Sukses

Mahfud MD Kenakan Kemeja Motif Batik Khas Kalimantan Saat Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Mahfud MD resmi diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Saat ini, Mahfud masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM.

Liputan6.com, Jakarta - Mahfud MD resmi diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Saat ini, Mahfud masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM.

Kala itu, Mahfud MD tampil berbalut kemeja hijau berlengan panjang. Kemeja tersebut hadir bermotif batik khas Kalimantan yang sepintas mirip dengan motif kembang kelakai.

Motif batik itu tampak beragam warna, mulai dari oranye, ungu, serta biru muda. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM tersebut memadukan atasan tersebut dengan peci hitam, celana panjang, dan sepatu warna senada.

Ia berdiri berdampingan dengan Ganjar Pranowo yang kala itu tampil serba hitam, mulai dari kemeja lengan panjang, ikat pinggang, celana panjang, serta sepatu senada. Keduanya saling berpegangan dan mengangkat tangan, tak lupa tersenyum ke arah kamera.

Deklarasi Mahfud sebagai cawapres Ganjar disampaikan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di DPP PDIP, Rabu, (18/10/2023). "Saya dengan mantap mengambil keputusan untuk bangsa dan negara dengan mengucapkan bismilah, maka cawapres yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Mahfud Md," kata Megawati.

Dikutip dari Pemilu Liputan6.com, Megawati mengumumkan bakal cawapres ini bersama Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang serta bakal Capres Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Mahfud MD

Mahfud Md dianggap memiliki pengalaman yang lengkap dan sebagai politikus trias politika atau yang pernah menduduki jabatan di eksekutif, legislatif dan yudikatif. "Pengalamannya yang lengkap berada di seluruh kamar trias politika, serta rekam jejak kebersihannya yang tanpa kompromi," kata Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy.

Selain itu, Rommy menyebutkan bahwa Mahfud Md adalah sosok yang religius dan sudah malang melintang di dunia politik. "Kami meyakini tokoh yang akan mendampingi mas Ganjar adalah figur religius yang integritasnya sebagai pejabat publik sudah terentang lintas dekade," pungkasnya.

Bakal Capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapresnya akan mendaftarkan diri sebagai paslon capres-cawapres, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis (19/10/2023).

Informasi tersebut dibenarkan oleh Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat. "Benar (tanggal 19)," kata Djarot saat dikonfirmasi, Rabu (18/9/2023).

Sementara terkait waktu atau jam pasti Ganjar dan TPN akan ke KPU, Politikus PDIP Andreas Pareira menyatakan akan dikoordinasikan dengan KPU usai deklarasi cawapres pagi ini. "Nanti setelah deklarasi, kita koordinasi dengan KPU untuk waktu yang tepat," kata Andreas.

3 dari 4 halaman

Megawati: Mahfud Md Pendekar Hukum, Pembela Wong Cilik

Di mata Megawati, Mahfud MD adalah sosok yang pantas dan mumpuni jadi cawapres Ganjar "Pak Mahfud, beliau sosok yang saya sendiri tidak asing beliau pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Jadi saya mengerti jalan pikirannya dan ketika beliau dipilih untuk menjadi Menkopolhukam, saya guyon sama beliau 'Saya ini dari Presiden turun menjadi Ketua Dewan Pembina Ideologi Pancasila', tapi saya bilang kepada beliau enggak apa-apa itu idelogi pancasila, tapi Anda (Mahfud) langsung meroket menjadi anggota kabinet," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Rabu, (18/10/2023).

Megawati turut menambahkan bahwa pengalaman dan pengetahuan tinggi Mahfud di bidang jadi salah satu pertimbangannya. "Prof Mahfud, seorang sosok inteletual yang mumpuni. Pengetahuan beliau di masalah hukum sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. Sosok dengan pengalaman lengkap di legisliatif, eksekutif, yudikatif," katanya. "Lalu dikenal rakyat sebagai Pendekar Hukum dan pembela Wong Cilik."

4 dari 4 halaman

Profil Mahfud MD

Dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (18/10/2023) Mahfud Md menjabat sejak 23 Oktober 2019, menjadi tokoh sipil pertama yang mengemban jabatan tersebut dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada masa jabatannya sebagai Menko Polhukam, Mahfud ditugaskan oleh Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan Menteri Dalam Negeri (ad interim) ketika menteri definitif, Tito Karnavian melakukan diplomasi ke Singapura pada 2020.

Kemudian, Mahfud Md juga didapuk menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (ad interim) sewaktu menteri definitif, Tjahjo Kumolo mengalami sakit hingga akhirnya meninggal dunia. Ia kembali menjabat jabatan yang sama pada 16 Juli 2022 sebagai pelaksana tugas menteri.

Sebelumnya, Mahfud Md pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008--2013 dan Hakim Konstitusi pada periode 2008--2013. Ia merupakan anggota DPR dan Menteri Pertahanan (Menhan) pada Kabinet Persatuan Nasional.

Mahfud Md lahir di Sampang, Madura pada 13 Mei 1957. Ia lahir dari pasangan Mahmodin dan Siti Khadijah. Ketika Mahfud berusia dua bulan, keluarga Mahmodin pindah ke Pamekasan, daerah asalnya. Ketika Mahfud berusia dua bulan, keluarga Mahmodin pindah ke Pamekasan, daerah asalnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini