Sukses

Pesan Makeup Artist Senior pada Finalis MUA Hunt 2023 untuk Bisa Sukses: Attitude Nomor Satu

Make Over Indonesia baru saja menggelar kompetisi di bidang bidang makeup, Make Over MUA Hunt 2023. Beberapa makeup artist senior didapuk sebagai juri di ajang tahunan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Make Over Indonesia baru saja menggelar kompetisi di bidang makeup, Make Over MUA Hunt 2023. Ajang tahunan yang ditujukan untuk profesional makeup artist menjadi adu bakat untuk mencari dua orang terbaik di bidang tersebut.

MUA Hunt tahun ini bertema 'Creators Project Edition' yang berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya karena kegiatan ini melibatkan sejumlah global celebrity makeup artist dan konten kreator. Make Over menyadari bahwa banyak sekali beauty content creator yang sangat berbakat dan suka bereksperimen dalam hal makeup.

Tema 'Creator Project Edition' tercipta sebagai bentuk adaptasi akan perubahan di bidang digital, di mana saat ini MUA telah banyak memanfaatkan media tersebut untuk berkarya. "MUA Hunt 2023: Grand Final & Reunion" yang digelar di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Jumat, 28 September 2023.

Dari 2 ribu orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi ini, pihak penyelenggara mengkurasi menjadi dua pemenang yang diumumkan pada malam itu. Akhirnya, Laras Octa Ohndy dari Balikpapan dan AlFakiy dari Jakarta keluar sebagai pemenang. Bersama enam finalis lainnya yang berhasil masuk delapan besar, mereka sama-sama mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp10 juta.

Mereka juga akan mendapatkan produk Make Over senilai Rp2 juta per bulan selama satu tahun untuk masing-masing pemenang. Mereka adalah, Hanief dari Payakumbuh, Umam (Majalengka), Sultan (Pekanbaru), Syela (Jakarta), Yosdi (Medan) dan Ikawati (Bogor). Bedanya, Laras dan Alfakiy mendapat hadiah tambahan yaitu mengikuti kursus makeup profesional gratis dari para MUA professional di Thailand

"Tahun ini kita memang ingin level up, jadi kita bikin Creator Project Edition. Karenakan istilahnya, saat ini digital jadi salah satu media paling penting," ujar Stephanie Lie selaku Senior Group Head Make Over di malam final MUA Hunt 2023.

"Saat ini semua orang membuat konten, dan kita pengin banget lulusan MUA Hunt bukan cuma pintar makeup, di luar itu juga bisa membuat konten tentang makeup itu sendiri. Kami ingin sekali menggunakan MUA Hunt sebagai wadah untuk teman-teman makeup artist yang berprestasi untuk menjadi lebih terkenal di Indonesia," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MUA Harus Bisa Membangun Reputasi

Pada tahap pertama ini, 20 finalis Make Over MUA Hunt 2023 yang terpilih diumumkan pada 12 September 2023 lalu. Selanjutnya, 20 finalis yang telah terpilih kembali berkompetisi untuk menjadi delapan pemenang Make Over MUA Hunt 2023.

Para pemenang dipilih melalui offline makeup workshop pada 26--27 September 2023 bersama profesional MUA yang merupakan juri Make Over MUA Hunt 2023 yaitu Ryan Ogilvy, Dhirman Putra, Archangela Chelsea, dan global celebrity makeup artist & content creator, serta makeup showcase di Atrium Central Park Jakarta pada 28 September 2023.

Dhirman Putra selaku Make Over Makeup Creative Director menyampaikan, bahwa tahun ini menjadi tahun ke-4 dirinya berpartisipasi di ajang ini. "Berpartisipasi dalam Make Over MUA Hunt 2023 Creators Project Edition sebagai juri menjadi pengalaman yang pastinya akan memberikan insight dan inspirasi baru Saya berharap akan semakin banyak lagi talenta-talenta berbakat yang berpartisipasi dan mengasah skill mereka," terang Dhirman.

Dalam kesempatan itu, Dhirman juga membagikan tips untuk bisa sukses dalam waktu lama dan berkelanjutan, bukan hanya dalam waktu sekejap saja. Untuk mencapai hal itu seorang MUA harus membangun reputasi yang bagus selain hasil karya atau kreasinya yang memuaskan kliennya.

3 dari 4 halaman

MUA Membuat Klien Senang dan Nyaman

Dalam kesempatan itu, Dhirman juga membagikan tips untuk bisa sukses dalam waktu lama dan berkelanjutan, bukan hanya dalam waktu sekejap saja. Untuk mencapai hal itu seorang MUA harus membangun reputasi yang bagus selain hasil karya atau kreasinya yang memuaskan kliennya.

"Salah satu parameter keberhasilan kita sebagai MUA adalah mendapatkan repeat order, mendapatkan pekerjaan dari klien atau orang yang sama selama beberapa kali. Itu jadi kebangaan kita sebagai MUA, berarti kita bisa membiuat klien senang dan nyaman yang membuat mereka ingin meng-hire kita lagi," ungkap Dhirman.

"Kalau menurut saya, yang nomor satu itu attitude kita harus baik sehingga orang merasa nyaman dan senang bersama kita. Saya rasa di semua bidang pekerjaan juga begitu. Setelah itu baru skill yang jadi pertimbangan. Skill kita memang harus berkembang, tapi kalau attitude kita jelek, orang lain nggak akan memandang kita lagi, jad ingat itu attitude harus jadi yang nomor satu," sambungnya.

Sementara itu, Ryan Ogilvy selaku Professional Makeup Artist, melihat banyak sekali beauty enthusiast yang memiliki berbakat dalam makeup membuat video tutorial membuat makeup look yang sangat beragam.

"Make Over MUA Hunt termasuk platform yang sangat tepat bagi para beauty enthusiast yang ingin menjadi professional makeup artist untuk mencoba hal baru dan mengejar passion mereka. Sebagai salah satu juri pada ajang ini memberikan pengalaman bagi saya untuk bertemu langsung dengan talenta-talenta baru dan saling berbagi ilmu," tutur Ryan.

 

4 dari 4 halaman

Harapan Para Juri pada Finalis MUA Hunt 2023

Selain itu, Archangela Chelsea selaku Professional Makeup Artist menyampaikan, pengalamannya saat membangun karier sebagai MUA sangat sulit untuk mencari referensi dan membagikan hasil kreasi makeup look miliknya karena belum ada media sosial. 

"Setelah 14 tahun berkarir, saya bertemu banyak teman makeup artist yang saling mendukung dan menemukan produk makeup yang mendukung saya untuk berkreasi serta bereksperimen. Selain untuk mengasah skill makeup para peserta, Make Over MUA Hunt diharapkan bisa menjadi tempat mereka untuk berkenalan dan bertemu dengan industry players," terangnya.

Selama proses penjurian, para juri mengakui sangat selektif dalam memilih finalis yang lolos. Teknik makeup, kreativitas, pemilihan setiap item sangat diperhatikan. Namun, Dirman juga memperhatikan sikap dan pembawaan MUA sebagai bagian dari penilaian.

Sedangkan Ryan menyebutkan finalis MUA Hunt 2023 memiliki skill yang sudah mumpuni. Kerapian, pilihan foundation, skin preparation yang tepat, hingga menentukan warna yang cocok untuk orang yang dirias.

Chelsea mengakui kualitas para finalis. Tapi ia berharap para finalis juga tetap mau belajar, karena dirinya sebagai MUA yang sudah berkiprah secara internasional pun sampai detik ini masih belajar dan sering melihat cara orang lain saat memakai makeup.

"Selain harus terus belajar dan mengikuti perkembangan dan yang kedua kalian juga harus tetap keep humble. I know that kalian ada di sini sekarang, jadi 20 finalis MUA Hunt, so cool keren banget tapi ingat kalian harus tetap rendah hati," ujar Chelsea.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.