Sukses

Profil Salma Salsabila, Penyanyi yang Diundang Tampil di Istana Negara Saat HUT ke-78 RI

Salma Salsabil selalu mencuri perhatian publik sejak ia memenangkan juara pertama di ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2023. Ia pun dikabarkan bakal tampil di Istana Negara pada perayaan HUT ke-78 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Salma Salsabil selalu mencuri perhatian publik sejak ia memenangkan juara pertama di ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2023. Ia pun dikabarkan bakal tampil di Istana Negara pada perayaan HUT ke-78 RI.

Publik pun masih penasaran mengenai sosoknya yang kerap tampil membawakan berbagai genre musik. "Aku sudah mulai suka menyanyi, mungkin sejak kelas 1 SD kali ya," ungkapnya dalam video di YouTube Indonesian Idol 2023, dikutip Selasa, (15/8/2023).

Salma diketahui lahir pada 12 Februari 2002. Dara bernama lengkap Salma Salsabil 'Aliyyah Putri Mandaya ini mengaku mulai serius belajar musik pertama kali adalah melalui alat musik gitar.

Lalu Salma bercerita bahwa ia sempat nge-band tapi kemudian fokus untuk menjadi solois dengan alat musik gitar hingga ia mengikuti audisi Indonesian Idol 2023. Perempuan berhijab dan berkacamata ini berasal dari Probolinggo.

Kesibukannya saat ini sebagai mahasiswa di Institut Seni Indonesia (ISI). Ia mengambil jurusan penyajian musik dan salah satu yang Salma dapatkan di kampus untuk jadi modal adalah kemampuan bernyanyi.

Ia mengaku juga senang belajar musik dengan beragam genre. Usianya baru 20 tahun, saat audisi di depan juri yaitu Rossa, Judika, Bunga Citra Lestari dan Anang Hermansyah.

Ketika itu ia menyanyikan lagi milik Goo Goo Dolls yang berjudul Iris. Rossa memuji dirinya karena cara bernyanyinya penuh dengan muatan pesan, sehingga tak hanya Rossa tapi semua juri terkesan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Tampil di Depan Presiden Jokowi

Salma Salsabil atau yang sering disapa Salma Idol sempat memeriahkan acara pagelaran angklung terbesar di dunia yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK). Ia menyanyikan beberapa lagu di panggung pagelaran angklung terbesar yang berlangsung pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Salah satunya lagu yang ia nyanyikan adalah 'Rungkad' milik Happy Asmara. Ternyata Presiden Joko Widodo atau Jokowi sangat menikmati penampilan Salma Idol. Bahkan, Jokowi ikut berjoget kecil sambil duduk dengan memainkan tangannya.

Tampak pula kehadiran Wakil Presiden Ma'ruf Amin di sebelah kiri Jokowi. Serta, Ibu Negara Iriana Jokowi yang duduk kalem di sebelah kanan suaminya ketika menyaksikan Salma Indonesian Idol 2023.

Video yang tayang dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden itu pun diunggah melalui TikTok pada akun @menujuindonesiamaju. Video tersebut pun viral.

"Terharu banget lihat Salma nyanyi di GBK dan ditonton langsung sama Pak Presiden Jokowi," demikian komentar seorang warganet mengenai momen itu di TikTok.

3 dari 4 halaman

Warganet Doakan Tampil di Istana

"Salma bangga banget Rungkad sudah berkumandang di GBK dan didengar juga dilihat secara langsung sama bapak presiden. So proud of you, Sal," ujar warganet dengan emoticon haru.

"Pak Jokowi lucu banget ahahhaha plis," tulis warganet lain.

"Seenak itu musiknya Pak Jokowi gak bisa nahan untuk enggak goyang. Maju Indonesiaku," ujar warganet sambil mengirim ikon senyum.

Dalam pagelaran angklung terbesar di dunia itu, Iriana Jokowi pun  berkontribusi. Tampak ibu Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep itu memainkan angklung.

Tak hanya terkesima dengan penampilan Salma Idol, ternyata tak sedikit warganet yang memberikan komentar berisi harapan. Banyak yang berharap supaya Salma Idol bisa tampil di Istana Negara pada 17 Agustus nanti.

"Semoga Salma bisa tampil di Istana Negara 17 Agustus nanti," ujar warganet di media sosial TikTok.

"Pak Jokowi adik merungkad bareng Salma, bismillah semoga ada kesempatan me-Rungkad lagi di Istana nggih pak," sambung warganet.

"Ya Allah semoga Rungkad nanti meramaikan acara 17-an di Istana, sama Salma lagi. Sehat-sehat Pak Jokowi dan Ibu," kata yang lain.

4 dari 4 halaman

Sepak Terjang Salma hingga Jadi Juara

Lewat media sosial Instagram pribadinya @salmasalsabil12, terlihat dia sering mengunggah video cover lagu. Serta aktif menyanyi dan membuat cover lagu di kanal YouTube DOMINIC Music.

Sebelumnya, Salsabil diketahui pernah beberapa kali mengikuti ajang pencarian bakat. Sejak masih anak-anak, ia sudah sering mengikuti ajang pencarian bakat ternama Indonesia.

Salma bahkan pernah mengikuti Idola Cilik musim keempat ketika umurnya 10 tahun dan masuk sampai babak 10 besar. Perempuan berhijab ini juga pernah mengikuti beberapa ajang pencarian bakat lainnya mulai dari The Voice Kids Indonesia Season 1, Rising Star Indonesia Season 2, The Voice Indonesia Season 3, bahkan Sunsilk Hijab Hunt 2017.

Di unggahan lama Instagramnya, terlihat foto pertama saat ia lolos seleksi kontes Hijab Hunt 2017 yang diadakan salah satu produk sampo. Sayangnya ia tak sampai babak lima besar.

Perubahan yang berati terjadi pada dirinya saat ikut audisi Indonesian Idol 2023. Saat itu, Salma tak hanya menyanyikan lagu milik orang lain, ia punya karyanya sendiri berjudul "Intro" yang sempat diperdengarkan ke juri.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini