Sukses

Pengakuan Anggun C. Sasmi Tak Pernah Lulus SMA: Seseorang Dapat Belajar dari Kehidupan

Kisah sukses Anggun C. Sasmi ternyata tak dilatarbelakangi pendidikan tinggi, karena menurut pengakuannya, ia tak pernah lulus SMA.

Liputan6.com, Jakarta Anggun C. Sasmi selama ini dikenal sebagai sosok penyanyi internasional. Kariernya di dunia tarik suara sudah tak perlu diragukan lagi. Anggun C. Sasmi sudah sering menjadi juri di berbagai kontes pencarian bakat di Indonesia maupun internasional yang mendulang talenta di bidang musik.

Siapa sangka, kisah suksesnya tak dilatarbelakangi pendidikan tinggi, karena menurut pengakuannya, Anggun tak pernah lulus SMA.  "Aku kan enggak lulus SMA. Jadi sebenernya aku tuh pinter di sekolah, seneng ke sekolah, dan seneng belajar," ungkapnya dalam sebuah wawancara bersama Najwa Sihab yang dibagikan akun TikTok @escampur303, dikutip Jumat (21/7/2023). 

Anggun saat itu masuk SMA 68 Jakarta yang termasuk sekolah favorit dan sulit untuk ditembus karena harus punya nilai bagus. "Aku masuk sana," sambung Anggun lagi.

Kisahnya mirip dengan Susi Pujiastuti, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan. Namun, Susi sudah mengambil paket C dan dianggap telah lulus SMA. 

Lantaran kesibukan dalam berkarier sebagai penyanyi, Anggun tak sempat melanjutkan sekolahnya. Kesibukannya kian menjadi ketika pindah ke luar negeri agar bisa jadi penyanyi internasional.

"Pendidikan akademik penting sekali, apalagi kalau kita punya waktu, bisa dibiayai orangtua, dan mempunyai keberuntungan seperti itu," jelas Anggun.

Namun, di sisi lain seseorang dapat pula belajar dari kehidupan. "Mungkin aku termasuk dalam sekolah yang kedua itu. Enggak lulus SMA enggak apa, bukan berarti aku bodoh," sebutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Warganet

Unggahan yang disukai lebih dari 29,8 ribu pengguna TikTok saat arikel ini ditulis menuai reaksi warganet. Mereka juga mengungkap pengalaman orang yang tak lulus sekolah, tapi bisa tetap sukses.

"Ayahku cuma lulusan SMP.. langsung kerja tapi setelah ikut paket C lalu lanjut S1, kemudian S2 sekarang malah punya usaha hotel dan penginapan," tulis seorang warganet.

"SMA 68 sampai sekarang juga favorit kan, emang aslinya smart, cuma susah bagi waktunya pas karier di atas," sambung yang lain.

"Suamiku juga nggak lulus SMA, tapi bisa jadi animator dunia," cerita warganet.

"Nggak lulus SMA tapi pintar banget bahasa Prancis dan Inggris." seloroh yang lain.

"Salut dengan pengakuan jujur beliau dan memang benar tingkat kepintaran seseorang tidak selalu bergantung pada seberapa tinggi pendidikannya," warganet berpendapat.

"Penyanyi yang tidak pernah berubah dari karier sampai sekarang," tambah yang lain.

3 dari 4 halaman

Anggun Nyinden di Paris

Mengutip kanal Hot Liputan6.com, Jumat (21/7/2023), pada Juli 2022, Anggun C Sasmi sukses memukau penonton yang memadati jalanan di Kota Paris, Prancis. Saat itu, Anggun tampil membawakan lagu Jawa alias nyinden diiringi tabuhan gamelan dan penari tradisional yang didatangkan dari Solo, Jawa Tengah.

Pengalaman pertama itu tentu jadi tantangan tersendiri untuknya. Acara bertajuk "Indonesia: from Java to Bali" itu berlangsung di Jalan Rue de Rivoli, Paris untuk peresmian pameran komersial di BHV Marais, sebuah pusat perbelanjaan tertua di Paris.

Tak hanya suara merdunya, gaun yang dikenakan Anggun juga berhasil mencuri perhatian penonton yang sebagian besar adalah warga lokal. Di laman Instagram pribadinya, penyanyi itu membagikan momen seru tersebut dalam sebuah video.

Anggun menyanyikan dua lagu di gelaran tersebut. Saat membawakan lagu Jawa, ia tampak mengenakan outer batik dengan motif yang dramatis.

Istri Christian Kretschmar itu juga tampil menawan dengan gaun couture bernuansa orange saat tampil membawakan lagu Mimpi. Dengan iringan gamelan Jawa tradisional dan 28 penari Solo, penampilan Anggun kali ini terbilang langka.

4 dari 4 halaman

Anggun dan Suami di Red Carpet Cannes 2022

Tak hanya nyinden, diva kebanggaan Indonesia itu tampil memukau di karpet merah Festival Film Cannes ke-75 yang digelar di Palais des Festivals, Cannes, Perancis pada 18 Mei 2022. Anggun bersama suaminya, Christian Kretschmar, mendapat undangan istimewa untuk menghadiri screening film Tom Cruise berjudul Top Gun: Maverick.

Di kesempatan tersebut, ia tampak memukau mengenakan jumpsuit. Anggun tampil serasi bersama sang suami saat berjalan di karpet merah.

Ibu satu anak itu memakai jumpsuit bermotif berleher rendah dominan warna hitam dengan lengan puff berwarna keemasan. Jumpsuit dari brand On Aura Tout Vu itu dihiasi pula dengan belt besar keemasan di bagian perut.

Ia juga mempercantik penampilannya dengan aksesori, seperti cincin indah bertatahkan permata hitam yang melingkar di jarinya. Sementara, sang suami tampil rapi dengan setelan jas hitam. Momen tersebut adalah kali kedua Anggun tampil di karpet merah salah satu festival film bergengsi dunia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.