Sukses

APPBI Gelar Indonesia Shopping Festival 2023: Dipenuhi Diskon 78 Persen Sesuai Usia RI

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengadakan Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023. Pada acara tersebut, konsumen bisa mendapatkan diskon untuk beragam produk hingga 78 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di tahun 2023 yang menginjak 78 tahun, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengadakan Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023. Pada acara tersebut, konsumen bisa mendapatkan diskon untuk beragam produk hingga 78 persen.

Inovasi ini didukung oleh Kementrian Perdagangan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI). Indonesia Shopping Festival 2023 akan berlangsung dari tanggal 10 hingga 20 Agustus 2023.

Acara ini akan berlangsung di semua pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, APPBI berambisi meningkatkan pariwisata domestik dan internasional, meningkatkan omzet retail, serta mempromosikan UMKM dan sektor ekonomi kreatif. Hal tersebut selaras dengan tema HUT Kemerdekaan RI tahun ini yang bertajuk "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

"Dengan kegiatan ini, APPBI yakin dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor retail, sehingga dapat mempercepat proses pembangunan menuju Indonesia yang lebih maju," ujar Ketua Umum DPP APPBI, Alphonzus Widjaja, dalam keterangan pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Dalam periode ISF 2023, akan tersedia midnight sale yang selalu dinanti-nantikan oleh publik Indonesia. Acara ini akan diadakan di Grand Indonesia, Jakarta Pusat dan 23 Paskal Shopping Center, Bandung.

"DPP GIPI sepenuhnya mendukung pelaksanaan Indonesia Shopping Festival 2023, terlebih melihat kerjasama dengan beragam pihak, terutama pelaku bisnis retail. Tujuannya adalah mempromosikan UMKM dan industri kreatif guna meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan internasional," ungkap Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum DPP GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia), pada Kamis, 10 Agustus 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Kegiatan Kuliner sampai Donor Darah

Anthony Sondakh, Sekjen DPP APPBI, menyampaikan bahwa festival belanja dengan beragam diskon ini diadakan secara bersamaan di 350 pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia. Inisiatif ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Selama ISF 2023 diadakan, beragam produk akan ditampilkan, dengan fokus utama pada produk UMKM lokal, festival kuliner khas Nusantara, kesenian tradisional, hingga acara donor darah.

"Acara ini benar-benar menyediakan semuanya, mulai dari berbelanja, menikmati kuliner, apresiasi seni, hingga aksi sosial. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perdagangan yang telah memberikan dukungan berupa pembebasan pajak untuk media promosi. Hal ini tentu sangat memberikan manfaat bagi rekan-rekan kita di sektor ritel dan pusat perbelanjaan," kata Anthony saat jumpa pers di Grand Indonesia, Jakarta pada Kamis (10/8/2023).

Contohnya, ada kegiatan eksplorasi kuliner nusantara berupa pesta durian yang mempromosikan durian lokal di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.  Untuk melestarikan kerajinan tradisional Indonesia, beberapa pusat perbelanjaan akan menampilkan pameran produk lokal dan UMKM.

Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara akan menghadirkan F3 Kampoeng Tempoe Dulu 2023, sementara ASHTA Jakarta menggelar pameran Heart in Art, Indonesia's Creativity Unchained. Di Semarang, DP Mall akan menyelenggarakan pagelaran busana dari desainer lokal serta UMKM.

Sedangkan di kota-kota lain, Sidewalk Jimbaran Bali akan menampilkan trunk show Endek & Kebaya Bali yang diinisiasi oleh UMKM tbu Gubernur Bali. Mengingat kekayaan budaya Indonesia, Indonesia Shopping Festival 2023 juga menampilkan pertunjukan seni daerah. Sebagai contoh, Supermal Karawaci, Tangerang akan mempersembahkan tarian tradisional dari Jawa Timur, Minangkabau, dan Betawi.

3 dari 4 halaman

Kerja sama Berbagai Pihak

Dalam rangkaian acara ISF 2023, APPBI DPD DKI Jakarta juga menggelar program CSR berupa donor darah di 16 lokasi perbelanjaan, termasuk AEON Mall Jakarta Garden City, AEON Mall Tanjung Barat, Seasons City, Pasar Pagi Mangga Dua, Thamrin City, Mall @Bassura, Pluit Junction, Green Sedayu Mall, Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang, Gandaria City, Plaza Semanggi, Senayan Park, Harco Mangga Dua, Pusat Grosir Cililitan, dan Gajah Mada Plaza. Sejalan dengan pembukaan ISF 2023, kegiatan donor darah juga diadakan bekerja sama dengan Lion Club di Thamrin City, Jakarta.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pada triwulan kedua tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatatkan angka yang impresif, sebesar 5,17 persen. Angka ini menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan negara-negara maju. Salah satu sektor yang menjadi pendorong utama pertumbuhan ini adalah konsumsi rumah tangga.

Dengan demikian, dalam upaya untuk terus memacu pertumbuhan ekonomi, penting bagi Indonesia untuk memaksimalkan potensi pasar domestik dan mengembangkan rasa bangga terhadap produk dalam negeri.

"Kalau itu kita lakukan kita bisa, ini tentu peran pemerintah banyak tapi nggak bisa saya jabarkan di sini, baru kita bisa jadi negara maju 2045," ungkap Zukifli Hasan atau Zulhas dalam jumpa pers di Jakarta pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Lebih lanjut, saat ini Indonesia sudah berhasil naik kelas menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas. Optimisme ini diperkuat dengan proyeksi bahwa pendapatan per kapita Indonesia akan mencapai 5.500 dolar AS pada tahun depan.

Namun, pencapaian ini tentunya bukan hasil kerja satu sektor saja. Menurut Zulhas, kerja sama yang erat antara pengusaha, masyarakat, pemerintah, dan partai politik menjadi kunci utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Semua elemen harus bersinergi dalam mewujudkan visi Indonesia yang maju dan sejahtera.

4 dari 4 halaman

Gelaran Hari Belanja Diskon Indonesia

Sementara itu, mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, Gelaran Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) pada Agustus 2023 mendatang akan menebar sejumlah potongan harga atau diskon dari beragam produk. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menilai adanya hari belanja ini bisa membawa dampak posiitf ke sektor perdagangan.

HBDI akan berlangsung pada 14-27 Agustus 2023 mendatang yang digagas oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo). Setema dengan HUT ke-78 RI, diskon yang dihadirkan pun disebut beragam.

"Tentunya ini dalam rangka juga menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus, akan ada banyak diskon-diskon dalam rangka menggairahkan ekonomi perdagangan yang berkolaborasi dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tentunya kolaborasi semacam ini salah satu bentuk konkret lintas kementerian/lembaga dan juga antara stakeholder, pemerintah, pengusaha dan asosiasi," bebernya di Kementerian Perdagangan, Kamis, 8 Juni 2023.

Jerry menaksir ada dampak positif yang bisa dirasakan di berbagai lini perdagangan. Dengan promo potongan harga, UMKM juga disebut akan merasakan dampak positifnya.

"Saya pikir sangat signifikan karena kita bisa melihat banyak informasi yang bisa diberikan kepada publik, sosialisasi, literasi dan tentunya banyak informasi yang selama ini publik banyak diberi tahu dengan event-event seperti ini, mulai dari promo-promo, UMKM-UMKM karena mereka ini juga fokus banyak di pemberdayaan UMKM," paparnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini