Sukses

Calon Ratu Spanyol Putri Leonor Mulai Jalani Pelatihan Militer, Akan Jadi Taruna AU dan AL

Putri Leonor menjalani pelatihan militernya yang akan berlangsung selama tiga tahun. Ratu Letizia dan Raja Felipe mengantar putri sulung mereka ke Akademi Militer Umum Zaragoza di Aragon, Spanyol pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Leonor secara resmi menjalani pelatihan militernya yang akan berlangsung selama tiga tahun. Ratu Letizia dan Raja Felipe mengantar putri sulung mereka ke Akademi Militer Umum Zaragoza di Aragon, Spanyol pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Mngutip laman People, Jumat (18/8/2023), putri berusia 17 tahun yang merupakan pewaris takhta dan calon ratu Spanyol, menjalani pelatihan militer sebagai persiapannya menjadi calon kepala negara. Putri Leonor tersenyum ketika dia tiba di akademi bersama orangtuanya dan saudara perempuannya yang berusia 16 tahun, Putri Sofia.

Raja Felipe (55) mengenakan seragam militer, sesuai perannya sebagai Kapten Jenderal Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Spanyol. Raja Felipe menjabat sebagai komandan tertinggi angkatan bersenjata Spanyol, negara kerajaannya dan sebelumnya juga dilatih di Akademi Militer Umum Zaragoza dalam perjalanannya menuju tahta Bourbon.

Sebagai tanda manis dari ikatan erat keluarga mereka, Ratu Letizia (50) memberi Leonor pelukan erat dan dengan bangga menyaksikan saat dia berjabat tangan dengan seorang pejabat. Setelah mengucapkan selamat tinggal kepada keluarganya, Putri Leonor mendorong kopernya sendiri menuju tempat masuk.

Sang Putri juga menandatangani buku tamu. Halaman itu berbunyi, "Yang Mulia Putri Asturias, Leonor de Borbón y Ortiz, pada hari kedatangannya di Akademi Militer Umum untuk memulai pelatihan militernya. Leonor, Putri Asturias." 

Rumah Tangga Kerajaan Spanyol mengumumkan pada Maret 2023 bahwa Putri Leonor akan memulai pelatihan militer selama tiga tahun setelah lulus dari UWC Atlantic College di Wales. Anggota istana mengatakan sang putri akan memulai studinya di Akademi Militer Umum Zaragoza dan berlatih sebagai Lady Cadet untuk tahun akademik 2023--2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Dikirim ke Angkatan Laut dan Udara

Tahun berikutnya, Putri Leonor akan pindah ke Angkatan Laut, bekerja sebagai Taruna di Sekolah Militer Angkatan Laut Marín dan di atas Kapal Pelatihan Juan Sebastián de Elcano. Setelah itu, ahli waris kerajaan akan menyelesaikan kursusnya dengan Angkatan Udara dan Luar Angkasa, menghadiri Akademi Udara San Javier sebagai Ensign Student dari 2025 hingga 2026.

Program intens ini setara dengan kursus pewaris takhta Bourbon, karena Raja Felipe juga belajar di berbagai akademi militer dan memperoleh lisensi Pilot Helikopter dari Angkatan Darat dan Angkatan Laut. Putri Leonor akan menjadi ratu pertama Spanyol sejak Ratu Isabella II yang memerintah dari tahun 1833 hingga 1868.

Ia akan tanggung jawab melayani sebagai komandan tertinggi angkatan bersenjata Spanyol. Berbicara tentang pentingnya pelatihan militer Leonor ketika rencana diumumkan, Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles berkata, "Ini adalah langkah penting dalam kehidupan Yang Mulia ... menuju kepemimpinan negara kita," lapor CNN.

3 dari 4 halaman

Bakal Jadi Penerus Raja Felipe

Setelah menyelesaikan kursus, Putri Leonor akan menjadi letnan di komando Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Luar Angkasa, serta pimpinan di Angkatan Laut, ia dapat melanjutkan ke perguruan tinggi seperti ayahnya. Merupakan tradisi kerajaan bagi ahli waris untuk mendapatkan pengalaman militer sebelum naik takhta.

Putri Elisabeth dari Belgia menghabiskan tahun akademik 2020-2021 di Akademi Militer Kerajaan di Brussel, sementara Putri Mahkota Victoria dari Swedia menyelesaikan pelatihannya sendiri dengan Angkatan Bersenjata Swedia pada 2022. Seperti Leonor dan Elisabeth, Victoria mengikuti pelatihan dasar militer di Pusat Internasional Angkatan Bersenjata Swedia pada 2003. 

Rekan ahli waris Pangeran William dan Putra Mahkota Hussein mengikuti Royal Military Academy Sandhurst beberapa tahun secara terpisah. Pangeran William kemudian menjadi Letnan Resimen Blues dan Royals Kavaleri, dilatih dengan Angkatan Laut Kerajaan dan kemudian memasuki Angkatan Udara Kerajaan dan belajar menerbangkan helikopter.

William menjabat sebagai Pilot Pencarian dan Penyelamatan di Wales dari 2010 hingga 2013, sementara Putra Mahkota Hussein aktif sebagai kapten di Angkatan Bersenjata Yordania-Arab Army.

4 dari 4 halaman

Sempat Liburan Keluarga

Sebelum Putri Leonor memasuki masa pelatihan militernya, Ratu Letizia dan Raja Felipe dari Spanyol sempat menghabiskan liburan musim panas bersama sekeluarga. Awal Agustus 2023 lalu, pasangan kerajaan itu menggelar tur Jardines de Alfàbia di Palma de Mallorca bersama putri mereka Putri Leonor dan Putri Sofia. Mereka juga merilis potret liburan dengan seluruh keluarga tersenyum.

Ratu Letizia dan para remajanya tampil dengan gaun musim panas favorit. Sementara Raja Felipe terlihat tenang dengan busana kemeja berkancing dan celana chino. Ikatan erat keluarga kerajaan Spanyol dipamerkan selama tamasya, saat mereka berpose bersama dan melihat-lihat taman di Situs Warisan Dunia UNESCO.

Jardines de Alfàbia adalah daya tarik populer di Mallorca, tempat Ratu Letizia dan Raja Felipe secara tradisional berlibur setiap musim panas. Liburan itu sangat sentimental bagi keluarga kerajaan Spanyol karena Putri Leonor akan menjalani pelatihan militer yang cukup lama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini