Sukses

Ragam Hidangan yang Dicicipi Jokowi Saat Hadiri Undangan Jamuan Santap Siang Kenegaraan Presiden Tanzania

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri jamuan santap siang kenegaraan yang digelar oleh Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri jamuan santap siang kenegaraan yang digelar oleh Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan. Santap siang tersebut dilaksanakan di Dar Es Salaam State House, Dar Es Salaam, pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Dikutip dari laman presidenri.go.id, Rabu (23/8/2023), jamuan santap siang itu menutup rangkaian kunjungan kenegaraan Jokowi ke Tanzania. Jokowi menyampaikan dalam sambutannya saat jamuan santap siang bahwa bertandang ke Tanzania seperti berkunjung ke kerabat dekat. Dikatakan Jokowi, Indonesia dan Tanzania punya persamaan identitas.

"Indonesia punya Bhinneka Tunggal Ika, sedangkan di Tanzania Uhuru na Umoja," kata Jokowi.

Dikatakan Jokowi, dengan filosofi tersebut, Indonesia menjunjung tinggi persatuan dan menghargai keberagaman. Menurutnya, filosofi itu adalah modal besar bagi penguatan kemitraan kedua negara.

Pada kesempatan itu pula, Jokowi menikmati beragam hidangan, seperti sup wortel kacang polong, ayam tikka, satai ikan, hingga cumi panggang. Jokowi menutup santap siang dengan menikmati sajian buah segar. Kedua presiden kemudian saling mendoakan untuk kesehatan serta kesejahteraan rakyat kedua negara.

Jokowi memulai kunjungan kenegaraan ke Republik Persatuan Tanzania pada Senin, 21 Agustus 2023. Pesawat GIA-1 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional Julius Nyerere, Dar Es Salaam, Tanzania sekitar pukul 17.05 waktu setempat.

Di bawah tangga pesawat, Jokowi disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri Tanzania Stergomena Tax, Duta Besar RI di Dar Es Salaam Tri Yogo Jatmiko beserta Ibu Ratna Jayanti Jatmiko, dan Atase Pertahanan RI di Pretoria Kolonel Mar Burhanuddin beserta Ibu Witha Anugrah. Jokowi kemudian diberikan karangan bunga oleh seorang anak Tanzania.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Penampilan Budaya

Di bandara tersebut, Jokowi juga disambut dengan dua tarian penyambutan, yakni tarian suku Maasai dari Arusha dan tarian Msewe dari Zanzibar. Ada pula grup musik memainkan musik tradisional penyambutan.

Dari Bandara Internasional Julius Nyerere, Jokowi dan rombongan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Tanzania. Di hotel tersebut, dia disambut oleh sejumlah pegawai KBRI Dar Es Salaam dan perwakilan masyarakat Indonesia di Tanzania.

Sebelumnya, Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Jomo Kenyatta, Nairobi, Kenya, sekitar pukul 15.40 waktu setempat. Di hari ketiga di Afrika pada Selasa, 22 Agustus 2023, Jokowi bertemu dengan Presiden Republik Persatuan Tanzania Samia Suluhu Hassan.

Pagi harinya, Presiden menuju Dar Es Salaam State House di Dar Es Salaam untuk mengikuti rangkaian upacara penyambutan kenegaraan bersama Presiden Tanzania. Dalam kegiatan tersebut nantinya kedua negara menggelar pertemuan bilateral untuk membahas sejumlah kerja sama antara kedua negara dan menandatangani sejumlah nota kesepahaman.

3 dari 4 halaman

Ikuti Upacara Penyambutan Kenegaraan di Tanzania

Kunjungan kenegaraan Jokowi ke kawasan Afrika dilanjutkan dengan mengunjungi Dar Es Salaam, Republik Persatuan Tanzania. Kunjungan ini menjadi kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Tanzania dalam 30 tahun terakhir setelah kunjungan Presiden Soeharto pada 1991.

Kehadiran Jokowi di Tanzania disambut secara kenegaraan oleh Presiden Samia Suluhu Hassan di Dar Es Salaam State House, pada Selasa, 22 Agustus 2023. Cuaca cerah tepi pantai mengiringi upacara penyambutan kenegaraan. Tiba sekira pukul 10.00 waktu setempat atau 14.00 WIB, Presiden Jokowi disambut secara langsung oleh Presiden Samia di halaman depan Dar Es Salaam State House.

Kedua pemimpin negara kemudian mengikuti jalannya upacara penyambutan dengan iringan lagu kebangsaan masing-masing negara serta 21 dentuman meriam kehormatan. Setelahnya, Jokowi dipersilakan oleh Presiden Samia untuk menginspeksi pasukan.

Setelah upacara selesai, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi masing-masing dilanjutkan dengan berjalan menuju Gedung Kikwete Hall, Dar Es Salaam State House untuk menandatangani buku tamu. Sepanjang jalan menuju lokasi penandatanganan buku tamu, Presiden Jokowi bersama Presiden Samia diiringi oleh tarian tradisional Tanzania.

4 dari 4 halaman

Dari Tanzania, Jokowi Tiba di Maputo Mozambik

Jokowi melanjutkan perjalanan dalam rangkaian kunjungannya di Benua Afrika ke Maputo, Republik Mozambik, pada Selasa, 22 Agustus 2023. Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Jokowi bersama rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Maputo sekira pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB.

Di bawah tangga pesawat, Jokowi disambut langsung oleh Menteri Sumber Daya Mineral Mozambik Carlos Joaquim Zacarias dan State Secretary Maputo Manuel Vicente. Setelahnya, dua orang anak memberikan karangan bunga tangan kepada Presiden.

Jokowi kemudian berjalan melewati barisan kehormatan. Di ujung barisan, terlihat menyambut yakni Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi Herry Sudrajat beserta istri dan Atase Pertahanan RI di Pretoria Kol. Mar. Burhanudin. Dari pihak Mozambik juga menyambut kehadiran Jokowi, yakni Wakil Menteri Luar Negeri Mozambik Manuel Jose Goncalves, Duta Besar Mozambik untuk Indonesia Belmiro Jose Malate, dan Gubernur Provinsi Maputo Iolanda Cintura.

Dari bandara, Presiden beserta rombongan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Mozambik. Di hotel tersebut, Presiden disambut oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan, Koordinator Fungsi Politik, Penerangan, dan Sosial Budaya/Kepala Kanselerai KBRI Maputo Budi Santoso, serta sejumlah masyarakat Indonesia di Mozambik dengan iringan alat musik angklung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.