Sukses

Ayam Penyet Indonesia Masuk Daftar 10 Besar Sajian Ayam Goreng Terbaik Versi TasteAtlas

Setelah pisang goreng dan rawon masuk daftar TasteAtlas, kini salah satu makanan khas Indonesia yaitu ayam penyet dari Indonesia juga diakui sebagai sajian terbaik. Bahkan ayam penyet mengalahkan pozharskaya kotleta, ayam goreng khas Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Ayam penyet dari Indonesia diakui sebagai salah satu sajian ayam goreng terbaik versi TasteAtlas. Predikat itu diumumkan melalui laman Instagram resmi TasteAtlas pada Rabu, 2 Agustus 2023. 

Ayam penyet berada di urutan ke-6, mengungguli menu ayam goreng khas Rusia yaitu pozharskaya kotleta di posisi ke-7 maupun ayam goreng dari Austria yang dikenal dengan nama backhendl, dan hot chicken dari Amerika, serta chicken 65 dari India. 

Namun yang lebih membanggakan lagi, selain ayam penyet, sajian ayam goreng khas Indonesia berada di posisi pertama. Posisi ini mengalahkan Taiwanese popcorn chicken yang berada di urutan kedua, serta Southern friend chicken dari Amerika Selatan di posisi ketiga. 

Ayam penyet merupakan hidangan yang umum ditemukan di jajanan pinggir jalan maupun restoran di Indonesia. Sajian ini sebenarnya merupakan ayam yang telah dibumbui lalu digoreng.

Kata penyet ditambahkan di belakangnya sebab biasanya ayam dipenyet dengan ulekan agar lebih empuk. Setelahnya ayam diberi sambal serta lalapan sayur berupa mentimun, kol, maupun daun kemangi.

Peringkat dari TasteAtlas ini membuat banyak penduduk dunia termasuk Indonesia memenuhi kolom komentar pengumuman tersebut. Ada yang setuju dengan kelezatan ayam goreng dari Indonesia, tapi ada juga yang merasa ayam goreng di negaranya jauh lebih enak.

"Indonesia number 1 ayam ayam," tulis warganet.

"Kok bisa KFC kalah sama ayam goreng," tanya yang lain.

"yeeeay .. aku suka ayam goreng dari Indonesia," komentar warganet.

"Banyak banget ayam goreng di Indonesia, harusnya lebih spesifik ayam goreng seperti apa," balas warganet yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

100 Hidangan Ayam Terenak

Posisi kuliner Indonesia kian kuat di sejumlah daftar bergengsi TasteAtlas, platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia. Kali ini, terdapat enam makanan Indonesia yang berada dalam list 100 Hidangan Ayam Terenak di Dunia.

Mengutip dari situs webnya, Kamis, 29 Juni 2023, peringkat makanan TasteAtlas didasarkan pada "peringkat audiens, dengan serangkaian mekanisme yang mengenali pengguna nyata dan mengabaikan peringkat bot, nasionalis, atau patriotik lokal." "Juga, memberikan nilai tambahan pada peringkat pengguna yang diakui sistem," sebutnya.

Adapun daftar "100 Hidangan Ayam Terenak di Dunia" hingga 23 Juni 2023, tercatat 7.428 peringkat, di mana 5.293 di antaranya diakui sistem sebagai sah. Alih-alih sebagai kesimpulan global mengenai makanan, daftar TasteAtlas ini bertujuan mempromosikan makanan lokal, menanamkan kebanggaan pada kuliner tradisional, serta "membangkitkan rasa ingin tahu tentang masakan yang belum pernah Anda coba." 

3 dari 4 halaman

Opor Ayam Indonesia di Peringkat ke-71

Berada di peringkat ke-71, opor ayam ditulis sebagai masakan "berbahan dasar kombinasi aromatik santan dan berbagai bumbu, seperti serai, asam jawa, kayu manis, lengkuas, gula aren, ketumbar, bawang putih, dan bawang merah." Hidangan ini biasanya disiapkan dengan potongan daging ayam yang sudah dipotong-potong.

"Opor ayam biasanya dinikmati saat Hari Raya Idul Fitri, festival keagamaan yang merayakan akhir Ramadan bagi umat Muslim," tulisnya.

Selanjutnya ada ayam bakar Indonesia yang berada di Posisi ke-59. "Ayam bakar adalah hidangan ayam tradisional dari Indonesia, tapi juga populer di Malaysia," kata TasteAtlas.

"Untuk menyiapkan ayam bakar, daging direbus terlebih dahulu dalam panci dengan bumbu atau rempah-rempah. Kuahnya kemudian direduksi jadi pasta yang dioleskan ke potongan ayam sebelum dipanggang."

Dagingnya dipanggang hingga kulitnya berwarna gelap atau hitam dan jadi karamel, namun tidak gosong, catat mereka. "Setelah matang, ayam disajikan bersama nasi putih, sambal terasi, potongan tomat dan timun, berikut sedikit kecap manis," sebut mereka.

4 dari 4 halaman

Gulai Ayam di Posisi ke-49

Gulai ayam, yang berada di posisi ke-49, adalah sajian terdiri dari potongan ayam yang direbus perlahan dalam saus pedas kompleks berbahan dasar santan dan berbagai bumbu yang biasanya termasuk cabai, kunyit, ketumbar, jintan, pala, bawang merah, bawang putih, dan kemiri.

"Hidangan ini dipercaya pertama kali muncul di Padang, Sumatra Barat, namun kini dinikmati di seluruh Indonesia. Gulai ayam biasanya disajikan dengan nasi putih," tulis TasteAtlas.

Selanjutnya, nasi goreng ayam merupakan hidangan nasi goreng tradisional Indonesia yang populer juga di Singapura, Brunei, dan Malaysia. Meski ada banyak versi dari nasi goreng, namun biasanya dibuat dengan kombinasi paha ayam, minyak, garam, lada putih, bawang merah, nasi, kunyit, kecap, berikut saus ikan, lengkuas atau jahe, bawang putih, daun bawang, kecap manis, serta cabai.

"Sebagian besar bahannya digoreng dengan nasi, lalu diberi topping telur goreng, bawang merah goreng, dan irisan cabai. Disarankan untuk menyajikan nasi goreng ayam bersama kerupuk," katanya tentang makanan yang berada di peringkat ke-36 tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.