagu dimasukkan, lalu mengurutkannya untuk mengetahui artis dan lagu mana yang paling membantu kita untuk melepas penat," kata para peneliti tersebut. Hasilnya menunjukan bahwa, Taylor Swift adalah "musisi paling santai di dunia."

"Tempo adalah faktor paling signifikan dalam menentukan apakah sebuah lagu itu menenangkan atau tidak. Sekitar 60 hingga 80 beat per menit, atau bpm, adalah yang paling umum karena ini mirip dengan detak jantung manusia saat  istirahat selama relaksasi," jelas Bonshor.

Meskipun tempo musik Swift seringkali lebih cepat, dengan rata-rata 108 bpm, Bonshor mengatakan, "saat kita bersantai dan menyetel lagu, kita akan lebih memperhatikan penekanan yang lebih kuat pada ketukan pertama dan ketiga, sehingga kita merasakan musiknya sebagai pola dua ketukan yang lebih lambat dan berulang."

"ini berarti Taylor Swift memiliki beat lagu yang menenangkan, dan tubuh kita secara alami melakukan sinkronisasi dengannya," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Hip Hop adalah Genre Paling Menenangkan

Artis seperti Lana Del Rey dan band asal Kanada Little Symphony menempati posisi kedua dan ketiga dalam daftar 25 musisi dengan lagu yang paling menenangkan. Meskipun lagu Taylor Swift berjudul "Cardigan" memiliki peringkat teratas pada genre pop princess, para peneliti menemukan bahwa hip-hop menjadi genre musik yang paling menenangkan dari semuanya.

"Lagu hip-hop biasanya memiliki ketukan sekitar 80 bpm. Pengulangan juga berkontribusi pada sifat menenangkan dari sebuah lagu, dan hip-hop terkenal memiliki irama yang berulang-ulang yang dianggap lebih penting oleh banyak penggemar genre ini daripada liriknya," kata Bonshor.

"Melodi yang berulang, lirik, dan pola ritme yang stabil, yang dapat kita selaraskan dan ingat dengan cepat, menghasilkan pengalaman mendengarkan yang menenangkan."

Berdasarkan temuan tersebut, para pembuat lagu hit seperti The Weeknd, Drake, Frank Ocean, Doja Cat, dan Kendrick Lamar memiliki aliran musik yang menenangkan. Namun, lagu Ariana Grande berjudul "Moonlight" lah yang mendapatkan peringkat teratas dalam penelitian ini sebagai lagu paling menenangkan di Spotify. Lagu tersebut juga muncul di 96 playlist yang berhubungan dengan bersantai.

4 dari 4 halaman

SZA dan Kali Uchis

"'Moonlight' Ariana memiliki 102 ketukan per menit, jika kita mendengarkan empat ketukan dalam satu bar," ungkap Bonshor. "Namun, jika kita fokus pada ketukan pertama dan ketiga yang lebih kuat dalam satu bar, kita akan merasakan tempo musik sebagai dua ketukan lambat di setiap bar, sehingga menghasilkan 51 bpm yang menenangkan."

SZA bersama penyanyi lagu "Telepatía" yaitu Kali Uchis, adalah artis R&B yang memiliki peringkat tinggi dalam studi tersebut. Lagu SZA yaitu "Kill Bill"  selalu ramai didengarkan dan  dipuji sebagai lagu terbaik untuk menemani perawatan kulit.”

Para peneliti menemukan bahwa lagu pendek yang viral TikTok itu ditampilkan 48 kali di playlist Spotify yang khusus didedikasikan untuk "perawatan kulit". Lagu SZA berjudul "Good Days" menduduki peringkat No. 2 dalam daftar tersebut.

"Melodi dalam banyak lagu santai cenderung terbatas jangkauannya dan bergerak naik turun dalam langkah-langkah kecil, tidak hanya musik SZA tetapi juga 'Cardigan' Taylor Swift, dan 'Telepathía' Kali Uchis," jelas peneliti tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.