Sukses

Beruang Lepas Bikin Penerbangan di Dubai Tertunda, Maskapai Minta Maaf

Penumpang yang bepergian dengan Iraqi Airways dari Dubai ke Bagdad dibuat geram setelah penerbangan mereka ditunda karena beruang yang keluar dari kandangnya di ruang kargo. Insiden beruang lepas ini terjadi pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penumpang yang bepergian dengan Iraqi Airways dari Dubai ke Bagdad dibuat geram setelah penerbangan mereka ditunda karena beruang yang keluar dari kandangnya di ruang kargo. Insiden beruang lepas ini terjadi pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Dikutip dari New York Post, Selasa (8/8/2023), insiden tersebut membuat penerbangan terlantar di landasan di Bandara Internasional Dubai. Sementara itu, spesialis hewan dipanggil untuk membius dan mengeluarkan beruang tersebut.

Sebuah video yang dibagikan oleh surat kabar Uni Emirat Arab, The National memperlihatkan predator berbulu itu berjalan di sekitar kompartemen kargo pesawat. Seorang pria terlihat mengulurkan tangannya ke palka dan mengelus kepala hewan besar itu.

Rekaman lain yang beredar di media sosial menunjukkan kapten pesawat meminta maaf kepada penumpang atas keterlambatan karena kaburnya beruang. Iraqi Airways bersikeras bahwa mereka tidak dapat disalahkan atas kaburnya hewan tersebut, yang dikatakan terjadi "karena alasan di luar kendali perusahaan".

Lebih lanjut maskapai penerbangan mengatakan bahwa prosedur untuk mengangkut beruang dilakukan sesuai dengan hukum dan dengan prosedur dan standar yang disetujui oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional. "Awak pesawat berkoordinasi dengan otoritas UEA yang mengirim tim khusus untuk membius hewan itu dan mengeluarkannya dari pesawat," lanjut pernyataan maskapai itu.

Pernyataan itu melanjutkan, "Setelah memeriksa pesawat dan memastikan tidak ada kerusakan akibat kejadian ini, penerbangan kembali ke Bagdad."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iraqi Airways

Meskipun Iraqi Airways mengatakan dalam pernyataannya bahwa beruang itu diterbangkan dari Bagdad ke Dubai, seseorang yang berbicara dalam video tersebut mengatakan bahwa penerbangan tersebut terlambat satu jam untuk perjalanannya ke Bagdad. Penumpang diminta untuk turun dari pesawat sampai masalah tersebut diselesaikan.

Seorang pejabat Iraqi Airways yang berbicara tanpa menyebut nama kemudian mengonfirmasi kepada Associated Press bahwa beruang itu sebenarnya sedang diangkut ke ibu kota Irak. Perdana Menteri Irak Mohammed Shayya' Sabbar al Sudani telah memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Memelihara hewan liar sebagai hewan peliharaan telah menjadi populer di kalangan elit kaya Baghdad. Polisi setempat sebelumnya telah mengimbau warga untuk membantu mereka mencegah hewan predator dilepaskan di jalanan - atau berakhir sebagai makanan eksotis di restoran - dengan melaporkan kasus tersebut.

Sebelumnya, beruang juga menjadi sorotan ketika asyik berendam di jacuzzi warga. Polisi di Burbank, California, Amerika Serikat, menemukan pemandangan yang mengejutkan ketika mereka menanggapi laporan penampakan beruang minggu lalu.

Saat petugas tiba di jalan perumahan Paseo Redondo sekitar pukul 15.30 waktu setempat pada Jumat sore, 28 Juli 2023, mereka menemukan seekor beruang sedang asyik berendam di jacuzzi di halaman belakang salah satu rumah.

3 dari 4 halaman

Beruang Tepergok Asyik Ngadem di Jacuzzi Warga

Dikutip dari People, Rabu, 2 Agustus 2023, momen santai beruang yang ngadem di jacuzzi warga itu tak berlangsung lama. "Setelah berenang sebentar, beruang itu berhasil melewati tembok," tulis Departemen Kepolisian Burbank dalam siaran pers.

Keterangan pihak kepolisian juga mencatat bahwa beruang itu terakhir terlihat tidur di pohon sekitar pukul 6 sore pada hari yang sama. Departemen tersebut kemudian membagikan video yang menyenangkan itu di halaman Facebook-nya.

"#Beruang ini mengalahkan panas di Burbank! Petugas berada di lokasi setelah beruang itu terlihat di lingkungan lereng bukit sebelum berenang untuk menenangkan diri," bunyi unggahan tersebut.

Unggahan itu juga menyertakan tautan ke beberapa tips keselamatan bagi warga jika mereka bertemu beruang. Menyusul insiden tersebut, polisi juga memperingatkan pemilik rumah untuk menjauhi beruang dan menyimpan makanan dan sampah di tempat terkunci untuk mencegah hewan liar mendekati properti mereka.

Beruang asyik ngadem berendam di Burbank terjadi di tengah gelombang panas yang menyengat di California Selatan. Burbank berada di bawah heat advisory sampai jam 8 malam pada Minggu, 30 Juli 2023.

4 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ada beberapa penampakan beruang di Negeri Paman Sam dalam beberapa bulan terakhir. Pada 12 Juni 2023, pengunjung pantai Florida terkejut ketika seekor anak beruang hitam terlihat berenang santai di lautan sebelum melangkah ke pantai di pantai yang ramai di Destin.

"Seekor beruang baru saja berenang dari laut ke pantai di Destin. Gila," cuit Chris Barron, seorang saksi mata yang merekam video viral dari kejadian tersebut.

Barron memberi tahu Storyful pada saat itu bahwa dia dan sesama pengunjung pantai mengira binatang itu adalah seekor anjing ketika mereka pertama kali melihatnya di dalam air. Setelah sampai di darat, anak itu "terburu-buru ke bukit pasir," kata saksi mata itu.

"Saya pikir kebanyakan orang terkejut bukannya takut," tambah Barron. "Tidak ada yang berharap melihat beruang di Teluk Meksiko."

Saksi kedua setuju bahwa itu adalah pemandangan yang tidak terduga. "Seorang pria berteriak 'Beruang!' Anda akan mengharapkan 'Hiu!' atau 'Lumba-lumba!' tapi bukan 'Beruang!' Itu keluar dari Teluk dan (tampak) lelah tetapi lega," kata Jennifer Majors Smith kepada AL.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini