Sukses

Sosok Codeblu, Food Vlogger Misterius yang Berseteru dengan Farida Nurhan

Sosok di balik food vlogger yang menamakan dirinya, Codeblu, kerap membuat penasaran warganet. Hal ini dikarenakan dirinya tampil misterius dengan membuat konten tanpa menunjukkan wajah dan identitasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok di balik food vlogger yang menamakan dirinya, Codeblu, kerap membuat penasaran warganet. Hal ini dikarenakan dirinya tampil misterius dengan membuat konten tanpa menunjukkan wajah dan identitasnya.

Codeblu dikenal sebagai food vlogger yang mengulas apa adanya sesuai dengan pengalaman saat menyantap sajian. Ia pun memperjelas hal itu melalui bio di akun Instagram @codebluuuu yang telah diikuti lebih dari 77,9 ribu pengikut.

"Cuman review jujur, bukan roasting. Tolong dibedain. Makasi," demikian bunyi keterangan di bio tersebut.

Ia juga memiliki akun TikTok @codebluuuu yang telah diikuti lebih dari 828 ribu pengikut. Codeblu mengulas sajian di berbagai tempat makan dengan menyembunyikan wajahnya dan hanya terdengar suaranya ketika mengulas.

Baru-baru ini, Codeblu tengah jadi perbincangan hangat di jagat maya. Ia terlibat perseteruan dengan food vlogger Farida Nurhan setelah mengulas makanan di Warung Bang Madun Nyak Kopsah.

Codeblu merinci ulasannya seusai menyantap sajian di warung tersebut. Dalam video, ia menjelaskan bahwa, "Yang ini bukan five star tapi udah 25 tahun jualan gokil."

Pada awal video, Codeblu mencoba mix oseng yang dijual seharga Rp75 ribu. Ia pun mengomentari porsi sekaligus rasanya.

"Kecil banget lagi, enggak enak serius deh, waduh rasanya kacau amburadul," katanya dalam video.

"Saya bukan food reviewer yang punya STANDARD, atau IJIN PRAKTEK, tapi saya adalah manusia dengan STANDARD TINGGI, apalagi kalau katanya enak banget makanan nya, sudah pasti saya harus coba dong.Pendapat saya yang tidak punya standard adalah tempat makan nya, bukan pengunjung nya," bunyi awal keterangan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ulasan Codeblu di Warung Nyak Kopsah

Melalui sebuah unggahan video singkat ketika berada di sana, ia turut menuliskan setidaknya 13 poin dan rating dari rasa hingga harga. 

"1. Tempat tidak nyaman

2. Harga tidak bersahabat utk warung yang posisi depan kali.

3. Service dan pelayanan sebenernya baik, tetapi tidak sopan dan kurang wawasan, menegur tapa bilang permisi, dan salah informasi.

4. Saya sangat geram dengan cara dagang yang banyak gimmick, apalagi kurang jujur kurang tulus. Nasi setengah piring dia jual Rp 20.000,- tidak manusiawi, apalagi ini warung.

5. Bon nya salah hitung sava makan/e star total Ro 303.000,- saya bayarnya Rp315.000,- KEK MANA.

6. Rasa makanan Rica rica pedas yang cenderung tidak balance, bumbu nya banyak tapi yang terasa di lidah hanya cabai dan kemangi. Lalu kemana bumbu yang lain, masak rica kan pake tomat, jahe, kemiri, daun jeruk, dll

7. Cumi nya kurang fresh dan overall bumbu nya tidak bisa elevate the dish jadi malas makan, untuk dia masak nya fresh, ada banyak makanan yang tidak dimasak fresh, yang ini ketolong karena masak nya baru, jadi panas masih enak.

8. Sambel lencah no comment, karena pedas nikmat enak segar, sesuai namanya.

9. Mix oseng sangat mengecewakan ayan kering keras bumbu tidak resap, sudah ntn youtube bertubi2 sangat mengharapkan makanan oseng nya enak, malah bikin bete, bayar nya ga happy.

10. Fu yung hai, ini setengah penipuan, bukan funyung hai tapi bakwan di kasih saos funyung hai, saya makan funyung hai udah lebih dari 25th jadi saya sangat mengerti rasa fuyunghai tidak begitu.Hancur rada sangat bau gas dan bertepung bumbu bikin eneg, kaya makan muntah.

11. Telur dadar enak.

12. Tahu tempe goreng B ajah.

13. Bungkus nya pakai sterofoam, tetapi tamu lain hanya dikasi kantong kantong, lalu suruh bungkus sendiri, saya dibungkusin di dapur ga keliatan.

Ini tidak benar harusnya fair semua bavar pakai uang treatment harus adil.

Nilai secara umum nya 3/10

Rasa 6/10

Harga 1/10 sangat mahal," tulis Codeblu.

3 dari 4 halaman

Farida Nurhan Dituding Doxing Codeblu

Dikutip dari Citizen Liputan6.com, ulasan jujur Codeblu di Warung Nyak Kopsah pun mencuri atensi Farida Nurhan. Food vlogger yang akrab disapa Omay tersebut menegur Codeblu.

"Jangan membawa-bawa nama review jujur, kalo itu ternyata bad review. Memberikan review jujur itu memberikan solusi supaya tidak mematikan bisnis yang sudah dibangun. Memberikan review jujur tujuannya agar penonton tidak kecewa," kata Farida Nurhan dalam videonya.

Di video lain, ia dituding doxing dengan membongkar identitas Codeblu. Namun, video tersebut sudah dihapus.

"Mana foto-fotonya Codeblu, pengin lihat aku Codeblu yang mana? Hah ya Allah ini? Hahaha tak pikir kaya Chef Juna, makanya gak pakai video, gak pake foto, sok-sok bisa nge-review, sok-sok ngerti F and B," tutur Farida dalam video yang telah banyak diunggah ulang oleh warganet.

Usai viral, Codeblu tak terima identitasnya diungkap. Ia mengatakan bahwa akan melaporkan Farida jika tidak mau mengakui kesalahannya secara terbuka.

4 dari 4 halaman

Farida Nurhan Tantang Balik Codeblu

"Hallo selamat malam. Saya Codeblu, saya keberatan dengan doxing (menyebarkan identitas rahasia), penyebarluasan berita bohong, dan fitnah, serta pemecah belah dan perusak nama baik saya. Saya harapkan klarifikasi dan permohonan maaf anda secara tertulis dan melalui video TikTok (secara publik) mengakui bahwa Anda melakukan kesalahan tersebut diatas. Saya akan melaporkan secara resmi kepada pihak yang berwenang dalam 1×24 jam. Terima kasih," tulis Codeblu dalam DM kepada Farida Nurhan.

Alih-alih meminta maaf dan mengakui kesalahannya, Ibu satu anak itu malah menantang balik Codeblu. Dirinya mengaku tak takut jika mendapat panggilan dari pihak kepolisian. 

"Tidak silakan laporkan saya ke pihak berwajib kalau menurut anda itu perlu. Sebagai WNI yang baik saya akan mengikuti peraturan dan panggilan dari pihak yang berwajib apabila saya dipanggil. Nggak usah nunggu 24 jam, tidak usah menggertak, langsung aja ya laporkan," tulisnya.

Dalam caption yang diunggah Farida Nurhan bahkan menantang Codeblu untuk menunjukkan wajahnya. Seperti yang diketahui Codeblu sendiri kerap mengulas makanan tanpa menunjukkan wajahnya. 

"@Codebluuuu ditunggu episode selanjutnya, nggak usah nggertak, seujung kukupun aku nggak takut ke kamu, walaupun bad reviewmu di puja seluruh Indonesia, aku nggak gentar. Tunjukkan wajahmu kalau berani," tantang Farida Nurhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini