Sukses

11 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Harus Diet Ketat dan Olahraga, Ternyata Gampang Banget Lho

Berikut merupakan 11 cara mengecilkan perut tanpa harus menjalani diet ketat dan olahraga. Apa saja ya kira-kira?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki perut buncit seringkali menjadi sebuah permasalahan yang begitu menyebalkan bagi beberapa orang. Sebab, perut yang buncit dapat membuat penampilan jadi kurang maksimal dan bahkan bisa menimbulkan risiko terkena berbagai penyakit. Itulah mengapa, cara mengecilkan perut sangat diperlukan demi menciptakan tubuh yang sehat dan ideal. 

Meskipun diet ketat dan olahraga ekstrem merupakan cara yang efektif untuk mencapai perut yang lebih rata, namun metode ini dinilai sangat melelahkan dan terkadang bikin sengsara para pelakunya. Namun, tak usah khawatir lagi, sebab masih ada juga cara-cara lainnya yang dapat membantu kamu mencapai tujuan tersebut tanpa harus melibatkan pola makan yang ketat dan olahraga yang intens. 

Berikut merupakan 10 cara mengecilkan perut tanpa harus menjalani diet ketat dan olahraga. Apa saja ya kira-kira?

1. Tidak Melewatkan Waktu Sarapan

Momen sarapan seringkali dilewatkan begitu saja oleh orang-orang yang super sibuk dan tak punya banyak waktu. Namun siapa sangka, bahwa melewatkan waktu bersantap di pagi hari ini ternyata memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Selain bisa mengganggu kesehatan, aktivitas sarapan yang kerap dilewati pun juga akan berpengaruh terhadap porsi makan siang yang dimiliki.

Ketika kamu tidak menyantap makanan apapun di pagi hari, maka kemungkinan besarnya porsi makan siang akan menjadi lebih banyak. Inilah yang kemudian menjadi penyebab perut buncit yang terkadang kurang disadari oleh banyak orang. 

Oleh karena itu, jangan sekali-sekali melewatkan momen sarapan di pagi hari, ya. Dengan begitu, kesehatan pencernaanmu pun akan bisa bekerja dengan sempurna dan menurunkan berat badan jadi hal yang dapat terwujud.

2. Minum Air Mineral yang Cukup 

Mengecilkan perut yang efektif tanpa harus diet ketat dan olahraga juga bisa dilakukan dengan memenuhi asupan air mineral yang cukup. Yup, meskipun terdengar sepele, namun minum air mineral dalam jumlah yang cukup memiliki sejumlah khasiat luar biasa bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Mulai dari menghindari dehidrasi, meningkatkan kinerja organ dalam tubuh, mencegah terjadinya konstipasi, hingga dapat membuat perut menjadi rata. 

Bukan cuma itu saja, rutin minum air mineral juga nyatanya ampuh untuk membakar lemak di perut. Ini karena minum air mineral yang cukup dapat membuat tubuh lebih terhidrasi, yang mana itu berperan dalam penurunan berat badan, termasuk pencernaan dan fungsi otot. Itulah mengapa, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk memenuhi kebutuhan air mineral harian.

3. Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Serat

Selain banyak minum air mineral, ternyata cara alami mengecilkan perut tanpa perlu diet ketat dan olahraga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Perlu kamu ketahui bahwa tips mengecilkan perut buncit yang satu ini sangat efektif bila diterapkan. Pasalnya, makanan dengan kandungan serat yang tinggi mampu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah kamu untuk makan dalam porsi yang berlebihan.

