Sukses

Pangeran Harry dan Meghan Markle Disebut Coba Menumpang Pesawat Presiden AS Usai Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry dan Meghan Markle saat itu langsung pulang ke Amerika Serikat setelah menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Jakarta - Drama Pangeran Harry dan Meghan Markle tak kunjung usai meski keduanya jarang muncul di depan publik dalam beberapa waktu ini. Yang terbaru perihal isu bahwa pasangan Sussex itu mencoba menumpang pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One, untuk pulang ke Amerika Serikat setelah menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II.

Menurut sumber Daily Mail, dikutip Kamis (20/7/2023), permintaan itu langsung ditolak oleh pihak Gedung Putih seraya menambahkan bahwa permintaan itu sebuah 'kegagalan'. "Itu akan menyebabkan semacam keributan. Itu akan membuat hubungan tegang dengan pihak Istana dan raja baru," sumber lain menambahkan.

Hingga berita ditayangkan, pihak Gedung Putih dan juru bicara Duke dan Duchess of Sussex tidak menanggapi permintaan konfirmasi. Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden dan istri menggunakan pesawat kepresidenan untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II dan juga menghadiri resepsi untuk para pemimpin dunia dan bangsawan asing yang diadakan oleh Raja Charles menjelang kebaktian pada 19 September 2022.

Harry dan Markle dikatakan diundang ke resepsi, tetapi dibatalkan setelah diberi tahu bahwa acara itu hanya untuk bangsawan yang bekerja. Baik Harry maupun Meghan berada di Inggris pada September 2022 untuk menghadiri acara amal saat berita kesehatan Ratu memburuk tersiar dengan cepat.

Harry segera pergi ke rumah peristirahatan Ratu Elizabeth II di Skotlandia menumpang pesawat umum dan tiba beberapa jam lebih lambat dari anggota keluarga kerajaan Inggris lainnya. Penulis biografi Spare itu mengklaim dalam sebuah wawancara bahwa dia tidak diundang dengan jet pribadi kerajaan keluarganya setelah mendengar berita bahwa neneknya sedang sekarat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diusir dari Frogmore Cottage

Pasangan yang mengundurkan diri dari tugas senior kerajaan pada Januari 2020, dilaporkan telah mencoba cara lain untuk mendekati keluarga Biden. Ibu Negara Jill Biden dilaporkan diundang menghadiri Pertandingan Invictus 2022 tetapi disarankan untuk tidak melakukannya, meskipun dia pernah menghadiri acara serupa pada 2017 bersama suaminya dan Presiden Obama saat itu.

"Pejabat Inggris, dalam percakapan tingkat kerja, menyampaikan kepada staf Dewan Keamanan Nasional bahwa mereka pikir gagasan itu akan berdampak buruk," kata seorang sumber kepada Daily Mail. Menteri Perhubungan Pete Buttigieg dan suaminya Chasten malah memimpin delegasi AS.

Sebelumnya, Istana Buckingham menyebut Duke dan Duchess of Sussex secara resmi mengosongkan Frogmore Cottage di perkebunan Windsor Beberapa bulan sebelumnya, perwakilan Meghan Markle dan Pangeran Harry telah mengonfirmasi bahwa Raja Charles III telah mengusir pasangan Sussex dari rumah mewah mereka di Windsor.

Melansir Hello, Jumat, 30 Juni 2023, Sir Michael Stevens, Penjaga Privy Purse, berkata, "Kami dapat mengonfirmasi bahwa Duke dan Duchess of Sussex telah mengosongkan Frogmore Cottage. Duke dan Duchess telah melunasi biaya yang dikeluarkan Sovereign Grant sehubungan renovasi Frogmore Cottage, sehingga meninggalkan aset yang sangat ditingkatkan (untuk Kerajaan Inggris)."

3 dari 4 halaman

Aset Meghan dan Harry yang Ditinggalkan

Harry dan Meghan terpaksa memindahkan barang-barang dari bekas rumah mereka setelah Raja Charles dilaporkan memberi mereka pemberitahuan "penggusuran" setelah memoar Harry, Spare, diterbitkan awal tahun ini. Pasangan Sussex disebut akan memindahkan semua barang pribadi dari rumah terdaftar Grade II dengan lima kamar tidur dan empat kamar mandi itu.

Mereka kemudian mengatur pengiriman barang-barang tersebut ke rumah mewah yang ditinggali di Santa Barbara, Amerika Serikat (AS). Tapi, ada satu aset yang terpaksa ditinggalkan pasangan itu.

Meghan Markle dan Pangeran Harry tercatat hanya menghabiskan enam bulan di properti itu sebelum mengumumkan kepergian mereka. Sebelum keluar, keluarga Sussex menghabiskan 2,4 juta pound sterling untuk merenovasi Frogmore Cottage jadi properti dengan empat kamar tidur dan kamar bayi sebelum menyambut putra mereka, Archie Harrison.

Menurut The Sun, bagian dari renovasi ekstensif Pangeran Harry dan Meghan Markle termasuk pemasangan eco-boiler yang memasok air panas tanpa akhir dan panas rendah karbon. Pasangan ini terpaksa berpisah dengan peralatan berteknologi tinggi dan ramah lingkungan yang diperkirakan menelan biaya hingga 50 ribu pound sterling (sekitar Rp949 miliar).

4 dari 4 halaman

Raja Charles Lanjutkan Tradisi

Raja Charles III dilaporkan akan melanjutkan tradisi mendiang Ratu Elizabeth II untuk menjamu anggota keluarga besar Kerajaan Inggris di Kastil Balmoral, Skotlandia, musim panas ini. Apakah di antaranya akan ada Meghan Markle dan Pangeran Harry bersama dua anak mereka: Archie dan Lilibet?

Melansir Hello, Sabtu (15/7/2023), para tamu kemungkinan termasuk Pangeran William, Kate Middleton, dan anak-anak mereka: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis. Duke dan Duchess of Edinburgh, Putri Anne, dan Duke of York juga diperkirakan akan hadir.

Sementara hubungan antara Harry dengan ayah dan saudara laki-lakinya dikatakan masih tegang, Duke termasuk di antara para tamu di penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla pada 6 Mei 2023. Meghan tidak ikut suaminya dalam upacara tersebut, karena bertepatan dengan ulang tahun ke-4 Archie.

Harry kembali ke California segera setelah penobatan untuk tetap bisa merayakan hari istimewa putranya. Sementara Harry dan Meghan dilaporkan menikmati waktu bersama Ratu di Balmoral tidak lama setelah pernikahan kerajaan mereka pada 2018, tidak diketahui apakah Archie dan Lilibet pernah berkunjung ke sana.

Pasangan itu menyesuaikan diri sebagai orangtua baru pada musim panas 2019 dan dilaporkan tidak membawa Archie yang baru lahir ke Skotlandia saat itu. Harry juga jadi tamu kehormatan di Final Piala Tantangan Liga Rugby selama pekan August Bank Holiday tahun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.