Sukses

Perjalanan Cinta Michelle Yeoh sampai Menikah dengan Mantan Bos Ferrari Jean Todt Setelah 19 Tahun Tunangan

Michelle Yeoh tercatat bertunangan 1,5 bulan setelah bertemu mantan bos Ferrari Jean Todt, yang sekarang jadi suaminya, pada 2004. Alih-alih tahun, Yeoh menyebut bahwa mereka menghitung lama bersama menggunakan hari.

Liputan6.com, Jakarta - Michelle Yeoh resmi menyandang status baru sebagai istri Jean Todt. Pasangan beda usia 17 tahun itu meresmikan hubungan mereka dalam acara pernikahan pada Kamis, 27 Juli 2023, di Jenewa, Swiss, yang dihadiri keluarga dan teman-teman.

Keduanya menikah setelah bertunangan selama 6.992 hari atau sekitar 19 tahun. Pemenang Oscar berkebangsaan Malaysia itu pertama kali dilamar mantan bos Ferrari pada 26 Juli 2004. Sementara sebagian besar penggemar film tahu cukup banyak tentang sepak terjang profesional aktris berusia 60 tahun itu, kehidupan pribadinya adalah cerita lain.

Sebelumnya akhirnya belabuh di dermaga pernikahan bersama Todt, berikut rangkuman perjalanan cinta Yeoh, seperti dilansir dari Distractify, Sabtu (29/7/2023).

Pernah Menikah pada 1988--1991

Michelle Yeoh menikah dengan Dicksoon Poon dari tahun 1988 hingga 1991. Setelah tampil dengan nama Michelle Khan pada pertengahan 1980-an, menerima pujian untuk perannya dalam film, seperti Yes, Madam (1985) dan Magnificent Warriors (1987), pemenang Miss Malaysia 1983 ini mundur selangkah dari dunia akting.

Saat itu, ia mengarahkan pandangannya pada mimpi yang sama sekali berbeda: menjadi ibu. "Pada 1988, saya menikah dengan seorang pria luar biasa bernama Dickson Poon. Di usia 28 tahun, saya memutuskan mungkin sudah waktunya berumah tangga, menikah, dan memulai hidup baru," katanya pada Bustle dalam wawancara tahun 2022.

Ia mengaku "kagum pada beberapa aktris yang mampu jadi seorang ibu, membawa anak-anak ke sekolah, dan tetap berakting atau berproduksi." Tapi, Yeoh memutuskan bahwa dunia itu tidak dapat bertabrakan dalam hidupnya, karena ia "tidak bisa multitasking."

Seperti dicatat dalam profil sang aktris tahun 2018 di majalah You, pengusaha miliarder Hong Kong Dickson Poon, yang merupakan pendiri perusahaan barang mewah Dickson Concepts, meminta agar Michelle Yeoh berhenti berakting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kandasnya Pernikahan Pertama

"Itu adalah pilihan yang saya buat," Yeoh berkata. "Saya percaya bahwa (menikah) adalah agar saya dapat memiliki keluarga. Akting tidak pernah jadi ambisi membara saya, itu jatuh ke pangkuan saya, dan (setelah menikah), prioritas saya berubah."

"Tentu saja, saat hal-hal tertentu tidak terjadi setelah beberapa waktu, Anda harus mempertimbangkan, apa selanjutnya? Kami menikah selama tiga tahun. Meski tidak berhasil (pernikahannya), (kami) tetap berteman. Ia pria yang luar biasa."

"Hal-hal tertentu" itu melibatkan anak-anak, karena usahanya membangun keluarga tidak membuahkan hasil. Sedihnya, ia percaya kenyataan ini adalah bagian dari alasan pernikahannya gagal.

"Jika saya jujur dengan diri saya sendiri, saya tidak ingin kami jadi pasangan dengan perasaan getir 10 tahun ke depan. Karena dalam keluarga Asia, orang ingin memiliki putra dan putri (karena) mereka adalah perpanjangan dan warisan."

"Ketika Anda memiliki kesadaran (bahwa Anda tidak dapat memiliki anak), Anda harus menghadapinya. Anda berurusan dengan bola lengkung yang dilemparkan pada Anda," katanya pada Bustle.

3 dari 4 halaman

Pertemuan dengan Jean Todt

Bertahun-tahun setelah kembali berakting pada 1990-an, yang mana Michelle Yeoh sempat secara terbuka berterima kasih pada industri film Hong Kong karena menyambutnya dengan tangan terbuka, bintang Crazy Rich Asians jatuh cinta pada eksekutif balap motor Prancis Jean Todt.

Todt adalah pensiunan presiden Federation Internationale de l'Automobile, badan pengatur olahraga motor dunia dan federasi organisasi otomotif terkemuka dunia, serta mantan CEO Ferrari. Keduanya bertemu di Shanghai pada 2004 dan bertunangan 1,5 bulan kemudian.

Pada 2022, Michele mengatakan mereka "berpikir" untuk menikah, tapi hidup tampaknya menghalangi. "Ia menghitung jumlah hari, bukan tahun," kata Yeoh pada Town & Country.

"Saya akan bertanya padanya, 'Apa hadiah untuk 6.725 hari?'" Dengan manis, ia juga berbagi dengan publikasi itu bahwa rumah adalah "di mana pun orang yang saya cintai berada." Lebih khusus lagi, "di mana pun Jean berada."

Akhirnya, setelah bertunangan selama 19 tahun, keduanya memutuskan menikah. Kabar tersebut beredar setelah pebalap motor sport Brasil, Felipe Massa, mengunggah tentang hari yang indah itu di Instagram.

4 dari 4 halaman

Pesan Manis untuk Pengantin Baru

Massa meninggalkan pesan manis untuk pasangan yang berbahagia dalam unggahan yang dibagikannya pada Jumat, 28 Juli 2023. "Happy marriage #JeanTodt & #michelleyeoh love you so much," tulisnya, dikutip dari Strait Times.

Tahun ini jadi tahun penuh kenangan bagi Yeoh, selain pernikahannya. Pada Maret 2023, ia mencetak sejarah dengan jadi perempuan Asia pertama yang memenangkan penghargaan Academy Award sebagai Aktris Terbaik untuk perannya di film Everything Everywhere All At Once.

Mengutip The Star, Jean Todt saat itu menyambut kemenangan sang kekasih dengan membagikan pesan lewat akun Twitter-nya pada 13 Maret 2023.

"Momen kebahagiaan luar biasa! Perjalanan yang luar biasa! Sangat bangga dengan Michelle yang menerima Oscar Academy Award untuk aktris terbaik #EverythingEverywhereAllAtOnce," cuitnya dalam bahasa Inggris. Cuitan itu berhasil mendapai 21.400 likes dan retweeted 1.053 kali dalam selang sehari.

Yeoh menyabet Piala Oscar 2023 dengan mengalahkan sederet nama tenar, yakni Cate Blanchett (Tar), Anna de Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), dan Michelle Williams (The Fablemans). Ia tampil meyakinkan sebagai Evelyn Wang di Everything Everywhere All at Once.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.