Sukses

Ahli Gizi Ungkap Makanan Promil Pengganti Ikan untuk Memenuhi Kebutuhan Harian Omega 3

Seorang ahli gizi berbagi pengalamannya dalam mengemas makanan untuk promil bagi penderita PCOS di akun TikTok pribadinya @rachelahligizi. Sebagai survivor PCOS dan kista, Rachel yang kini tengah hamil berbagi resep makanannya ketika ia sedang promil.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ahli gizi berbagi pengalamannya dalam mengemas makanan untuk promil bagi penderita PCOS di akun TikTok pribadinya @rachelahligizi. Sebagai survivor PCOS dan kista, Rachel yang kini tengah hamil berbagi resep makanannya ketika ia sedang promil.

Buah-buahan adalah menu wajibnya setiap hari ketika berusaha sembuh dari PCOS dan Kista. Lalu saat promil ia menganjurkan beberapa bahan pengganti untuk yang tidak suka ikan.

"Yang nggak suka makan ikan, kamu bisa dapatkan omega 3 dari biji chia lho," sebutnya di awal video yang diunggah pada 31 Agustus 2023.

Biji chia atau yang juga dikenal chia seed merupakan sumber fosfor, kalsium, protein, dan magnesium yang diketahui bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang. Biji chia juga berfungsi sebagai anti-inflamasi, namun manfaat terbesarnya adalah kandungan serat yang sangat tinggi sehingga membuat kenyang serta bisa mengontrol berat badan.

Hasil penelitian juga menunjukkan biji chia dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kontrol kadar gula darah dan memperbaiki kesehatan paru-paru. "Faktanya omega 3 dapat membentuk setengah kandungan biji chia dan dua sendok biji kering (kacang-kacangan) bisa memenuhi kebutuhan harianmu," ungkapnya lagi.

Karena saat ini udara di Jakarta sedang kurang baik, maka akan sangat membantu jika mengonsumsi makanan anti-inflamasi seperti biji chia. Selain itu barengi dengan konsumsi buah-buahan yang mengandung vitami C, A, dan E. "Dan yang paling penting konsisten makanan dan hidup sehatnya,"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sembuh dari Kista dan Endometriosis

Sudah jadi rahasia umum, bahwa berbagai macam penyakit seperti tumor maupun kista diawali dengan pola hidup yang tidak sehat. Terutama faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari, bisa berdampak buruk jika terus-menerus menjadi kebiasaan.

Rachel juga sempat mengungkap pengalaman dirinya yang sempat terkena kista dan endometriosis. Wanita yang merupakan lulusan S2 Master of Food, Nutrition & Health UCD Dublin berbagi pengalaman sebagai survivor PCOS dan kista hingga bisa sembuh.

"Aku ahli gizi yang sembuh dari kista dan endometriosis dan ini habit yang aku terus lakukan sampai sekarang," katanya di akun TikTok @rachelahligizi yang diunggah Senin, 4 September 2023.

Kiatnya yang pertama yaitu setiap hari makan buah. Pigmen dalam buah-buahan kaya antiokdidan, karena itu semakin banyak warna buah yang kita konsumsi maka akan semakin banyak manfaat kesehatan yang didapatkan.

Kedua yakni makan serat yang cukup dari sayur, protein nabati. "Kalau misalnya aku mau makan nasi goreng, aku masih makan, tapi aku tambahin protein dan sayurannya," tambah Rachel.

3 dari 4 halaman

Pola Makan Gizi Seimbang

Ia mengingatkan agar tidak lupa dengan prinsip pola makan gizi seimbang seperti konsep isi piringku sebagai standar baru dalam menetapkan porsi makan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. Apabila sedang ingin makan makanan manis, menurutnya tetap boleh.

"Aku juga tetap enjoy untuk makanan yang membuat aku happy, yang penting jangan berlebih," katanya.

Ia menyarankan supaya mendengarkan tubuh, ketika sudah kenyang sebaiknya berhenti. Ia menyambung, "Sebagai pejuang PCOS dan endometriosis aku percaya kamu juga bisa sembuh, jangan menyerah ya mencoba untuk makan lebih bergizi."

Konten yang disukai oleh 192 ribu lebih pengguna itu, mendapat banyak komentar. Bahkan ada pengguna yang juga berbagi tentang cara sembuh dari kista.

"Aku sebelum nikah ada kista, tapi aku minum rebusan daun sirsak. USG seminggu kemudian, kistanya udah nggak ada," kata seorang warganet berbagi.

"Aku gerd anxiety, boleh nyerah nggak sih? Capek," curhat warganet yang lain. 

"Bener banget, rutin minum jus buah atau sayur. Kurangi olahan tepung dan rajin olahraga, Alhamdulilah kista saya mengecil, haid nggak begitu sakit seperti sebelumnya," komentar yang lainnya. 

 

4 dari 4 halaman

Pengalaman Sembuh dari PCOS dan Kista

"Aku punya miom, belum sembuh tapi dalam seminggu bisa turun 5 cm gara-gara makan sehat yang direbus," cerita warganet.

"Hikmahnya aku nggak bisa masak. Suka makan buah dan real food karena tinggal rebus aja. Sayur pun biasa yang bening. Kekuranganku = keberuntungan," yang lain menimpali.

"Ka tapi kista banyak pantangan makanannya, aku pusing," warganet lainnya curhat.

"Aku lagi ngalamin ini, kayak berat banget ya," keluh yang lain.

Mengutip kanal Hot Liputan6.com, penyebab kista ovarium yang umum dialami wanita berhubungan dengan hal-hal sepele. Masalah yang terbentuk di indung telur ini dapat terjadi karena faktor usia, siklus menstruasi, hormon, kehamilan, hingga makanan serta minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Mengetahui penyebab kista ovarium dan cara mengobatinya yang efektif sangat penting. Menurut para ahli, hampir semua wanita pasti pernah memiliki kista ovarium. Hanya saat ukurannya kecil gejala kista tidak terasa dan ketahuan saat ukurannya besar.

Cara mengobati kista atau benjolan yang berisi cairan di dalam dan permukaan ovarium ini pun susah-susah gampang. Apabila belum parah, masalah kesehatan rahim ini bisa hilang sendiri dengan pola hidup sehat. Sementara kasus parah dan kista sudah membesar, pengobatan hormonal dan tindak operasi bisa dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini