Sukses

Putri Ariani Kenakan Songket Lombok Saat Nyanyikan Lagu Indonesia Raya di MotoGP Mandalika 2023

Putri Ariani didaulat sebagai penyanyi yang membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya menjelang balapan MotoGP Mandalika 2023. Agenda tersebut berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 15 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Ariani didaulat sebagai penyanyi yang membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya menjelang balapan MotoGP Mandalika 2023. Agenda tersebut berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 15 Oktober 2023.

Dara berusia 17 tahun itu menyanyi di sirkuit tepat saat matahari bersinar dengan teriknya. Kala itu, ia berbalut busana yang didominasi warna merah dan oranye dengan aksen di beberapa sisi.

Pelantun "Loneliness" tersebut mengenakan atasan merah dengan lengan menggembung. Busana tersebut dilengkapi bawahan asimetri yang dihadirkan lewat songket Lombok penciptaan apik dari desainer Indonesia, Eni Joe.

Peraih Golden Buzzer America's Got Talent 2023 itu melengkapi penampilan dengan hijab hitam. Ia juga memakai perhiasan seperti, kalung, bros, ikat pinggang, hingga cincin.

Deretan aksesori tersebut merupakan persembahan dari brand lokal, yakni AMERO Jewellery dan Lavani. Putri juga memakai sepatu dari Converse yang membuat tampilannya kian kece.

Ia sempat membagikan unggahan penampilannya melalui akun Instagram pribadi. "Alhamdulillah...🥰❤️🤲Its an honor for me to sing Indonesian national anthem, Indonesia Raya at the opening ceremony of Moto GP @themandalikagp @themandalikagp.series in Mandalika 2023," tulisnya. "Thanks for having me🥰❤️ @mxgp @pertamina @dyandrapromosindo @otelloasia."

Eni Joe pun sempat membagikan unggahan tersebut di akun Instagramnya. "INDONESIA RAYA Putri Ariyani @arianinismaputri

Grand Opening Ceremony MotoGP Mandalika 202314 Oktober 2023

SONGKET LOMBOK

Wardrobe by ENIJOEJewellry by AMERO@amerojewellery@lavaniindonesia," bunyi keterangan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Pujian untuk Putri Ariani

Deretan pujian pun menggema untuk penampilan Putri Ariani di MotoGP Mandalika 2023. Salah satu komentarnya berbunyi, "Terus berkarya... Calon Diva internasional. Kami selalu mendukungmu👏👏👏."

Warganet lain menuliskan, "Putri sayang, kamu kebanggaan Indonesia!! Kamu juga merupakan inspirasi dunia!! Aku mencintaimu!!"

Bahkan ada pula warganet yang menuliskan komentar panjang dalam bahasa Inggris yang memuji penampilan Putri. "Saya sangat senang melihat Anda tampil di MotoGP! Saya menonton setiap balapan dan tadi malam saya menonton lebih banyak video "reaksi" terhadap lagu Anda dan saya menangis lagi tadi malam setidaknya banyak kali karena pengaruh luar biasa yang Anda berikan terhadap saya dan orang lain. Lalu, saat bersiap-siap menyaksikan balapan pagi ini di Amerika, Anda muncul! Saya tidak dapat mempercayainya. Sangat senang! Terima kasih atas semua yang Anda lakukan! Saya berharap Anda dapat yang terbaik dalam hidup ini!" bunyi komentar tersebut.

Warganet dari luar negeri lainnya turut berkomentar, "We watched you in South Africa. Beautiful ❤️."

3 dari 4 halaman

Putri Ariani Bakar Semangat Penonton

Dikutip dari Bola Liputan6.com, kehadiran Putri Ariani di tengah-tengah Sirkuit Mandalika membuat heboh penonton. Putri Ariani seolah membakar semangat penonton yang harus menghadapi panas terik sejak siang hari. Para penonton memberikan tepuk tangan usai Putri selesai membawakan 'Indonesia Raya'.

"Merinding dengerin Putri Ariani nyanyiin Indonesia Raya," tutur Robby salah satu penonton yang menyaksikan balapan dari dekat tribun media MotoGP Mandalika 2023.

Sebelum Putri Ariani membawakan Indonesia Raya, penonton, pembalap dan kru dihibur dengan pertunjukan musik instrumen tradisional Lombok, Gendang Beleq, pertunjukan seni dan permainan tradisional Desa Sade, Tari Gandrung. Selain itu, akan hadir juga pertunjukan kombinasi baju tradisional dari 38 provinsi.

Upacara pembukaan sebelum start MotoGP Indonesia 2023 juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir dan ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus ketua DPR Bambang Soesatyo. Nama Putri Ariani naik daun setelah tampil memukau di America's Got Talent. Dia mengundang pujian dari para juri seerti Simon Cowell. Putri Ariani akhirnya finis sebagai juara keempat di ajang America's Got Talent.

4 dari 4 halaman

Perputaran Uang MotoGP Mandalika Capai Rp914 Miliar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahddin Uno, gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 13--15 Oktober 2023 berdampak positif bagi pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar. Perputaran uang di MotoGP Mandalika 2023 bahkan nyaris menyentuh angka Rp1 triliun.

"MotoGP Mandalika menuai hasil yang sangat baik. Estimasi perputaran uang dan penjualan tiket isementara ini terhitung sangat tinggi dan sudah melampaui target kita," ucap Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin, 16 Oktober 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Dessy Ruhati mengungkapkan, estimasi sementara perputaran uang selama gelaran MotoGP Mandalika 2023 mencapai Rp914 miliar. "Estimasi perputaran uang, penjualan tiket MotoGP dan pengeluaran dari penonton atau wisatawan yang datang adalah sebesar Rp914 miliar, yang merupakan hasil sementara karena proses penghitungan masih berlangsung," terang Dessy.

Ia menambahkan, ajang balap motor dunia tahunan ini berhasil meraup penjualan tiket sebesar Rp73 miliar serta pengeluaran (spending) wisatawan yang mencapai kurang lebih Rp841 miliar. Gelaran yang dihadiri kurang lebih oleh 102.929 pengunjung ini, lanjut dia, mencatat pengeluaran para pengunjung rata-rata sekitar Rp5--10 juta per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.