Selain itu, makanan yang tinggi serat juga sangat bagus bagi kesehatan organ pencernaan. Jadi buat kamu yang memiliki sembelit atau masalah pencernaan lainnya yang bikin perut buncit, cocok banget lho untuk mencoba cara mengecilkan perut ini. Adapun makanan tinggi serat yang bisa dipilih adalah alpukat, apel, pir, kacang almond, pisang, wortel, oat, ubi jalar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Membatasi Gula dan Karbohidrat Olahan

Memperbaiki kebiasaan menyantap yang kamu lakukan sehari-hari juga wajib dilakukan. Hal ini bisa banget dimulai dengan membatasi konsumsi gula yang berlebihan. Berbeda dari makanan tinggi serat, makanan dengan kandungan gula yang tinggi akan lebih cepat membuat perut menjadi lapar. Alhasil kamu pun jadi akan sering menyantap makanan dengan tak terkendali dan bahkan tak ingat waktu.

Selain itu, kurangi pula mengonsumsi karbohidrat olahan. Pasalnya, jenis makanan seperti ini tidak akan memberikan nutrisi yang penting dan cukup bagi tubuh kamu. Percayalah, dengan mempraktikkan cara mengecilkan perut ini, lemak perut yang awalnya menumpuk jadi bisa dikurangi. 

5. Konsumsi Makanan yang Tinggi Protein

Memilih makanan dengan gizi seimbang juga dapat berpengaruh terhadap upaya mendapatkan tampilan perut rata yang diidamkan. Nah, salah satu jenis gizi yang perlu dipenuhi ini adalah protein. Sama seperti serat, makanan dengan kandungan protein yang tinggi juga mampu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu kamu untuk makan lebih sedikit kalori.

Ini bisa saja terjadi dikarenakan protein mengandung hormon ghrelin dan GLP-1 yang berfungsi untuk menekan rasa lapar dan membuat rasa kenyang dengan lebih cepat. Oleh karena itulah, lebih baik pertimbangkan kembali untuk beralih ke makanan kaya akan kandungan protein daripada makanan yang tinggi kalori dan berisi lemak jenuh.

6. Tidur yang Cukup dan Teratur

Jangan lupakan pula rutinitas tidur yang cukup dan teratur. Pola hidup yang sehat satu ini tidak bisa kamu abaikan karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain karena mampu menahan nafsu makan, memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat menurunkan berat badan berlebih. 

Perlu diketahui bahwa aktivitas tidur ini cukup berperan penting dalam pengaturan hormon di dalam tubuh. Apabila kamu tidak tidur dengan baik, maka regulasi insulin bisa saja akan terganggu. Inilah yang kemudian berpotensi meningkatkan resistensi insulin dan menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah. Selain itu, ini juga dapat berkontribusi pada penumpukan lemak di sekitar perut.

Jadi, penting banget untuk tidur secara teratur. Kamu bisa beristirahat selama 8 jam (durasi ideal bagi orang dewasa) agar tubuh tetap sehat dan sistem pencernaan pun bisa mencerna kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan baik. 

7. Hindari Stress yang Berlebih

Penyebab perut buncit yang jarang disadari oleh banyak orang dewasa adalah stress. Kamu pasti juga tahu bahwa kehidupan orang dewasa biasanya dipenuhi dengan jadwal yang padat dan pekerjaan yang bikin pusing. Jika rutinitas tersebut berlanjut dalam waktu tertentu, tentu saja tubuh akan menjadi lebih lelah dan pikiran bisa semakin tak karuan.

Akan tetapi, sebaiknya kelola rasa stress tersebut dengan baik. Pasalnya, stress yang tak dikelola secara baik akan berdampak pada kondisi tubuh kamu. Yup, stress yang dimiliki terkadang sering dilampiaskan dengan banyak mengonsumsi makanan. Inilah yang kemudian membuat lemak bertumpuk di tubuh dan menjadikan perut menjadi buncit. 

Maka dari itu, cara mengecilkan perut selanjutnya yang perlu diterapkan adalah menghindari atau kelola stress yang dimiliki sebaik mungkin. Dengan begitu, perut buncit bisa dihindari dan tubuh ideal pun jadi selangkah lebih dekat untuk didapatkan. 

8. Makan dengan Perlahan

Ketika bersantap, sebaiknya kunyahlah makanan secara perlahan. Pasalnya, cara mengecilkan perut ini dapat membuat makanan yang masuk ke dalam lambung bisa tercerna dengan sempurna. Bukan cuma itu saja, makan dengan perlahan juga mampu membuat perut kenyang lebih cepat. Sehingga, porsi makanan menjadi lebih sedikit dan itu dapat membantu kamu untuk menguruskan badan. 

Namun untuk tips satu ini, kamu tetap perlu memerhatikan gizi seimbang yang terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi, ya. Jangan karena keinginan untuk menguruskan badan dan meratakan perut, kamu jadi makan sembarangan dan bahkan tak teratur. Ingat, cara mengecilkan perut tanpa harus diet ketat dan olahraga itu tak bikin sengsara. Jadi, catat hal ini baik-baik!

9. Makan Menggunakan Piring Kecil

Menurunkan berat badan tanpa harus diet ketat dan olahraga juga bisa dilakukan dengan tips yang satu ini. Mencoba makan menggunakan piring kecil dipercaya dapat membantu kamu makan dengan porsi yang pas. Bagaimana bisa? Pasalnya, makan dengan piring kecil memberikan persepsi bahwa makanan yang sedang dimakan terlihat lebih banyak.

Cara mengecilkan perut ini dinilai sebagai strategi yang sederhana dan memiliki tingkat keefektifitasan lebih tinggi dibandingkan lainnya. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan oleh America's Cornell University, makan dengan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan hingga 2 pound atau sekitar 0,9 kg per bulan.

10. Banyak Bergerak

Olahraga untuk perut buncit juga menjadi salah satu metode menurunkan berat badan yang efektif. Namun sayang, tak semua orang mau melakukannya karena kebanyakan jenis olahraga untuk meratakan perut memerlukan banyak usaha serta waktu. Belum lagi penerapannya dinilai sangat sulit dan terlalu banyak syarat yang harus dipenuhi.

Meski begitu, kamu tetap bisa lho membakar lemak tubuh tanpa perlu melakukan olahraga yang sulit. Salah satunya adalah dengan banyak bergerak. Tak perlu sampai repot-repot pergi ke gym, karena dengan melakukan kegiatan sehari-hari saja sudah terhitung sebagai bentuk pergerakan, lho. Misalnya saja, kamu pergi ke suatu tempat dengan berjalan kaki, memilih untuk menaiki dan menuruni tangga alih-alih menggunakan lift, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. 

Percayalah, dengan menerapkan tips ini dalam kehidupan kamu, perut buncit yang tadinya bikin insecure justru bisa kempes dan kembali rata. Jadi, jangan lupa dicoba.

11. Kurangi Mengonsumsi Sodium

Makanan dengan rasa gurih dan asin memang tak pernah salah untuk dipilih. Apalagi karena kebanyakan makanan di Indonesia sering mengutamakan rasa yang seperti ini. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin ternyata dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan garam yang ada pada makanan gurih dan asin mampu mengikat kandungan air yang ada di dalam tubuh. Sebagai akibat, hal tersebut dapat memengaruhi bentuk perut dan bahkan membuatnya menjadi tampak buncit. 

Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengosumsi makanan bersodium jika kamu ingin memiliki penampilan perut rata dan ramping. Tips mengecilkan perut buncit ini bisa banget dicoba segera karena tak memerlukan proses diet ketat hingga olahraga. 

Well, itulah beberapa cara mengecilkan perut tanpa harus melakukan diet ketat atau olahraga yang ekstrem. Mencoba berbagai tips di atas tentu tak akan bikin rugi, malahan semua itu dapat membantu kamu mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal dan sesuai dengan apa yang diimpikan. 

Tak cuma itu saja, memiliki perut rata juga akan membuat kamu jadi lebih percaya diri saat tampil di mana-mana. Jadi, nggak ada lagi yang namanya insecure atau khawatir bila berada di hadapan banyak orang. Bye-bye perut buncit and welcome perut rata!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini