Sukses

Sempat Menganggur karena Pandemi, Balerina Keliling Dunia dan Menari di Jalanan

Balerina bernama Bianca Carnovale berkeliling dunia dan menari di jalanan. Akun Instagram @balletbusker mengabadikan beragam aksinya ketika tampil di jalanan dan disaksikan banyak orang, termasuk anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Balerina bernama Bianca Carnovale berkeliling dunia dan menari di jalanan. Akun Instagram @balletbusker mengabadikan beragam aksinya ketika tampil di jalanan dan disaksikan banyak orang, termasuk anak-anak.

"Saya menampilkan balet dengan orang-orang yang belum pernah melihatnya, dan saya mengingatkan orang-orang bahwa balet itu ada," kata balerina itu, dikutip dari People, Minggu, 8 Oktober 2023.

Tapi, itu tidak selalu menjadi rencananya. Pada musim semi 2020, Carnovale sedang belajar di akademi balet di New York City. Perintah lockdown akibat COVID-19 memaksanya untuk pindah pulang ke Australia. Perempuan berusia 22 tahun ini kemudian pindah ke Melbourne dengan harapan bisa mengikuti audisi The Australian Ballet.

Tetapi karena pandemi, mereka tidak membuka lowongan. "Tidak ada pekerjaan di dunia balet," kenangnya.

Ia bekerja di dua pertunjukan perhotelan, satu sebagai pelayan di restoran kelas atas dan yang lainnya memanggang burger. Ia juga melanjutkan kelas balet online dan menari sendirian di apartemennya.

"Sangat sulit untuk tetap termotivasi, tetapi saya menyukainya. Saya tidak ingin menyerah," katanya. "Saya mengatakan kepada ibu saya, 'Saya sangat rindu tampil.' Ibu saya benar-benar berkata, 'Bagaimana kalau kamu tampil di jalan saja?' Saya berkata, 'Bu, itu gila.'"

Ketika dia memberi tahu rekan penarinya tentang ide tersebut, dia menyemangatinya. Balerina ini membuat koreografi lagu "The Dying Swan" dan mulai menari di taman.

"Ketika orang-orang lewat, mereka begitu terpesona. Jadi menurut saya, itulah alasan lain yang benar-benar mendorong saya untuk mulai melakukannya," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengamen Balet

Pada 29 Oktober 2021, dia secara resmi mulai menari di jalanan sebagai "ballet busker" atau "pengamen balet". "Ini adalah mimpi baru saya. Saya suka ini,"katanya.

Dikatakannya, "Balet selalu menjadi sesuatu yang membantu saya, itu selalu terjadi pada saya. Saya selalu merasa sedikit egois ingin melakukannya. Tapi akhirnya saat saya mulai mengamen, saya seperti, 'Oh tunggu, ini bisa untuk orang lain juga. Ini sebenarnya dapat membantu orang-orang.'"

Ia terutama menyukai hubungan yang dia jalin dengan penonton. "Ada seorang pria yang mendatangi saya, dan dia meneteskan air mata, dan dia mengatakan bahwa ibunya telah meninggal dunia tahun lalu dan dia adalah seorang guru balet, dan saya hanya bisa memegang tangannya."

"Saya merasa pada saat itulah, ketika Anda menyadari bahwa hal ini sangat penting, Anda benar-benar dapat membantu orang lain," katanya. Carnovale saat ini berkeliling dunia, menampilkan balet di jalan tiga atau empat kali seminggu. 

3 dari 4 halaman

Ingin Terus Menginspirasi

"Bahkan sebelum saya menyalakan musik, saya mulai membangun penonton hanya dengan mengenakan tutu itu, hanya dengan duduk di sana sambil memakai sepatu," ia berbagi. "Saat saya selesai menari, semua orang hanya menatap saya seperti, 'Wah.' Saya tidak menyadari balet bisa melakukan itu. Sungguh menakjubkan."

Ia melihat dirinya sebagai teladan bagi anak-anak kecil. Ia bahkan mengundang beberapa orang untuk menari dengannya. "Kebanyakan gadis kecil berkata, 'Oh, itu menakutkan,'" katanya. "Kedua gadis ini, mereka sangat berani dan ingin berdansa dengan saya. Jadi saya menyalakan musik. Itu sangat menyenangkan, saya suka gadis kecil yang menginspirasi."

Carnovale berharap dapat bepergian ke negara-negara berkembang dan menampilkan balet dengan orang-orang yang belum pernah melihatnya, dan mungkin mengajar kelas di negara-negara tersebut. "Impian saya adalah bisa menampilkan balet dengan semua orang," katanya.

Ia mengungkapkan, "Saya sebenarnya hanya ingin bisa membantu orang-orang dengan balet. Saya merasa telah diberi kesempatan luar biasa ini untuk dapat membuat perbedaan, dan itulah yang saya coba lakukan dengan ini."

 
4 dari 4 halaman

Berasal dari Italia, Pusat Balet Dunia Justru Ada di Rusia

Balet adalah jenis tarian pertunjukan yang berasal dari Renaisans Italia pada abad ke-15. Istilah balet berasal dari kata Italia "ballare", yang berarti menari. Sedangkan, penari balet biasa disebut ballerina atau balerina. Pusat seni balet kemudian pindah ke Prancis setelah pernikahan bangsawan kelahiran Italia Catherine de Médicis dengan Henry II dari Prancis.

Seorang musisi dan koreografer istana bernama Balthasar de Beaujoyeulx merancang Ballet comique de la reine. Karya ini meresmikan tradisi panjang balet istana di Prancis, dan mencapai puncaknya di bawah Louis XIV pada pertengahan abad ke-17.  Dilansir dari laman Slate dan berbagai sumber lainnya, Senin, 28 Februari 2022, meskipun berasal dari Italia, sekarang balet sangat identik dengan Rusia.

Anda bisa menemukan beberapa penari, teater, hingga perusahaan tari terkemuka dunia, seperti Balet Bolshoi dan Balet Moskow. Balet awalnya datang ke Rusia pada 1700-an, dibawa oleh mantan kaisar Rusia, Peter yang Agung, dalam program westernisasinya.

Banyak budaya barat diperkenalkan, tetapi balet memiliki pengaruh terbesar dari semuanya. Balet dari Prancis ini pun mampu menyentuh hati hampir semua orang di Rusia, dan langsung menggantikan tarian rakyat tradisional Rusia.

Beda dengan di Prancis dengan balet hanya untuk orang kaya, tarian elegan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan di Rusia, dari yang kaya hingga yang miskin. Perkembangannya sangat berbeda dengan negara asalnya, Italia dan Prancis.

Para aristokrat Rusia mendirikan akademi balet untuk melatih para budak yang menduduki tanah mereka.  Orang-orang kaya membeli, menjual, dan memperdagangkan penari paling berbakat mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini