Sukses

Melukis Wajah 7 Presiden RI dengan Nama-Nama Pulau di Indonesia, Pemuda Pati Raih Rekor MURI

Andre melukis dengan cara yang tidak biasa. Ia menulis sebanyak 43.168 nama desa di Indonesia untuk menghasilkan lukisan tujuh wajah presiden RI.

Liputan6.com, Jakarta - Membuat heboh di media sosial dan jadi viral bisa dilakukan dengan cara yang kreatif seperti melukis. Hal itu dilakukan oleh seorang pemuda asal Pati, Jawa Tengah yang membuat lukisan tujuh wajah Presiden RI (Republik Indonesia). Tapi ini bukan lukisan biasa.

Ia membuat lukisan dari nama-nama desa yang ada di Indonesia. Hal itu diketahui dari sejumlah unggahan di akun TikTok @ndre.andikaa. Pria bernama Andre Andika Putra ini ternyata berhasil meraih rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) berkat karya lukisan yang dibuatnya.

Andre melukis dengan cara yang tidak biasa. Ia menulis sebanyak 43.168 nama desa di Indonesia dan 1.510 kata Indonesia untuk menghasilkan lukisan tujuh wajah presiden Indonesia.

Tujuh wajah Presiden yang dilukisnya tersebut dimulai dari Sukoarno hingga Jokowi (Joko Widodo). Dalam hal ini Andre mengungkapkan, butuh waktu sekitar satu tahun untuk menghasilkan lukisan tujuh wajah Presiden RI.

Uniknya dari lukisan yang dibuat oleh Andre menggunakan teknik negative atau seperti negatif film pada foto yang kini sudah jarang ditemui, sehingga terlihat seperti nyata. Jadi saat melihat karya tersebut, awalnya berwarna biru, dan akan berubah menjadi gold ketika dilihat menggunakan negative filter.

Hasil karya indah yang memakan waktu selama setahun tersebut akhirnya mendapatkan pengakuan MURI dalam kategori "Lukisan Presiden Terbanyak" dengan menggunakan rangkaian nama desa yang ada di Indonesia. Selain mendapatkan rekor MURI, lukisan wajah tujuh Presiden milik Andre sempat ditawar dengan harga antara Rp3 juta sampai Rp4 juta untuk satu lukisan.

Sontak saja unggahan video memperlihatkan hasil karya seni lukis yang luar biasa ini menuai atensi publik. Tak sedikit warganet yang mengagumi karya milik pemuda asal Pati tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Lukisan Presiden

"Nah begini dong yg viral karya anak bangsa," komentar seorang warganet.

"Yahelah ditawar cuma Rp4jt, harusnya 50jt keatas itu," kata warganet lainnya.

"GILA!! SATU TAHUN!!? Gw tau buatnya lama, Tapi gak nyangka aja bisa sampe setahun njir 😳 Keren sih,” ujar warganet lainnya.

"Ayo teman² bantu viral kan karya Abang ini, karena ini sangat luar biasa👍👏👏,,” tulis warganet lainnya.

Salah satu unggahan Andre ada yang sudah dilihat lebih dari 7,8 juta kali dan disukai lebih dari 822 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 10 ribu komentar.

Masih soal lukisan, presiden, belum lama ini pasangan selebritas Vino G Bastian dan Marsha Timothy menjajal kereta api supercepat rute Jakarta – Bandung. Keduanya menikmati perjalanan bersama sejumlah artis, pejabat, hingga Presiden Jokowi.

Kesempatan bertemu RI-1 tak disia-siakan Vino G. Bastian. Ia membawa lukisan Jokowi karya putrinya, Jizzy Pearl Bastian lalu memperlihatkannya kepada sang Presiden. Jokowi yang terharu lantas menandatangani lukisan tersebut.

Saat pulang ke rumah, Vino G. Bastian memberi kejutan untuk putrinya. Ia menyerahkan amplop putih. Saat dibuka, isinya lukisan Jokowi karya Jizzy Pearl Bastian yang ditandatangani RI-1.

3 dari 4 halaman

Lukisan Jokowi Karya Anak Vino G Bastian

Dalam sebuah video, ia terlihat syok, teriak, melompat lalu memeluk orangtuanya. Momen manis ini diunggah Vino G. Bastian di akun Instagram terverifikasi, Rabu (13/9/2023). Bintang film Warkop DKI Reborn: Jangkris Boss! mengaku bahagia melihat putrinya bahagia.

"Alhamdulillah. Gak ada yang bikin orang tua dimanapun happy, selain liat anaknya happy (geser). Terima kasih banyak Bapak Presiden @Jokowi sudah tanda tangan dan foto lukisan anak saya,” tulis Vino.

Lukisan karya Jizzy Pearl Bastian menampilkan Jokowi mengenakan kemeja putih berbalut jas hitam lengkap dengan peci dan pin merah putih. Latarnya biru plus bendera merah putih di sisi kanan belakang.

"Thank You so much buat Mas Tama @wishnutama yang sudah mewujudkannya sampe nyariin kita bolpoin,” imbuh sang aktor.

Beberapa bulan lalu, sejumlah seniman Surabaya menggelar pameran lukisan bertema "Batas Luar" tujuannya untuk merayakan Bulan Bung Karno, dan digelar di Visma Gallery Surabaya, mulai 30 Mei sampai 11 Juni 2023.

Salah satu seniman Doddy Hernanto atau biasa dipanggil Mr D One Finger mengatakan dalam pameran itu menampilkan dimensi gambar yang terwujud dalam goresan wajah Bung Karno tertawa lepas, mengekspresikan kebahagiaan menyambut kelahiran Pancasila yang menjadi ideologi bangsa Indonesia dalam hidup bersama ekosistem dunia.

 

4 dari 4 halaman

Lukisan Sukarno

"Kebahagiaan Sukarno mengawal Pancasila, saya wujudkan dalam Bekerja dan berkarya," ucap Mr D, yang dikenal seniman suka menggabungkan quick response code (QR Code) dengan gambar, sketsa, animasi hingga video, dilansir dari Antara, Selasa, 6 Juni 2023.

Karya yang dipamerkan di ruang galeri tersebut berjumlah tiga, yakni lukisan QR Art kanvas panel berjudul 'Proklamasi, Soekarno dan Surabaya' dengan dukungan Kawoong Innovation. Mr D mengatakan, dua kata kerja yang berbeda makna itu sanggup dilakukan oleh Bung Karno dalam momentum yang tak terpisah. Bahkan, saat menjadi Presiden RI pertama. Menurut dia, sosok Sukarno memiliki dua teladan penting yang digambarkan dalam lukisan QR Artnya.

"Bung Karno mengurus negeri ini secara totalitas. Tekanan dari dalam dan luar negeri tak menyurutkan tekadnya bersama Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan RI pada Agustus 1945," katanya.

Selain itu, dirinya juga menilai bahwa Sukarno telah membuktikan secara otentik, yakni bekerja untuk rakyat dan mewujudkan kedaulatan."Ini dapat dinilai sebagai bekerja secara Pancasila. Bekerja untuk kepentingan orang banyak dan kepentingan bangsa," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini