Sukses

Viral Kakak Adik Ditangkap karena Bikin Konten Joget di Makam Pahlawan, Terancam 5 Tahun Penjara

Aksi tak terpuji itu dilakukan kakak beradik ini saat mengunjungi makam ayah mereka yang telah tiada usai membela Ukraina saat invasi Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Dua perempuan Ukraina menuai kecaman setelah merekam konten berjoget di makam pahlawan perang negara tersebut. Aksi tak terpuji itu dilakukan kakak adik ini saat mengunjungi makam ayah mereka yang telah tiada usai membela Ukraina saat invasi Rusia.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis, 31 Agustus 2023, di tengah kritik pedas atas video itu, keduanya mengklaim bahwa mendiang ayah mereka akan menganggap kelakuan itu lucu. Namun, mereka akhirnya mengaku bersalah dan menyebut video yang dibuat "tidak pantas."

Polisi mengonfirmasi bahwa kedua perempuan yang tidak disebutkan namanya itu akan didakwa atas penghinaan terhadap makan pahlawan perang. Mereka juga terancam hukuman lima tahun penjara.

Video yang jadi perbincangan hangat di jagat maya itu menampilkan kedua dara itu sama-sama mengenakan crop top hitam dan celana pendek ketat. Mereka berjoget sambil berdiri di antara kuburan tentara yang dihiasi bunga dan bendera Ukraina.

Salah seorang dari mereka pertama kali terlihat meletakkan ponselnya untuk merekam di samping kuburan tentara. Ia pun mulai bergoyang dengan tangan di udara.

Saudaranya yang tampak sedang berbicara di telepon kemudian ikut bergabung dan terlihat twerking di depan kamera. Mereka beraksi di makam ayah mereka di Forest Cemetery di Kyiv, ibu kota Ukraina, pada 24 Agustus 2023.

Dilaporakan bahwa ayah mereka adalah seorang prajurit Brigade ke-95 Angkatan Bersenjata Ukraina yang terbunuh di dekat Izium, di wilayah timur Donetsk. Penegak hukum setempat melihat rekaman tersebut setelah kedua perempuan itu membagikannya di Instagram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Maaf

Polisi Ukraina memburu mereka dalam waktu kurang dari satu jam hingga akhirnya keduanya ditahan. Menyusul reaksi keras tersebut, salah satu saudari tersebut meminta maaf melalui media sosial.

"Saya dan saudara perempuan saya meminta maaf. Kami menghormati setiap prajurit yang gugur demi tanah air kami. Kami mengunjungi makam ayah kami yang meninggal di dekat Izium. Sayangnya, mengunggah video semacam ini kurang tepat, meski kami tidak bermaksud melecehkan nama baik pahlawan," terangnya.

Ia menambahkan, "Perilaku kami terkait dengan pemahaman kami tentang perspektif mendiang ayah kami mengenai adat istiadat penguburan. Jadi, kami tidak melihat ada yang salah pada saat itu, tapi sekarang kami menyesalinya."

Otoritas Ukraina disebut terus menyelidiki insiden tersebut. "Penyidik ​​​​dari departemen kepolisian Desnyan, dengan persetujuan kantor kejaksaan, memulai proses pidana berdasarkan Bagian 2 Pasal 297 KUHP Ukraina - penghinaan terhadap pemakaman tentara," bunyi keterangan lain yang ditulis dalam bahasa Ukraina.

Mereka menambahkan, "Tersangka menghadapi pembatasan kebebasan untuk jangka waktu tiga sampai lima tahun atau perampasan kebebasan untuk jangka waktu yang sama."

3 dari 4 halaman

Heboh Jemaah Haji Indonesia Joget TikTok di Tanah Suci

Sebelumnya, konten tak terpuji lainnya sudah lebih dulu mencuri perhatian. Sosok perempuan bercadar asal Indonesia yang berjoget untuk membuat konten TikTok di tanah suci Makkah sempat viral.

Awalnya, akun Twitter bernama @tanyarlfes mengunggah sebuah video berisi jemaah haji perempuan  asal Tanah Air yang diduga sedang ibadah haji di Makkah. Dalam video tersebut, tampak perempuan sedang menari di hadapan kameranya demi membuat konten TikTok.

Tidak hanya itu, ia yang awalnya belum diketahui identitasnya ini bahkan sempat berulang kali menabrak pejalan kaki yang sedang lewat. Namun, hal tersebut tidak membuatnya berhenti membuat konten.

Belakangan diketahui bahwa perempuan itu adalah seorang selebgram asal Samarinda, Kalimantan Timur, bernama Athalia Ariella Aubry. Hal itu diketahui melalui video yang dibagikan akun TikTok pribadinya @ariellalalaa_ pada 22 Juni 2023.

Athalia terlihat tampil tertutup memakai gamis, kerudung, beserta cadar yang seluruhnya berwarna hitam. Ia berjoget di tengah keramaian orang yang berlalu-lalang. Sejumlah ibu-ibu yang melintas terlihat sudah mengingatkannya untuk tidak melakukan hal itu di sana.

4 dari 4 halaman

Tak Hiraukan Peringatan

Namun, peringatan itu tidak dihiraukan. Saat Athalia hendak melancarkan aksinya lagi, datang seorang perempuan berkerudung cokelat dan membawa payung yang langsung memaksanya berhenti dengan cara mendorong menggunakan badan. Setelah itu, video berakhir.

Unggahan di TikTok tersebut sudah dilihat lebih dari 4,2 juta kali dan mendapatkan lebih dari 3.200 komentar saat artikel ditulis. Aksi joget perempuan itu juga dibagikan ulang di sejumlah media sosial, salah satunya akun Instagram @mood.jakarta pada 28 Juni 2023.

"Ramai di media sosial seorang berjoget tiktok diduga di tanah suci. Terlihat menghalangi orang lalu lalang. Video tersebut di upload oleh akun tiktok ariellalalaa_ . Gimana menurut kalian?" tulis akun tersebut dalam keterangan unggahannya.

Baru beberapa menit dibagikan, unggahan itu sudah disukai lebih dari 5.800 kali dan mendapatkan lebih dari 1.000 komentar. Sebagian besar menghujat aksi tidak terpuji selebgram yang juga jemaah haji Indonesia tersebut. "Akhlak not found 👏 (akhlaknya hilang)," komentar seorang warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini