Sukses

Vietjet Buka Rute Jakarta - Ho Chi Min City Vietnam, Terbang 7 Kali Seminggu

Vietjet pada Sabtu, 5 Agustus 2023, telah memulai rute penerbangan langsung baru yang menghubungkan Jakarta dan Ho Chi Minh City.

Liputan6.com, Jakarta - Vietjet pada Sabtu, 5 Agustus 2023, memulai rute penerbangan langsung baru yang menghubungkan Jakarta dan Ho Chi Minh City, metropolis terbesar dan paling energik di Vietnam. Ini menandai rute langsung ketiga antara Indonesia dan Vietnam dalam jaringan penerbangan Vietjet.

Peluncuran rute baru ini dihadiri oleh Vuong Dinh Hue, Ketua Majelis Nasional Vietnam, dan Arsjad Rasjid, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), serta berbagai pemimpin dan perwakilan perusahaan dari kedua negara. Acara ini berlangsung dalam konteks Forum Hukum dan Kebijakan yang ditujukan untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi antara Vietnam dan Indonesia.

Melalui tujuh kali penerbangan seminggu dengan durasi tiga jam menggunakan pesawat modern, rute baru Vietjet ini menawarkan alternatif perjalanan yang sempurna bagi penduduk Jakarta untuk menjelajahi Ho Chi Minh City, sebuah kota penting di Vietnam yang dikenal dengan budaya uniknya dan berfungsi sebagai pintu masuk ke dunia pariwisata dan ekonomi negara tersebut.

"Rute langsung baru Vietjet akan memiliki dampak yang signifikan dan positif pada industri penerbangan dan perjalanan antara Indonesia dan Vietnam. Dua negara ini memiliki posisi penting dalam blok ASEAN dan wilayah Asia-Pasifik yang lebih luas," ungkap Putu Eka Cahyadi, Direktur Transportasi Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia saat jumpa pers di Jakarta, 5 Agustus 2023.

Putu menekankan bahwa Indonesia menyambut baik dan mengekspresikan komitmennya untuk mendukung maskapai seperti Vietjet dalam upaya untuk meningkatkan konektivitas udara antara Indonesia dan Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Kerja Sama

Sementara, Wakil Presiden Vietjet Nguyen Thanh Son mengatakan bahwa maskapainya dengan senang hati memulai layanan penerbangan yang menghubungkan Jakarta dan Kota Ho Chi Minh. Ia meyakini itu akan mempermudah dan terjangkau bagi warga Indonesia untuk mengunjungi Kota Ho Chi Minh dan Vietnam.

"Lebih banyak penerbangan langsung antara Indonesia dan Vietnam akan menciptakan lebih banyak peluang perjalanan tanpa hambatan, kolaborasi bisnis, dan meningkatkan perdagangan bilateral, pariwisata, serta pertukaran budaya," ucapnya saat jumpa pers di Jakarta, 5 Agustus 2023.

Selain itu, Dwi Ananda Wicaksana, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno Hatta, mengucapkan selamat atas peluncuran rute baru Vietjet. Dia menekankan bahwa Indonesia sangat senang menyambut Vietjet sebagai maskapai terbaru yang melayani penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Dia yakin bahwa dengan komitmen untuk menyediakan tarif yang efisien disertai layanan udara berkualitas tinggi, Vietjet akan menambah nilai konektivitas bandara Indonesia dalam melayani penerbangan Indonesia dan internasional, meningkatkan konektivitas udara antara kedua negara dan di wilayah Asia-Pasifik serta dunia.

"Jaringan domestik yang luas di Vietnam juga akan menawarkan lebih banyak pilihan bagi penumpang yang ingin menjelajahi tujuan lain di Vietnam." ucap Dwi.

3 dari 4 halaman

Jadwal Penerbangan

Penerbangan setiap hari berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), Tangerang, pada pukul 13.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Tan Son Nhat (SGN), Ho Chi Minh pada pukul 16.40 waktu setempat. Sebaliknya, penerbangan dari Kota Ho Chi Minh berangkat pada pukul 09.35 waktu setempat dan mendarat di Jakarta pada pukul 12.30 WIB.

Untuk merayakan peluncuran rute baru tersebut, Vietjet menawarkan promosi tiket menarik untuk rute Jakarta-Ho Chi Minh City dan Bali-Ho Chi Minh City/Hanoi. Para traveler Indonesia dapat memanfaatkan tarif dasar mulai dari Rp0 atau sekitar Rp900.000 per perjalanan, termasuk pajak dan biaya tambahan (pastikan memilih "Cari tarif terendah" saat pemesanan).

Tiket dengan harga promo tersedia setiap Rabu, Kamis, dan Jumat hingga akhir tahun. Periode terbang untuk tiket promo ini berlaku mulai 10 Agustus 2023 hingga 31 Maret 2024 (hari libur umum tidak termasuk). Untuk memberikan pengalaman terbang yang lebih aman dan menyenangkan, maskapai juga menyediakan asuransi perjalanan Sky Care secara gratis untuk semua penumpang, tanpa memandang jenis tiket, di seluruh jaringan penerbangan mereka.

Bukan hanya membuka rute baru Ho Chi Minh City - Jakarta, maskapai juga berencana menambah frekuensi penerbangan antara Bali, Ho Chi Minh City, dan Hanoi. Mulai 12 Agustus 2023, akan ada 84 penerbangan setiap minggu antara Indonesia dan Vietnam.

4 dari 4 halaman

Best Low Cost Carrier

Jadwal penerbangan yang diperluas itu memberikan opsi tambahan bagi para pelancong Indonesia untuk menikmati keajaiban alam, budaya yang berlimpah, dan kuliner yang memukau di Vietnam dengan tarif yang sangat kompetitif. Rute langsung ini menawarkan alternatif perjalanan yang praktis dan efisien bagi para pebisnis dan turis, yang pada gilirannya akan memperdalam ikatan antara kedua negara.

Vietjet merupakan bagian dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) dan telah mendapatkan akreditasi dari IATA Operational Safety Audit (IOSA). Sebagai maskapai swasta terbesar di Vietnam, Vietjet meraih penghargaan dengan peringkat keselamatan 7 bintang pada tahun 2018 dan 2019 dari airlineratings.com, satu-satunya situs web yang memberikan peringkat keamanan dan produk.

Vietjet juga termasuk dalam 50 maskapai terbaik dalam hal keuangan dan manajemen baik menurut Airfinance Journal pada tahun 2018 dan 2019. Organisasi terkemuka seperti Skytrax, CAPA, Airline Ratings dan lainnya juga telah memberikan penghargaan 'Best Low-Cost Carrier' kepada Vietjet.

Sebagai maskapai era baru, Vietjet telah merubah wajah industri penerbangan di Vietnam dan mendefinisikan ulang industri penerbangan di berbagai wilayah dan di seluruh dunia. Dengan fokus pada manajemen biaya dan operasional yang efektif, Vietjet menyediakan peluang bagi para pelanggan untuk terbang dengan tarif yang terjangkau dan fleksibel, serta berbagai pilihan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini