Sukses

Ultah ke-80, IKEA Desain Ulang Koleksi Furnitur Ikonis dan Fungsional

IKEA Indonesia kembali meluncurkan koleksi furnitur ikonisnya bertepatan dengan peringatan 80 tahun keberadaannya di dunia dan lebih dari 20 tahun di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tren furnitur bisa berganti sesuai musim setiap tahunnya. Namun jika kembali lagi ke waktu lampau, maka akan ada berbagai jenis furnitur ikonik yang ketika diperbarui kembali bisa tampil menyegarkan interior ruangan.

Ide tersebut menjadi konsep yang diusung IKEA untuk menandai usianya yang ke 80 tahun di dunia pada 25 Juli 2023. Desain tak lekang waktu dari furnitur ikonik ini dibuat ulang dalam koleksi Nytillverkad dalam ragam produk dan solusi penyimpanan barang.

Desainnya terinspirasi dari beberapa furniture ikonik yang dihadirkan kembali dalam bentuk kontemporer bertujuan untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik di rumah. Koleksi Nytillverkad hadir dengan gaya kontemporer serta tampilan dan corak yang lebih hidup serta ceria.

Communication & PR Manager IKEA Indonesia, Ririn Basuki mengatakan, "Koleksi Nytillverkad, yang akan diluncurkan dalam lima tahap hingga tahun 2024 merupakan desain ulang dari produk-produk ikonik pilihan yang diperbarui sesuai dengan selera berani generasi masa kini dalam produk perabot, aksesori, dan tekstil."

Selain mempertahankan bentuk furnitur ikonik, produk-produk Nytillverkad ditambahi warna-warna cerah, yang membuat tampilannya terlihat baru dan memiliki konstruksi lebih baik. Salah satunya meja samping, Lovet, dari koleksi 1956 yang kini hadir dalam kombinasi warna oranye dan biru.

Furnitur lainnya yaitu Domsten, sebuah kursi berbentuk bulat ikonik, yang pertama kali diperkenalkan pada 1973. Kursi ini bisa ditumpuk dalam penyimpannya dan hadir dengan material serta kombinasi warna baru oranye dan hijau yang segar.

"Bisa dikatakan koleksi Nytillverkad bisa memenuhi selera beragam generasi, mulai dari para kolektor, pelanggan baru dan lama. Nytillverkad mulai tersedia di semua toko di Indonesia dan layanan online pada 25 Juli 2023," tambah Ririn.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebutuhan untuk Mengorganisir Barang

Di kampanye kali ini, IKEA fokus pada penyimpanan barang di kamar tidur dan penyimpanan barang anak-anak. Furnitur tersebut berupa tempat tidur berikut matrasnya, tekstil tempat tidur, kamar mandi, pengaturan di rumah, perlengkapan dan penyimpanan di kamar tidur anak, lampu meja, lampu dinding, dan lampu kebutuhan anak. 

Ririn melanjutkan, agar desainnya sesuai kebutuhan, pihaknya pun melakukan kunjungan ke rumah-rumah di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia. "Temuan laporan kami tentang Kehidupan di Rumah yang dirilis pada awal 2023 menunjukkan bahwa di antara masalah utama yang dihadapi banyak keluarga dari berbagai generasi adalah masalah barang yang berserakan dan penataan ruang," paparnya.

Gambaran yang diperoleh dari kunjungan ke rumah-rumah memberikan pemahaman mendalam tentang kehidupan di rumah dan keinginan banyak orang dari berbagai generasi. Hal ini membantu untuk menghadirkan kehidupan yang lebih mudah, relaks, nyaman di dalam rumah yang rapi, yang diterjemahkan menjadi rangkaian produk dan solusi perabot rumah, termasuk bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu, ruang dan anggaran. 

"Semua orang ingin tinggal di rumah yang terasa teratur dan bebas dari barang yang berserakan, solusi penyimpanan dan pengaturan yang inovatif dan terjangkau sangat dibutuhkan," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Tips Tampilan Dapur Estetis

Dapur dan ruang makan menjadi area di rumah yang seharusnya tidak luput dari elemen estetis. Melampaui tempat memasak dan menyantap hidangan, sekarang semakin banyak orang yang menghabiskan waktu di area dapur dan ruang makan.

Kedua area ini bisa jadi opsi tempat untuk berbincang bersama anggota keluarga, sekadar bersantai, bahkan bekerja. Fungsi-fungsi tambahan ini tentu perlu dibarengi dengan kondisi ruangan yang nyaman. Berikut beberapa tips dari IKEA yang bisa diterapkan oleh Anda di rumah.

1. Simpan Bahan Makanan dengan Rapi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan dapur dan ruang makan yang lebih nyaman nan tampak estetis adalah menyimpan bahan-bahan makanan dengan rapi di dalam wadah. Jangan lupa memperhatikan jenis makanan yang disimpan.

Wadah berisi bahan makanan yang rentan basi dapat disimpan di dalam kulkas, sementara wadah bahan makanan yang lebih tahan lama dapat ditaruh di rak atau laci dapur. Dengan menyortir dan menaruh bahan-bahan makanan ke dalam wadah, Anda dapat memaksimalkan ruang penyimpanan, sekaligus membuat bahan makanan tidak tercecer.

  

4 dari 4 halaman

2. Ubah Tampilan Taplak Meja Makan

Bosan dengan meja makan yang begitu-begitu saja? Anda bisa membuatnya semakin estetis bak restoran bintang lima hanya dengan taplak meja. Catatannya, Anda perlu menyesuaikan corak taplak dengan warna meja dan desain interior area dapur secara keseluruhan.

Pastikan pola taplak tidak bertabrakan dan tetap enak dipandang. Taplak meja polos berwarna monokrom, krem, dan cokelat dapat jadi pilihan yang aman dalam mendekorasi meja makan agar lebih menarik, namun tidak terkesan berlebihan.

3. Pakai Wadah Cuci

Wadah cuci dapat mempermudah aktivitas mencuci piring. Tak hanya piring, wadah cuci juga dapat digunakan untuk mencuci bahan makanan saat memasak. 

4. Sajikan dengan Mangkuk Estetis

Mendukung suasana yang lebih anggun, Anda bisa memilih alat makan yang sesuai dengan tema dan warna meja makan. Apabila memakai taplak meja makan dengan warna polos, Anda dapat menggunakan mangkuk bermotif dalam menyajikan hidangan berkuah untuk menambah warna di dapur.

5. Beri Aksesori Lampu

Pencahayaan jadi salah satu elemen yang perlu diperhatikan dalam mendekorasi area dapur dan ruang makan. Kegiatan memasak membutuhkan pencahayaan yang terang, terutama dalam memotong bahan makanan agar aman.

Selain pencahayaan natural dari sinar matahari, Anda perlu menggunakan pencahayaan arsitektur di malam hari. Dalam hal ini, Anda bisa mengombinasikan lampu sorot dengan lampu dekoratif seperti lampu gantung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini