Sukses

Nicholas Saputra Enggan Bekerja untuk Gaya Hidup, Bersyukur Sudah Diajarkan Ayahnya Mengatur Keuangan Sejak SMA

Di balik kesuksesannya sebagai aktor maupun model iklan yang dibayaran cukup mahal, Nicholas Saputra cukup konservatif mengatur keuangannya. Ia sudah menginvestasikan uangnya sejak awal berkarier di dunia keartisan.

Liputan6.com, Jakarta - Nicholas Saputra dikenal sebagai aktor sejak masa awal kebangkitan perfilman Indonesia. Ia memerankan tokoh Rangga di film "Ada Apa dengan Cinta" (2002) bersama Dian Sastrowardoyo yang melambungkan namanya hingga sekarang.

Setelahnya, Nico, sapaan akrabnya sangat menempel dengan sosok Rangga yang misterius atau memiliki kesan "Cool" di mata kaum hawa. Namun di balik kesuksesannya sebagai aktor maupun model iklan yang dibayaran cukup mahal, Nicholas cukup konservatif mengatur keuangannya dan sudah menginvestasikan uangnya sejak ia berkarier di dunia keartisan. 

Hal itu terungkap saat Nico berbincang dengan Putri Tanjung melalui podcast bertajuk "Ngobrol Sore Semaunya" yang ditayangkan di YouTube. "Kak Nico lifestyle-nya kayak apa? terlihat sangat simpel?" tanya Putri ke Nico.

Aktor berusia 39 tahun itu pun menjawab, "Saya simpel tapi berubah-ubah lifestyle-nya. Berubah-ubah, kalo lifestyle kan bisa berubah-ubah."

Ia pun menjelaskan bahwa menyukai kesederhanaan tapi juga tetap menikmati gaya hidup yang menurutnya sebagai sebuah kemewahan pada akhirnya. Gaya hidup bisa berubah, juga tergantung fase seseorang bahkan kadang mengikuti teman sepanjang masih wajar dan mengenal diri.

"Kadang-kadang kita meras bahwa ini bukan diri saya lagi nih, terlalu jauh. Intinya jangan terpenjara dengan ide diri sendiri dalam lifestyle," kata Nicholas.

Gaya hidup menurut Putri berpengaruh pada keuangan seseorang, ia pun bertanya lagi bagaimana Nico mengatur keuangannya. "Saya sangat konservatif," jawab Nico singkat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar Mengatur Keuangan Sejak Remaja

Lalu Putri Tanjung pun penasaran dengan cara Nicholas mengatur keuangan. "Saya belajar financial planning itu sejak SMA," sambung Nico yang membuat Putri terlihat kaget.

Alasannya menurut Nico, ketika SMA dia sudah mulai bekerja dan ayahnya mengajarkan padanya. "Intinya waktu itu udah diajarin investasi, bagaimana cara nabung, bagaimana cara menyisihkan uang pendapatan. Karena dia (ayahnya) tahu nih saya sudah mulai kerja, nggak terlalu setuju sebenarnya tapi dia langsung oke boleh tapi diajarin (finansial planning)," cerita Nico panjang.

Hal itu membuatnya telah berinvestasi sejak muda di usia 17 tahun. Saat itu dia sudah mulai mencicil apartemen sendiri, apartemennya lalu disewakan dan hasil sewanya untuk membayar cicilan dan menambah gaya hidup di usianya yang kala itu terbilang sangat muda.

"Kalau saya sih intinya sangat percaya bagaimana kita musti, apa ya.. mikirnya jangka panjang. Karena kalau kita terlalu boros di awal dan lupa mikirin investasi, itu akan menyesal," papar Nico.

3 dari 4 halaman

Merasa Beruntung karena Mulai Investasi Sejak Kecil

Nico pun merasa beruntung karena telah memulai investasi sejak kecil. "Investasi sekarang macem-macem ya," kata Nico lagi.

Dari reksa dana, properti, emas, hingga berbisnis. Namun ia membocorkan kalau dalam hal investasi termasuk orang yang konservatif. "Jangan sampai lifestyle saya menentukan bagaimana saya bekerja, tapi bagaimana pekerjaan saya bisa memenuhi lifestyle saya,"

Ia melanjut, "Jangan kebalik, lifestyle dulu tapi investasi dan financial planningnya dulu baru.. oh saya bisa sebulan nih segini, jadi saya bisa beli ini."

Adapun sekarang menurut Putri, semua sudah digital sehingga mengatur keuangan seharusnya mudah. Bahkan dalam satu aplikasi kebutuhan finansial mulai dari pembayaran hingga berinvestasi untuk beli saham bisa dilakukan. 

Nico pun mengiyakan, bahwa dulu untuk investasi maupun menabung harus pergi ke bank, tanda tangan. "Beruntunglah (generasi sekarang) dan gunakanlah," saran Nicholas Saputra. 

Ia juga berpesan ke dirinya di masa mendatang, agar bisa lebih baik dari dirinya yang sekarang. Hal itu menjawab pertanyaan Putri Tanjung yang memintanya untuk menyisipkan pesan untuk dirinya lima tahun kedepan. 

4 dari 4 halaman

Profil Singkat Nicholas Saputra

Nicholas Saputra adalah aktor yang memiliki banyak penggemar terutama kaum perempuan. Nicholas sukses menghipnotis penggemar dalam setiap perannya.

Ia dikenal sebagai aktor yang selalu menjiwai peran yang ada dalam setiap film Indonesia. Nicholas lahir pada 24 Februari 1984 di Jakarta. Ia dikenal sebagai salah satu aktor muda Indonesia yang telah membintangi banyak film hingga mendapat pengakuan atas kualitas aktingnya.

Selain di film layar lebar, Nicholas Saputra juga tampil dalam berbagai proyek televisi dan teater.  Aktingnya yang natural dan kualitasnya yang tinggi membuat Nicholas Saputra dianggap sebagai salah satu aktor terbaik di Indonesia. Tak hanya itu, Nicholas juga beberapa kali memenangkan penghargaan dalam beberapa kategori.

Proyek terbarunya yang cukup berbeda dengan garapan sebelumnya adalah Melodrama. Ini merupakan sebuah film semi dokumenter yang menceritakan tentang sejarah perfilman dan musik Indonesia dari zaman kemerdekaan sampai sekarang.

Di film ini diperlihatkan bagaimana gambaran tentang sejarah perfilman disajikan. Dia berproses membuat karya dan berimajinasi dengan karakter beragam dari buyut, kakek, hingga ayah. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.