Sukses

Turis Asing Mengadu Hp Dicuri ke Niluh Djelantik di Bali, Maling WNA India Berhasil Diringkus Polisi

Desainer sepatu dan aktivis sosial Bali, Niluh Djelantik jadi sosok yang banyak dicari ketika ada masalah terkait turis asing yang berulah di Pulau Dewata. Namun kali ini, Niluh justru mendapat pengaduan dari turis asing yang menjadi korban pencurian.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer sepatu dan aktivis sosial Bali, Niluh Djelantik jadi sosok yang banyak dicari ketika ada masalah terkait turis asing yang berulah di Pulau Dewata. Namun kali ini, Niluh Djelantik justru mendapat pengaduan dari turis asing yang menjadi korban pencurian.

Niluh mengabadikan kisah singkat mengenai turis asing yang hp miliknya dicuri dalam unggahan di akun Instagram pribadi pada 28 Juli 2023. Saat itu, unggahan menunjukkan pengamanan oleh Polsek Kuta Utara terhadap WNA India terduga pencuri hp dan kartu ATM dan kartu kredit WNA Inggris.

Keesokan harinya, yakni pada 29 Juli 2023, Niluh mengunggah video dengan keterangan, "Ketika WNA datang mengadu ke pelayan rakyat Bali."

Perempuan berusia 48 tahun tersebut juga menerangkan, "PAGI URUS UMKM malamnya mengurus maling. Mulai jam 7 pagi baru lihat rumah jam 4 pagi besoknya . Pamit istirahat sebentar karena beberapa jam lagi kembali ke Polda Bali Ditreskrimum menindaklanjuti proses hukum pencurian hp, kartu atm, tas dan kunci kamar penginapan milik WNA Inggris oleh terduga maling WNA India."

Niluh menjelaskan bahwa semua bukti, termasuk rekaman CCTV telah pihaknya serahkan kepada pihak yang berwajib. Terduga maling disebutnya "ngeyelnya ampun-ampun."

"Habis ngaku ngeles lagi gitu terus dari jam 7 malam sampai jam 4 pagi. Hadehhhh…SPKT, Ditreskrimum, Resmob Polda Bali kerja semalaman menerima pengaduan kami. Sehat selalu nggih bapak dan adik-adik kesayangan," tulisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencarian Penuh Perjuangan

Baru pada Minggu, 30 Juli 2023, Niluh Djelantik mengabarkan bahwa hp WNA Inggris yang dicuri WNA India telah ditemukan. Penemuan tersebut terjadi 48 jam sejak menerima pengadian via #LAPORNILUH di Polsek Kuta Utara yang berlanjut ke SKPT Polda Bali lalu RESMOB Polda Bali.

"Proses pencarian hp penuh drama dan kengeyelan pelaku seorang WNA India, akhirnya hp milik WNA Inggris, Lewy Brooks ditemukan. Interogasi melalui Kanit RESMOB Polda Bali dan tim penyidik hingga Briptu Jessica Tokilov membuahkan hasil. Bukan hal mudah karena pelaku terus berkelit sampai Mbok geregetan pengen tak heeh," jelasnya.

Ia menambahkan, "Menyusuri dari satu TKP ke TKP lainnya, pelaku ngeyel tak karuan terus berbohong, hingga hp ditemukan (hp dikubur disalah satu lokasi pertokoan di Kuta Utara). Kami bolak-balik dari Mengwi ke Denpasar balik lagi ke Canggu dan muter lagi ke Denpasar. Bli Louis mendampingi penyidik mengawal pelaku ke TKP."

 

3 dari 4 halaman

Cerita Niluh

Ternyata, cerita Niluh, sampai lokasi pelaku masih ngeyel dan kembali berbohong. Pencarian pun dilakukan hingga masuk ke sawah-sawah.

"Hingga akhirnya hp ketemu di lubang tanaman. Ternyata serumit dan sedetail itu proses sebuah penanganan perkara. Baru satu kali benar-benar mendampingi satu kasus membuat Mbok tambah jatuh cinta pada POLRI. Bravo pelayan rakyat kesayangan. Terimakasih Polda Bali dan RESMOB Polda Bali. Lewy super hepi mendapatkan hpnya kembali. Saking hepinya, dari Kanit hingga penyidik digendongnya semua," jelasnya.

Pada Senin, 31 Juli 2023, Niluh mengunggah kembali video bersama korban WNA Inggris dan mengabarkan akhir dari kasus tersebut. "Keadilan untuk semua. Justice is served. WNA India tersangka pelaku pencurian hp milik WNA Inggris. Bravo Resmob Polda Bali," tulisnya.

Sebelumnya, semangat Niluh Djelantik untuk ambil peran dalam membasmi turis berulah telah jadi sorotan berbagai pihak, termasuk media asing. Dalam beberapa waktu terakhir, deretan kasus turis yang berulah di Bali. Sebut saja influencer yang berpose telanjang di puncak gunung yang disucikan hingga banyak turis yang nekat mengendarai sepeda motor tanpa mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

 
4 dari 4 halaman

Semangat Juang Niluh Djelantik

"Ini hanya beberapa "bentuk perilaku yang sangat tidak dapat diterima, tetapi terlalu umum," kata Niluh, seperti dikutip dari CNN, Minggu, 9 Juli 2023.

Niluh menjadi sosok yang kerap jadi tempat "mengadu" masyarakat yang gerah akan ulah tak bertanggung jawab turis nakal. Ia juga tak jarang jadi mediator antara pihak yang dirugikan, dalam hal ini orang Indonesia dengan turis nakal.

"Ada banyak turis berulah di Bali, jujur saya tak ingat berapa jumlahnya," jelasnya kepada CNN Travel.

Ia menambahkan bahwa, "Tiga tahun pandemi telah membuat kami berurusan dengan banyak orang asing yang tidak sopan. Saya bahkan pernah mendengar orang mengunjungi pura dan mencuci bagian pribadi mereka dengan air suci."

Ia lahir dan besar di Bali. CNN menulis bahwa seperti banyak orang Bali lainnya, Niluh bersemangat mempromosikan dan mendukung pariwisata etis di pulau paling populer di Indonesia.

Dengan kembalinya wisatawan internasional setelah bertahun-tahun pembatasan pandemi Covid-19, laporan tentang perilaku turis nakal telah meningkat. Niluh bekerja di firma pemasaran terkemuka di Jakarta dan Bali, seringkali bersama ekspatriat asing dan meskipun tidak berlatar belakang hukum, perpaduan antara keterampilan bahasa dan kontaknya yang sangat baik di lapangan, dikombinasikan dengan pengalaman kerja internasionalnya yang membuatnya mengembangkan reputasi sebagai penjaga perdamaian tidak resmi untuk pulau itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.