Sukses

Pangeran George Genap Berusia 10 Tahun, Istana Kensington Rilis Foto Ulang Tahun

Foto ulang tahun ke-10 Pangeran George dijepret oleh fotografer Millie Pilkington saat libur sekolah musim panas di awal Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran George genap berusia 10 tahun pada hari ini, Sabtu (22/7/2023). Ulang tahun pewaris takhta Kerajaan Inggris setelah Pangeran William itu dirayakan Istana Kensington dengan meluncurkan potret terbaru.

Mengutip laman The Sun, putra sulung William dan Kate Middleton itu tampak santai dan bahagia. Ia mengenakan kemeja kotak-kota warna putih dan celana panjang hijau dalam potret yang diambil oleh fotografer Millie Pilkington saat libur sekolah musim panas lalu. Millie juga bertugas memotret William dan Kate di hari pernikahan mereka.

"Pangeran dan Putri Wales dengan senang hati berbagi foto terbaru Pangeran George menyambut ulang tahunnya ke-10 esok hari," demikian bunyi pernyataan yang dirilis Istana Kensington, dikutip dari CNN.

Kemeja tersebut rupanya serupa dengan yang dikenakannya dalam potret untuk memperingati Hari Ayah pada awal Juni 2023. Saat itu, ia berpose dengan kedua adiknya, Charlotte dan Louis, serta Pangeran William yang sama-sama tampil kasual bercelana jeans.

George makin sering tampil di publik bersama kedua orangtuanya. Terakhir, ia ikut menonton pertandingan final tunggal putra Wimbledon pada Minggu, 16 Juli 2023. Saat itu, Putri Charlotte untuk pertama kalinya ikut menonton dari Royal Box, didampingi kedua orangtua mereka.

George kerap berdandan smart casual, menyontek gaya busana William di banyak kesempatan, termasuk saat muncul di Wimbledon. Ia terlihat formal dalam balutan setelan blazer biru serta dasi bergaris-garis warna hijau, putih, dan biru. Sesekali ia bercakap-cakap dengan Charlotte yang duduk di sampingnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Silang Pendapat Kate Middleton dan Raja Charles III

Menurut aturan monarki Inggris, Pangeran George hampir dipastikan akan menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris bila ayahnya menjadi raja. Ia pun akan menjalani pelatihan sebagai calon raja dengan tanggung jawab yang besar. 

Sang ibu, Kate Middleton, memahami hal itu. Dilansir Marie Clair, Jumat, 2 Juni 2023, seorang sumber mengatakan bahwa Kate dan Charles pada dasarnya memiliki kemiripan dalam banyak hal, khususnya terkait kewajiban yang mendalam pada Inggris dan Persemakmuran, serta keyakinan bahwa bangsawan seharusnya 'tidak pernah mengeluh, tidak pernah menjelaskan'.

Namun, ia disebutkan sempat bersilang pendapat dengan ayah mertuanya, Raja Charles III, terkait cara mendidik Pangeran George. Menurut sumber, Charles suka mengirim mereka ke sekolah asrama, seperti putra-putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Tapi, Kate bukan penggemar gagasan itu. Putri Wales juga berusaha mati-matian menghindari dinamika "pewaris dan cadangan" yang telah menjangkiti William dan Harry. Jadi, ia ingin ketiga anaknya diperlakukan lebih setara. Namun, ia juga baik-baik saja dengan Pangeran George yang mengambil lebih banyak tanggung jawab di dalam institusi, karena ia yang tertua.

Tapi, "itu hanya jika ia (Kate) menyetujuinya," kata sumber itu. Ia menyambung, "Baginya, kata-kata Raja belum final ketika menyangkut anak-anaknya. Ia sangat tegas, bahkan jika itu memicu keretakan atau perang habis-habisan, biarlah."

3 dari 4 halaman

Peran Pangeran George di Penobatan Raja Charles III

Sebelumnya, Pangeran George menunjukkan perannya di hari penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023. Ia bertugas membawa pedang upacara di hari penobatan yang menyimbolkan perlindungan bagi Charles dari segala potensi ancaman.

Dikutip dari Mirror, Jumat, 14 April 2023, peran itu terkait tugas Pangeran George sebagai salah satu Page of Honour. Ia bertugas bersama tiga  Page of Honour lain dengan mengenakan seragam berupa mantel merah dan celana panjang yang menggambarkan posisinya sebagai pewaris takhta Inggris kedua. 

George menjadi yang termuda di rombongan pendamping Raja Charles. Tiga lainnya adalah anak-anak teman Raja Charles III, yakni Lord Oliver Cholmondeley, Nicholas Barclay, dan Ralph Tollemache.

Melansir The Sun, Rabu, 5 April 2023, Ratu Camilla juga didampingi empat Page of Honour dalam prosesi penobatan itu. Mereka adalah tiga cucu Camilla, Gus Lopes, Louis Lopes, dan Freddy Parker Bowles, serta keponakan Camilla, Arthur Elliot. Gus dan Louis Lopes adalah putra kembar anak Camilla, Laura Lopes, yang kini berusia 13 tahun.

Sementara, Freddy Parker Bowles adalah putra Tom Parker Bowles yang berusia 12 tahun serta Arthur Elliot 11 tahun. Para pendamping nantinya akan ditugasi memegang ekor jubah Raja dan Ratu selama penobatan yang berlangsung sekitar 2,5 jam.

 

4 dari 4 halaman

Bujuk Sang Kakek

Pangeran George membuat sejarah dengan membujuk kakeknya untuk mendobrak tradisi berusia berabad-abad di Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla. Pewaris takhta itu dikatakan telah membujuk Raja Charles untuk mengubah seragam yang dikenakan oleh pengiring kehormatan, khususnya celana lutut putih mereka.

Sebuah sumber dikabarkan mengklaim bahwa Pangeran George "tidak tertarik untuk memakai celana ketat dan menjadi bahan ejekan di sekolah". Raja Charles pun menyetujui keinginan cucunya dan mengizinkan para pengiring untuk memakai celana panjang.

"Itu karena dia tidak suka memakai celana ketat dan di-bully teman-temannya di sekolah," bisik seorang punggawa. Raja Charles setuju dan celana ketat pun diganti dengan celana panjang, demikian menurut laporan The Mail. 

Keterlibatan George tak terlepas dari peran sang ayah, Pangeran William. Ia sangat ingin pangeran muda itu memiliki peran penting pada hari bersejarah itu. Padahal, tugas pengiring kehormatan biasanya diberikan kepada remaja putra anggota bangsawan, dan terutama anggota senior Rumah Tangga Kerajaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.