Sukses

Bikin Bisnis Online Lebih Berkembang dan Membuahkan Hasil, Ini 9 Kiat Cerdas yang Perlu Dilakukan

Inilah deretan kiat cerdas yang bisa dilakukan agar bisnis online berkembang dan membuahkan hasil.

Liputan6.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, bentuk bisnis yang dilakukan oleh para pengusaha pun juga turut berkembang dan bertambah ragamnya. Terlebih lagi karena saat ini terdapat teknologi internet yang berguna membantu setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Nah, salah satu jenis bisnis yang mulai banyak diminati adalah bisnis online.

Sama seperti namanya, bisnis online adalah sebuah usaha yang dijalankan dengan sistem online alias bisnis yang memanfaatkan penggunaan internet, serta platform online seperti website, media sosial, hingga marketplace. Dibanding dengan bisnis konvensional, bisnis online dianggap lebih mudah dalam memasarkan produk yang dijual karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, bisnis ini juga dapat dilakukan di mana saja, selama masih terdapat internet dan wadah pemasaran yang tepat.

Namun begitu, yang namanya menjalankan sebuah bisnis itu tetap harus memperhatikan banyak hal agar bisa bertahan dari persaingan dan mampu berkembang menjadi lebih maju lagi. Jika kamu salah seorang pebisnis online yang sedang mengembangkan usahanya, ada baiknya jika menyimak informasi berikut ini. Inilah deretan kiat cerdas yang bisa dilakukan agar bisnis online berkembang dan membuahkan hasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Manfaat Memiliki Bisnis Online

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa banyak orang saat ini beralih ke bisnis online shop ketimbang konvensional. Perlu diketahui bahwa baik bisnis online maupun bisnis konvensional sama-sama memiliki plus minusnya masing-masing. Ini semua kembali lagi terhadap sudut pandang dan kenyamanan para pengusaha. Tetapi, kamu juga wajib tahu bahwa ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari menjalani bisnis secara online.

Manfaat bisnis online yang pertama yaitu modalnya yang lebih minim. Dengan cuma bermodalkan komputer/laptop/PC, modem, langganan internet dan supplier saja, kamu sudah bisa membuka bisnis online sendiri. Soal tempat, tak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukannya dari rumah sendiri. Kedua, bisnis online sangat mudah dijalankan. Berbeda dari toko yang harus dijaga setiap saat, bisnis online ini bisa kamu lakukan di manapun dan kapanpun tanpa pandang waktu serta tempat. 

Ketiga, bisnis online bisa dijadikan sebagai penghasilan utama. Beberapa pengusaha yang membuka bisnis online biasanya memilih untuk menjadikan usaha mereka sebagai pekerjaan utama dan bukan sampingan. Terlebih lagi bila kegiatan tersebut menghasilkan omzet yang cukup besar atau bahkan berjumlah fantastis. Terakhir, bisnis online biasanya lebih hemat biaya dan waktu. Yup, mulai dari pemasaran, promosi, dan pembayaran dilakukan lewat online semua. Sementara untuk pengantaran barang dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan kurir, yang pastinya juga mudah dan praktis.

3 dari 12 halaman

Langkah Cermat Bikin Bisnis Online Berkembang

Bisnis online yang menjanjikan bukan semata-mata berbicara tentang apa yang sedang ngetren dan seberapa keuntungan yang akan didapat. Namun, usaha online seperti ini juga mengandalkan pola pikir dan cara membaca perilaku konsumtif dari masyarakat. Jika kamu ingin usaha yang dibangun berjalan dengan lancar, bisa berkembang, dan bahkan mendapatkan omzet yang sepantasnya, maka ada beberapa langkah cermat yang bisa ditiru. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 9 cara cermat bikin bisnis online berkembang. 

4 dari 12 halaman

1. Jalin Kerja Sama dengan Influencer

Menggaet influencer untuk bekerjasama dalam memasarkan produk jualan online yang kamu miliki bisa jadi salah satu kiat cerdas yang dapat dilakukan. Terlebih lagi karena kerjasama ini juga dianggap menguntungkan kedua belah pihak. Kamu cuma perlu mencari influencer dengan jumlah followers besar di media sosial, kemudian membayarnya untuk mempromosikan produk yang dijual. FYI, istilah seperti ini sering banget disebut sebagai ‘endorse’.

Menjalin kerjasama dengan influencer merupakan cara yang ampuh untuk mencari konsumen. Tapi ingat, pastikan dulu jika influencer yang ingin kamu ajak kolaborasi ini memiliki karakter atau image yang sesuai dengan bisnis online shop kamu. 

5 dari 12 halaman

2. Posting Produk dengan Konsisten

Kiat bisnis online yang selanjutnya adalah memasarkan produk di media sosial secara konsisten. Posting produk jualan di akun media sosial yang telah kamu siapkan khusus untuk berjualan. Sebisa mungkin upload dengan teratur, misalnya 2 hari sekali. Selain itu, jangan lupa pula untuk membuat caption di postingan agar calon pembeli semakin tertarik dan minat untuk membeli produk-produk dari usaha kamu.

Untuk urusan satu ini, kamu juga perlu belajar yang namanya digital marketing. Sebab, dengan belajar hal tersebut, kamu akan jadi lebih tahu dan paham bagaimana caranya memikat calon pembeli dengan produk yang dijual. Selain itu, digital marketing ini juga mampu membuat proses branding jauh lebih cepat dan mudah.

Jika kamu tertarik untuk belajar skill ini, maka bisa cari saja informasinya lewat buku, e-book, dan sebagainya. Kamu pun juga bisa bertanya kepada orang lain yang memang mengerti apa itu digital marketing dan segala seluk-beluknya.

6 dari 12 halaman

3. Ambil Foto yang Banyak, Namun Berkualitas

Memasarkan produk secara online akan kurang pas jika kamu tak mencantumkan gambar terkait. Ambil beberapa foto yang bagus dan unik. Kemudian publikasikan hasil jepretan tersebut agar jumlah like dan follower kamu bisa bertambah. 

Nah, dalam mengambil foto yang bagus, perhatikan juga angle pengambilan yang tepat. Jangan sampai karena salah angle, hasil jepretan jadi kurang maksimal. Kamu juga bisa melakukan beberapa editan pada gambar yang kurang bagus. Jika perlu, kamu juga bisa menyewa jasa foto dan editor profesional biar hasil jepretan bisa terlihat sempurna.

7 dari 12 halaman

4. Sesekali Update Video Tentang Produk

Selain foto, update pula beberapa video tentang produk yang kamu jual. Upload konten dalam bentuk video yang kreatif dan menarik. Selain untuk memperkenalkan bisnis online shop, kamu pun juga bisa mempromosikan barang-barang yang didagangkan lewat video tersebut. 

Lalu, konten seperti apa sih yang sebenarnya harus dibuat? Contoh bisnis online kamu adalah makanan. Maka, kamu perlu memasukkan video seputar visual makanan, cara memasaknya, keunggulan produk hingga range harga yang dipatok untuk para pembeli. Tambahkan narasi-narasi yang persuasif dan positif, sehingga para calon konsumen bisa melirik dagangan yang kamu jual.

8 dari 12 halaman

5. Selektif Pilih Hashtag

Dalam melakukan bisnis online untuk pemula, penting banget selektif dalam menggunakan hashtag. Sebaiknya pakai hashtag yang sering atau paling banyak digunakan oleh orang pada umumnya. Melakukan trik seperti ini diketahui dapat memudahkan orang lain dalam menemukan apa yang kamu jual. Selain itu, cara ini pun dinilai ampuh untuk menarik banyak calon konsumen via media sosial. 

9 dari 12 halaman

6. Jangan Lupa Tinggalkan Jejak di Media Sosial

Jika kamu memperhatikan akun media sosial selebriti atau influencer, biasanya akan terdapat komen-komen seputar promosi produk atau jasa. Meskipun terkesan mengganggu, namun cara marketing seperti ini dinilai ampun dan bahkan bisa mempromosikan bisnis online tanpa modal sepeserpun. Hanya saja, kamu juga perlu ingat untuk meninggalkan jejak komentar yang relevan dengan produk yang dijual, ya. 

10 dari 12 halaman

7. Manfaatkan Media Sosial Sepenuhnya

Bisnis online modal kecil bisa dimulai jika kamu handal dalam memanfaatkan media sosial. Terlebih lagi, jika kamu berada di negara seperti Indonesia, di mana mayoritas penduduknya memiliki dan menggunakan media sosial. Bahkan menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang pada Januari 2023. Jumlah tersebut setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri.

Dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya, kamu akan bisa mendapatkan peluang yang lebih besar dalam menjalankan bisnis online. Berbagai media sosial ini memiliki kelebihannya masing-masing. Selama kamu bisa melihat peluang dan tidak merugikan pihak lain, mengapa tidak mencobanya dulu?

Dengan jumlah pengunjung yang melihat postingan di akun media sosial kamu, maka kemungkinan juga jika calon konsumen akan bertambah banyak, bukan? Ini adalah salah satu cara praktis yang bisa dicoba untuk menarik pembeli agar melirik usaha online yang kamu miliki. Lebih-lebih lagi, karena tak butuh banyak modal untuk mempromosikan produk dagangan dengan trik satu ini.

11 dari 12 halaman

8. Bikin Deskripsi Produk Sejelas dan Serinci Mungkin

Jika ingin memperkenalkan sebuah produk, maka alangkah baiknya jika kamu membuat deskripsinya sejelas dan serinci mungkin. Bisnis online shop pada umumnya akan lebih berkembang bila para calon konsumen mengetahui sepenuhnya tentang produk yang kamu jual. Salah satu caranya adalah dengan memberikan penjelasan seputar manfaat, kandungan, serta cara penggunaan dari produk yang dipasarkan.

Membuat deskripsi produk juga menjadi salah satu langkah untuk membuat calon konsumen yakin dan percaya dengan produk yang dijual. Sehingga, mereka pun akan jadi lebih tertarik untuk membeli dan mencoba barang tersebut.

12 dari 12 halaman

9. Manfaatkan Platform E-commerce yang Tersedia

Memanfaatkan platform e-commerce juga bisa menjadi strategi selanjutnya untuk mengembangkan bisnis online. Di era yang masyarakatnya serba ingin praktis ini, seringkali e-commerce dijadikan pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari sembako, pakaian, furniture, bahkan perangkat elektronik sekalipun. 

Selain karena memang mampu memberikan kemudahan, berbelanja di platform e-commerce pun juga memiliki banyak keuntungannya. Di antaranya seperti banyak diskon, promo buy 1 get 1, layanan gratis ongkir, dan lain sebagainya. Jadi, tak heran jika kebanyakan orang saat ini lebih memilih berbelanja melalui e-commerce daripada harus berpergian lagi ke pasar, toko, atau swalayan.

Nah, dengan banyaknya minat yang ditunjukkan kepada e-commerce, kamu bisa lho memanfaatkan hal tersebut untuk mendagangkan produk sendiri. Dengan adanya toko online di platform ini, metode bertransaksi pun akan jadi lebih mudah dilakukan. Bukan itu saja, kamu pun juga akan bisa berinteraksi dengan pelanggan setiap saat dan di mana saja.

Beberapa platform e-commerce zaman sekarang juga tak memberikan persyaratan yang rumit untuk para pelaku usaha yang ingin membuka toko onlinenya. Bahkan, di antara e-commerce tersebut pun kini juga ada yang menyediakan program pelatihan agar kamu bisa menjadi penjual yang sukses dengan usahanya. 

Well, itu tadi beberapa kiat cerdas yang bisa kamu terapkan mulai sekarang jika ingin membuat bisnis online lebih berkembang. Beberapa kiat di atas tentunya akan bisa membantumu jika dilakukan dengan serius dan penuh ketekunan. So, jangan lupa dipelajari dan dipraktikkan agar usaha online yang dijalankan bisa memenuhi target seperti yang kamu harapkan. Good luck!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini